5 Macam Ide Bisnis yang Down to Earth


5 Macam Ide Bisnis yang Down to Earth 1

Apa yang kalian sekarang prioritaskan ? Itu menjadi salah satu pertanyaan yang hadir di kepala saya. Pertanyaan ini bukan hanya tanyakan ke anda tapi juga ke pribadi kita. Dari adanya prioritas di kehidupan, tat kala kebanyakan manusia berumur muda hingga tua pastinya menginginkan sebuah hasil yang dia peroleh dari usaha mereka.

Prioritas menumbuhkan akal yang membuat banyak orang ingin sukses. Banyak hal yang sedang dipikirkan oleh kebanyakan manusia mengenai bagaimana prioritas mereka dapat terwujud. Namun pernahkah anda merasa jika yang namanya prioritas itu tidak pernah hilang. Bahkan terkadang prioritas untuk bisa sukses menjadi point utama seseorang yang masih belum bisa berpikir dengan bijak apa sebenarnya yang akan diusahakan kedepannya. Hanya karena mereka belum terlalu memikirkan dengan baik apakah prioritas mereka itu bisa berguna untuk masa yang panjang.

Berbicara mengenai prioritas, ternyata sifat itu menimbulkan jiwa bisnis bagi beberapa manusia. Dan berbicara mengenai bisnis yang timbul dari prioritas ternyata masih banyak minus yang timbul dari keinginan berbisnis setiap manusia yang terkadang gagal dalam menjalaninya. Dikarenakan kurangnya tujuan kerja bagi beberapa yang menjalaninya atau adanya faktor X lainnya yang mempengaruhi.

Jadi, mengenai bisnis yang gagal ini. Ternyata ada salah satu peluang ide bisnis yang bersifat ‘down to earth’. Yang mungkin kebanyakan masih banyak yang bingung akan penjabaran dari down to earth ini sendiri. Tapi disini down to earth dapat dikatakan sebagai sebuah bisnis yang sayang bumi dan seluruh isinya. Meliputi makhluk hidup dan benda mati yang ada di sekitar kita dan bisa kita gunakan sebaik mungkin. 

Jadi, di artikel saat ini, beberapa ide bisnis yang down to earth yang bisa kita cari tau dan diharapkan bisa menambah wawasan anda. Apa anda sudah mendapat satu atau banyak macam ide bisnis yang down to earth ? kalau begitu yuk kita cek beberapa yang mungkin baru anda ketahui atau bahkan sama dengan list di bawah ini. 

1. Bisnis Sosial Lembaga Pemberdayaan

pengemis yang membutuhkan bantuan dari lembaga swadaya masyarakat
pengemis yang membutuhkan bantuan dari lembaga swadaya masyarakat

Jaman sekarang banyak sekali macam lembaga yang memberdayakan setiap hal kecil yang butuh bantuan disekitar kita. Bisnis sosial macam ini membantu banyak sekali rakyat kecil yang membutuhkan bantuan afeksi dan juga akomodasi dari masyarakat besar. Setiap kita tulus memberikan jerih payah kita untuk kebahagian bersama kita juga sudah melakukan langkah kecil yang sayang dengan bumi ini. Bayangkan saja jika anda adalah seorang ketua lembaga pemberdayaan, kita bisa memanage semua demi kebaikan bersama.

Bisnis ini memang tidak lazim dilakukan bagi yang tidak serius, karena dibutuhkan rasa empati dengan latar belakang mereka yang mampu melakukan pergerakan demi membantu sesama. Mungkin anda akan mengenal beberapa organisasi pemberdayaan, seperti Amartha.id dimana adalah organisasi pendukung usaha mikro perempuan Indonesia dan masih banyak lainnya. Yang tidak hanya mencakup kisaran pemberdayaan perempuan saja. Misalkan saja lembaga pembedayaan anak kurang mampu atau lansia tunawisma. 

2.  Bisnis Penyedia Lomba Lingkungan 

bentuk dari jenis kampanye lomba sosial AIDS
bentuk dari jenis kampanye lomba sosial AIDS

Bagi kalian yang merasa jika lingkungan kalian masih dibawah dari standart kota yang sempurna. Bisnis penyedia lomba lingkungan adalah salah satu hal yang bisa anda jadikan solusinya. Lomba mengenai peningkatan lingkungan hidup di sekitar kita menjadi arena untuk bisa menyempurnakan keadaan kota atau bahkan bisa jadi meningkatkan sosialisasi sesama masyarakat.

Namun, bisnis seperti ini membutuhkan kisaran percobaan terlebih dahulu untuk bisa dipatenkan. Karena nggak banyak juga para masyarakat yang peduli dengan lomba lingkungan. Kecuali jika mereka menyukai faktor tertentu dari lomba itu. Misalnya adalah tujuan dari lomba lingkungan yang bisa kita ambil contoh untuk membangun kesadaran masyarakat lokal dalam realisasi sosialisasi. Atau prediksi keadaan pelaksanaan lomba dimana menguntungkan banyak pihak dari acuan pelaksanaannya, misalkan program lomba lingkungan berantas virus AIDS untuk setiap kawasan yang ikut serta.

3.  Bisnis Pemberdayaan Alam

panel solar sebagai bentuk produk lembaga swadaya alam
panel solar sebagai bentuk produk lembaga swadaya alam

Mungkin sudah banyak beredar di masyarakat mengenai organisasi pemberdayaan alam. Salah satunya yang biasa kita dengar adalah Greenpeace yang adalah organisasi non profit ada di Negara kita dan ada di wilayah Negara lainnya yang sudah menjalankan banyak sekali kampanye atas pemberdayaan alam. Salah satunya yang sedang dibahas oleh mereka kali ini adalah peniadaan UU B3 atau FABA yang berasal dari batu bara yang dibakar oleh beberapa pabrik coal di Indonesia dan UU Cipta kerja yang barusaja terjadi tidak lama ini.

Selain itu kita banyak mengenal pula beberapa bentuk pemberdayaan alam melalui isu bumi-panas atau global warming melalui climate change dimana membuka banyak para cendikiawan dalam berorganisasi yang berhubungan dengan alam. Salah satunya adalah organisasi zerowaste.id atau lindungihutanku dan masih banyak lainnya. Yang bisa anda ikuti pula dalam rangka menjaga alam kita.

4.  Bisnis Jasa Konseler

sebuah kerumunan sebagai contoh sosialisasi konseler
sebuah kerumunan sebagai contoh sosialisasi konseler

Satu diantaranya yang sudah kita temui semenjak era start up dimulai adalah sebuah jasa konseler. Salah satu manfaat dari adanya jasa konseler melalui start up adalah mereka sangat peduli dengan isu yang sedang menghampiri kebanyakan masyarakat atau netizen yang memang sedang mengalami life-crisis dari berbagai macam jenis cerita yang berbeda. Selain itu, jasa konseler bernaung untuk bisa membantu masalah yang dialami seluruh masyarakat mulai dari remaja sampai dengan yang berumur.

Nggak salah jika jasa konseler patut diberi apresiasi besar atau kerja bisnis mereka yang termasuk down to earth. Seperti halnya salah satu contoh jasa konseler yang berupa start up dan sangat diminati di sini adalah riliv atau satupersenofficial. Dengan anda memiliki komunitas bersama dengan jasa konseler, bisnis ini memang bisa tergolong user-friendly.

5.  Bisnis Penyuluhan Kerja Gratis

salah satu contoh workshop sebagai bentuk penyuluhan kerja gratis
salah satu contoh workshop sebagai bentuk penyuluhan kerja gratis

Dengan adanya penyuluhan kerja gratis memang tidak banyak dilakukan dari sebuah pengusaha non-goverment yang biasa kita kenal hampir dua tahun sudah Negara kita tengah membuka program Kartu Prakerja. Dimana memudahkan para pekerja atau unemployee untuk mendapat pelatihan dari beberapa program didik yang sudah mereka anisiasi dan mendapat kepercayaan untuk memberikan jasa penyuluhan kepada banyak masyarakat atau netizen yang membutuhkan.

TIdak hanya itu saja sekarang semua pekerjaan selain diluar komputasi seperti MUA atau saja Fashion designer dan banyak lainnya sudah bisa diacap pembelajarannya melalui banyak sekali macam usaha start up penyuluhan training ini. Seperti halnya maubelajarapa yang adalah salah satu start up khusus untuk penangkalan workshop berbagai macam jenis abilitas seperti kursus SEO atau foodpreneurs. Dan masih banyak lainnnya. Yang bisa anda ikuti dengan membeli kursi lewat pemesanan yang sudah ditentukan.

Sekian mengenai list akan jenis bisnis yang down to earth. Sebagai salah satu sesama pelaku bisnis di kehidupan ini, tugas kita hanya memilih mana yang menurut kalian adalah salah satu dari sekian banyak macam pekerjaan yang bisa membuat anda memberi kontribusi kepada kita sendiri atau kepada banyak orang dengan cara saling berbagi.

 


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

andin97

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap