5 Macam Catatan Pengingat Dalam Kehidupan Sehari – hari


5 Macam Catatan Pengingat Dalam Kehidupan Sehari - hari 1

Dalam kehidupan yang serba multitasking seperti sekarang ini, tak jarang bagi kita melupakan hal-hal kecil namun penting. Tentunya, kita membutuhkan sesuatu sebagai pengingat. Walaupun, bisa saja kita saling mengingatkan satu sama lain. Akan tetapi, tetap saja, kesibukan masing-masing bisa melupakan semuanya. Oleh karena itu, disini akan dibahas 5 macam catatan pengingat (reminder) yang bermanfaat untuk keseharian kita.

1. Sticky Notes

Sticky Notes mungkin yang paling sering dipakai dan kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya bagi karyawan kantor saja, tetapi juga pelajar, dan ibu rumah tangga. Sticky notes atau catatan tempel merupakan catatan kecil yang bisa digunakan sebagai pengingat dan bisa ditempel di tempat-tempat yang mudah terlihat. Sticky notes sendiri memiliki berbagai macam bentuk. Ada yang berbentuk persegi dan ada juga yang berbentuk persegi panjang.

Serta memiliki berbagai macam warna yang menarik. Untuk karyawan kantor, biasanya sticky notes ditempel di meja kantor atau bahkan di samping layar komputer/laptop sebagai pengingat hal-hal tertentu seperti jadwal meeting, janji dengan klien, pekerjaan yang tertunda, dan masih banyak lagi. Untuk pelajar, sticky notes biasanya ditempel di meja belajar dirumah atau di buku tulis, misalnya sebagai pengingat untuk mengerjakan PR, jadwal ujian, tugas kelompok, dan sebagainya. Sedangkan untuk ibu rumah tangga, biasanya sticky notes ditempel di kulkas sebagai pengingat hal-hal yang berhubungan dengan memasak, misalnya kebutuhan sayur yang harus dibeli besok, menu masakan hari ini, bahan di kulkas yang habis, dan lain-lain.

2. Notes

Notes atau yang diartikan buku catatan, biasanya identik dengan buku saku yang bisa dibawa kemana-mana. Notes sangat dibutuhkan bagi kalian yang biasanya mudah lupa dengan hal-hal kecil. Sehingga notes bisa digunakan sebagai buku catatan dan juga sebagai pengingat. Jika lupa akan sesuatu, misalnya seperti barang apa saja yang harus dibawa, apa yang harus dikerjakan selanjutnya, dan seterusnya, kita bisa langsung buka notes dan melihat semua catatan yang telah ditulis sebelumnya.

Kemudian kita bisa melanjutkan kegiatan sehari-hari tanpa ada yang terlupa. Bentuk notes sendiri bermacam-macam, ada yang persegi, ada juga yang persegi panjang, dengan kertas yang bergaris ataupun tidak. Beragam warna pun banyak ditawarkan dipasaran untuk menarik perhatian. Sedangkan notes yang konvensional, biasanya hanya bersampul hitam dan kertasnya berwarna putih dan bergaris.

3. Agenda Harian

Buku agenda harian sering digunakan para karyawan kantor dan terutama sekretaris, sebagai catatan kegiatan sehari-hari dan pengingat akan suatu rencana atau kegiatan selanjutnya. Sehingga semua jadwal pekerjaan dan atau kegiatan dengan klien tidak ada yang terlewatkan. Yang paling utama dicatat dalam sebuah buku agenda adalah rencana atau jadwal rapat dengan para karyawan dan atau klien di jam-jam yang sudah ditentukan sebelumnya.

Selain itu, buku agenda juga bisa digunakan untuk mencatat informasi-informasi penting saat rapat, mencatat ide-ide baru, serta progress atau kemajuan dari hasil suatu pekerjaan. Yang membedakan buku agenda dengan buku catatan yang lain adalah adanya kalender yang membuat kita bisa dengan mudah mengelompokkan antara tugas yang satu dengan yang lainnya sesuai dengan tenggat waktu yang telah ditentukan. Hal ini dapat menghindarkan kita dari lupa jadwal dan kita bisa lebih fokus lagi dalam mengerjakan beberapa macam pekerjaan.

4. Digital Notes

JIka kalian tidak terlalu suka mencatat, maka kalian bisa memanfaatkan catatan atau pengingat digital yang ada di komputer, laptop atau bahkan di handphone kalian. Yang paling sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari tentunya adalah aplikasi Notepad. Notepad merupakan catatan yang paling mudah digunakan dan selalu ada di setiap komputer atau laptop.

Sedangkan di handphone, kita bisa mengunduhnya sebagai aplikasi tambahan. Karena pada umumnya sudah ada aplikasi notes bawaan dari handphone tersebut. Biasanya di setiap aplikasi notes, ada pengingat berupa alarm. Sehingga kalian bisa merasa tenang karena alarm akan otomatis berbunyi sesuai dengan waktu yang sudah diatur.

5. Diary

Buku diary secara tidak langsung juga bisa sebagai catatan pengingat. Tetapi, pengingat yang fungsinya pribadi karena buku diary umumnya berisi cerita pengalaman hidup atau kejadian sehari-hari yang dialami seseorang yang tidak ingin dibagikan kepada orang lain. Buku diary konvensional mempunyai banyak tampilan yang menarik dan membuat kita bersemangat untuk selalu menulis. Buku diary juga ada yang digital dan bisa kita unduh sebagai aplikasi tambahan di handphone kita.

Semoga pembahasan ini bisa bermanfaat bagi kalian dan memacu minat kalian untuk lebih giat lagi dalam menulis. Serta, bisa semakin fokus dalam melakukan semua pekerjaan sehari-hari.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

keroppika

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap