5 Letusan Gunung Api Terdahsyat Yang Pernah Ada Di Dunia

5 Letusan Gunung Api Terdahsyat Yang Pernah Ada Di Dunia 1

Di dunia dimana kita tinggal, pasti banyak fenomena-fenomena alam yang berakibat baik atau buruk kepada kita. Entah itu memang akibat dari alam atau dari diri kita sendiri yang sudah mengotori alam di bumi ini.

Letusan Gunung berapi merupakan hal yang memberi manusia ketakutan terhadap kuasa Tuhan dan Alam. Juga membuat manusia semakin menyadari bahwa mereka dapat mati kapan saja dan kembali beribadah kepada Tuhannya.

Berikut ini 5 letusan gunung api terdahsyat yang pernah ada di dunia.

Papandayan — Indonesia

5 Letusan Gunung Api Terdahsyat Yang Pernah Ada Di Dunia 3

Gunung Papandayan adalah sebuah gunung api semiaktif yang terletak di Pulau Jawa, Indonesia. Pada tahun 1772, gunung api ini meletus dan mengakibatkan hancurnya 40 desa didekatnya. Lebih dari 3.000 orang terbunuh. Gunung api ini diperkirakan masih sangat berbahaya dan terus mengeluarkan asap dan letusan di tahun 1923, 1942 dan terus meningkat kekuatannya di tahun 2002. Tapi kini, Gunung Papandayan menjadi objek wisata dan destinasi pendakian yang cukup ramai.

Vesuivus — Italia

5 Letusan Gunung Api Terdahsyat Yang Pernah Ada Di Dunia 4

Gunung api ini sangat dahsyat letusannya. Mengakibatkan kematian hingga 25.000 jiwa. Dengan letusan mahadahsyat di tahun 79 SM, kota Pompeii yang berada di kaki gunung pun terkubur akibat letusan. Letusan itu terjadi selama 20 jam tiada henti. Sejak saat itu, gunung api meletus lusinan kali, dan terakhir pada tahun 1944, yang menyebabkan desa-desa di dekatnya hancur berkeping-keping dan binasa.

Laki — Islandia

5 Letusan Gunung Api Terdahsyat Yang Pernah Ada Di Dunia 5

Gunung Laki adalah sebuah gunung api di Islandia yang telah tertidur sejak letusannya berakhir yang sangat dahsyat di tahun 1783. Dengan ketinggian 1.725 m, gunung api ini menyebabkan kerusakan diseluruh penjuru negara ketika meletus, membunuh lebih dari 50% populasi makhluk hidup di Islandia dengan awan racunnya. Kelaparan menjadi penyebab matinya 25% populasi tersebut.

Lahar memancar hingga ketinggian 1.400 m. Seluruh dunia merasakan akibat dari letusan gunung ini. Awan beracun menyebar hingga Eropa, menutupi langit di belahan Bumi bagian utara dan menyebabkan musim dingin datang lebih awal di Inggris dan membunuh 8.000 orang. Di Amerika Utara, musim dingin tahun 1784 menjadi musim dingin terpanjang dan paling dingin yang pernah tercatat.

Tambora — Indonesia

5 Letusan Gunung Api Terdahsyat Yang Pernah Ada Di Dunia 6

Gunung Tambora adalah gunung api aktif dari 130 an gunung api yang ada di indonesia. Gunung ini setinggi 4.300 m telah melakukan serangkaian ledakan dari April hingga Juni 1815 dan mengguncang dunia dengan mengubah stratosfer hingga mencapai Amerika Serikat dan Eropa. Batu merah berpijar menghujani angkasa saat gunung tersebut meletus. Semua makhluk hidup yang tumbuh di Pulau Sumbawa binasa. Secara total keseluruhan, lebih dari 71.000 orang tewas karena terbakar, kelaparan, atau keracunan akibat awan letusan gunung ini.

Krakatau — Indonesia

5 Letusan Gunung Api Terdahsyat Yang Pernah Ada Di Dunia 7

Krakatoa atau Krakatau, adalah pulau vulkanis yang masih sangat berbahaya dan terletak di Selat Sunda, Indonesia. Pada Agustus 1883 terjadi rangkaian ledakan dahsyat yang mengerikan dengan kekuatan 13.000 kali lebih besar dari bom atom hiroshima. Ledakannya terdengar hingga ke Perth, Australia. Memuntahkan lebih dari 21 km kubik batu dengan debunya membumbung hingga setinggi112 km. Secara resmi, lebih dari 37.000 orang tewas. Namun dengan tsunami yang ditimbulkan oleh letusan ini, mungkin korban jiwanya akan menjadi lebih besar.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

waperkejoe

   

Seorang pelajar yang hobi menulis dan membaca.