5 Makanan Lezat Khas Yogyakarta (Selain Gudeg)


5 Makanan Lezat Khas Yogyakarta (Selain Gudeg) 1

Akhir tahun 2019 sudah tinggal menghitung hari, setelah penat bekerja selama setahun, jatuh bangun merasakan getir manisnya kehidupan ini memang sungguh melelahkan, bukan?

Moment yang dinantikan hampir setiap orang di muka bumi ini tentu saja menjadi moment yang sangat sakral. Berbagai perayaan sekaligus penyambutan pun tak kalah meriahnya. Namun disisi lain tidak semua orang merayakan moment tutup tahun mereka dengan berpesta pora atau menyalakan kembang api.

Ada yang memilih untuk tetap dirumah dan menghabiskan waktu dengan keluarga, serta ada juga memanfaatkan waktu yang ada untuk berlibur/traveling. Nah, bagi kalian yang memiliki rencana untuk berlibur ke daerah tertentu sayang sekali jika kalian tidak menulis daftar makan apa saja yang bisa kalian icip-icip di destinasi tempat tersebut.

Pada artikel kali ini, mimin akan membahas tentang 5 daftar makan enak khas Daerah Istimeya Yogyakarta.

Eiittss.. nanti dulu, sebelum lanjut membaca, mendengar kata Jogja pasti kalian sdh terbayang dengan satu makan khas mereka yang bernama “Gudeg”. Tapi bagi kalian yang mungkin sudah pernah merasakan gudeg dan ingin mencari referinsi yang lain, daftar di bawah ini jelas wajib kalian cobain dan pastinya tidak kalah soal rasanya.

1. Bakpia Basah

5 Makanan Lezat Khas Yogyakarta (Selain Gudeg) 3

Cemilan bulat yang dibalut dengan adonan tepung dan berisi berbagai varian rasa yang lembut dimulut membuat Bakpia menjadi satu primadona bagi setiap wisatawan yang pernah berkunjung ke jogja. Berbeda dengan jenis bakpia pada umumnya, bakpia basah memiliki tekstur yang lembut sesuai dengan namanya yaitu “basah” yang mana adonan tersebut dibuat seperti roti kukus yang lembut dimulut sehingga dapat dinikmati oleh berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga lansia sekalipun.

2. Krecek

5 Makanan Lezat Khas Yogyakarta (Selain Gudeg) 4

“Makan tanpa sambal, bukan orang indonesia namanya”, hampir seluruh masyarakat kita sudah sangat familiar dengam olahan cabai yang satu ini. Walaupun disebut makanan pelengkap, makan tanpa sambal bagi sebagian orang merasa ada yang kurang. Mengingat sensasi pedas yang menambah nafsu makan, dewasa ini banyak sekali varian rasa sambal yang tentunya tidak sekedar pedas doang.

Sambal krecek atau yang akrab disebut sambel krecek ini terbuat dari ulegkan cabai rawit dan rempah-rempah seperti bawang putih dan bawang merah kemudian ditumis bersama daging atau lidah sapi yang bisa jadi menambah porsi makanmu saat itu juga.

3. Sate Klatak

5 Makanan Lezat Khas Yogyakarta (Selain Gudeg) 5

Berbeda dengan sate pada umumnya, sate klatak memiliki ciri khasnya sendiri mulai dari proses pembuatannya hingga rasa yang akan kamu dapatkan saat mencoba gigitan pertama. Sate klatak ini terbuat dari daging kambing atau sapi yang dibakar dengan taburan garam (tanpa kecap), lalu dipanggang di atas kobaran arang panas. Uniknya sate klatak adalah penggonaan alat tusuk yang tidak terbuat dari kayu ataupun lidi melainkan dari besi, hingga banyak yang menduga alat tersebut terlihat seperti ruji sepeda. Setelah daging menimbulkan aroma harum, sate kemudian disajikan bersama luluran bumbu gulai. Konon katanya nama klatak itu sendiri berasal dari bunyi yang dihasilkan saatu daging menyentuh bara api.

4. Oseng-Oseng Mercon

5 Makanan Lezat Khas Yogyakarta (Selain Gudeg) 6

Mendengar namanya saja pasti kalian sudah ngeri. Ya, nama mercon yang diberikan ternyata bukan berarti terbuat dari petasan ya hehe.. Oseng-oseng mercon memang terkenal karena sensasi pedasnya yang tidak biasa, seolah meledak-ledak dan panas di dalam mulut sehingga dibanyak tempat, menu ini dijadikan sebagai menu spesial bagi mereka yang suka pedas. Oseng mercon dibuat dari cabari rawit dengan perbandingan yang lebih banyak dibanding menu lain, serta dicampur dengan irisan kulit sapi dan tahu. Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya?

5. Walang Goreng

5 Makanan Lezat Khas Yogyakarta (Selain Gudeg) 7

Walang atau yang berarti belalang di beberapa daerah DIY seperti Gunung Kidul, Bantul, dan beberapa daerah lain disekitarnya dijadikan sebagai cemilan utama yang ternyata memiliki cita rasa yang gurih serta krispi sehingga banyak wisatawan luar yang tertarik untuk mencoba walang atau belalang goreng ini.

Sekian adalah 5 daftar makanan enak khas jogja yang sangat wajib kamu cobain apabila kalian memiliki rencana untuk berlibur di kota pelajar tersebut atau sekedar merajut kengan yang pernah terukir di setiap sudut kotanya.


Ryan

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap