5 Langkah Mudah Regrow Tanaman Serai

5 Langkah Mudah Regrow Tanaman Serai 1

Batang serai bagian bawah biasanya akan dibuang setelah batang yang berwarna putih diambil untuk bumbu masakan atau membuat minuman. Mulai sekarang, jangan asal buang, ya karena sisa batang tersebut bisa ditanam kembali. 

Menanam kembali sisa-sisa sayuran kian digemari seiring makin bertambahnya kesadaran masyarakat terhadap lingkungan. Menanam kembali sisa-sisa sayuraan ini biasa disebut regrow. Tanaman serai menjadi salah satu tanaman  yang sampahnya bisa di-regrow. Bila perawatan tanaman dilakukan dengan tepat maka pohon serai akan tumbuh subur. Dengan demikian kebutuhan kita akan serai bisa tercukupi tanpa harus membeli. 

Serai, tanaman asli dari Asia ini mempunyai segudang manfaat. Mulai dari akar, batang, hingga daun, semuanya sangat bermanfaat untuk manusia. Selain digunakan untuk bumbu masakan, serai bisa juga digunakan untuk obat. Masakan yang menggunakan serai beraroma sangat harum dan menggugah selera. Bila untuk mengharumkan masakan maka yang digunakan hanya bagian batang saja. Biasanya digeprek/digepengkan supaya aroma wanginya lebih keluar. Namun, bila difungsikan sebagai obat, maka seluruh bagian serai bisa digunakan, baik akar, batang maupun daunnya. Masih ada lagi manfaat tanaman serai selain untuk obat dan bumbu masakan yaitu  menjadi pengusir nyamuk secara alami. 

5 Langkah Mudah Regrow Tanaman Serai 3

Dengan banyaknya manfaat yang dimiliki tanaman serai maka tak ada salahnya menanam serai sendiri di rumah, terlebih ada sisa batang serai yang tak terpakai. Sisa batang tersebut daripada dibuang lebih baik ditanam kembali. Langsung saja kita simak, ya 5 langkah mudah regrow tanaman serai.

1. Sebelum mulai regrow, pastikan untuk menyiapkan ha-hal seperti di bawah ini:

5 Langkah Mudah Regrow Tanaman Serai 4
  • Beberapa lembar tisu
  • Air secukupnya
  • Media tanam
  • pot

2. Siapkan sisa potongan batang serai

5 Langkah Mudah Regrow Tanaman Serai 5

Kalau biasanya sisa potongan batang serai dibuang, mulai saat ini jangan dibuang. Sisihkan untuk ditanam kembali. Sisa batang ini biasanya ada akar, ada yang berakar sendikit ada yang banyak. Akar tersebut tidak perlu dipotong.

3. Bungkus dengan tisu

Langkah selanjutnya adalah membungkus sisa batang serai dengan tisu lalu basahi tisu tersebut dengan air. Tisu harus benar-benar basah, ya. Setelanjutnya, bungkusan batang serai yang dibungkus tisu tersebut didiamkan selama 24 jam. 

Setelah 24 jam biasanya sudah mulai tumbuh tunas di sisa batang tersebut. Apabila belum tumbuh tunas, diamkan kembali. Bila tisu kering, basahi lagi dengan air.

4. Tanam 

5 Langkah Mudah Regrow Tanaman Serai 6

Setelah sisa batang serai tumbuh tunas, langsung tanam di pot yang sudah diberi media tanam atau di lahan secara langsung. Letakan sisa batang serai yang telah ditanam tersebut di tempat yang terpapar matahari supaya bisa tumbuh maksimal. 

5. Perawatan

5 Langkah Mudah Regrow Tanaman Serai 7

Selanjutnya adalah lakukan perawatan, seperti menyiramnya tiap pagi atau sore dan memberinya pupuk. Cara penggunaan pupuk, tentu berbeda-beda, tergantung jenis pupuk yang digunakan. Pupuk berfungsi untuk memberikan nutrisi pada tanaman. Jadi, meski tanpa pupuk tanaman serai tetap bisa tumbuh namun, kita harus tetap memberinya pupuk agar pertumbuhannya maksimal.

Nah, sangat mudah, kan cara me-regrow sisa batang serai? Mudah dan nyaris cashless tetapi hasilnya akan sangat menguntungkan  karena selalu tersedia panaman serai segar di rumah. Selamat mencoba!

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

A Yahya Hastuti