5 Makanan Cupang Yang Baik Agar Cepat Besar


5 Makanan Cupang Yang Baik Agar Cepat Besar 1

Semasa kita kecil pasti pernah mengadu ikan cupang bersama teman, ikan kecil dan menggemaskan ini memang cocok dijadikan ikan hias. Dulu mungkin kita memberikan makanan apa saja ke cupang yang kita miliki, seperti nasi, nyamuk, dan lain sebagainya.

Makanan cupang memang sangat beragam, ada yang hasil buatan manusia, ada juga yang alamiah seperti kutu air, dan nyamuk. Namun setiap makanan tersebut terkandung protein dan nutrisi yang berbeda-beda, sehingga tidak semua makanan cupang dapat membantu ikan tersebut cepat tumbuh.

Cacing Sutra

5 Makanan Cupang Yang Baik Agar Cepat Besar 3

Selain melihat berbagai ikan cupang yang cantik ditoko ikan, kita juga bisa melihat sekumpulan cacing yang menggumpal dan sedikit menjijikan untuk sebagian orang. Cacing Surta merupakan cacing yang diperuntukan untuk makanan ikan cupang, karena memiliki nutrisi dan protein yang tinggi.

Didalam cacing sutra terkandung lemak antara 12% – 13,3%, selain itu terdapat protein juga sekitar 40% – 50% serta menagandung serat 2% – 2,5%. Melihat kandungan yang banyak, tentu cacing sutra sangat baik untuk ikan cupang.

 

Kutu Air

5 Makanan Cupang Yang Baik Agar Cepat Besar 4

Kutu Air (Water Flea) merupakan sebuah hewan yang banayk ditemui diperairan kecil seperti sawah, selokan, parit, dan genangan air. Kutu air memiliki gizi tinggi untuk ikan cupang, terutama ikan cupang yang masih anakan.

Didalam kutu air terdapat protein sekitar 20% – 50%, serta karbohidrat sebesar 0,6% – 0,9%. Selain itu, kutu air juga mengandung lemak meskipun tidak sebanyak cacing sutra yaitu sebesar 0,5% – 0,7%. Meskipun kandungan lemaknya kecil, kutu air sangat berkhasiat untuk pertumbuhan tulang dari ikan cupang.

 

Jentik Nyamuk

5 Makanan Cupang Yang Baik Agar Cepat Besar 5

Mungkin sebagian dari kita pernah melihat bahkan memainkan hewan kecil seperti cacing ini, jentik nyamuk bisa kita temui setiap harinya digenangan air, selokan, bahkan bak air dikamar mandi kita.

Meskipun hewan yang sedikit menyebalkan, jentik nyamuk memiliki protein yang baik untuk ikan cupang. Didalamnya terkandung protein sekitar 13% – 15%, lemak sekitar 7% – 8%, dan sera sekitar 3% – 4%.

 

Cacing Halus

5 Makanan Cupang Yang Baik Agar Cepat Besar 6

Tak kalah dengan cacing sutra, cacing halus juga memiliki kandungan gizi, protein, serta serat yang tinggi. Cacing halus bisa menjadi alternatif bagi kamu yang tidak suka dengan cacing sutra, karena cacing halus mudah sekali untuk dibudidayakan dibandingkan cacing sutra.

Kamu hanya perlu membeli bibit cacing halus lalu menyimpannya diruangan yang memiliki suhu sekitar 68-85 derajat, setelah itu berikan penerangan maka kamu sudah bisa memudidayakan cancing halus ini.

 

Kuning Telur

5 Makanan Cupang Yang Baik Agar Cepat Besar 7

Telur merupakanan bahan makanan yang bisa kita temukan dimana saja, kita juga bisa menggunakan telur sebagai pakan ikan cupang. Namun banyak yang tidak menyarankan kuning telur untuk makanan ikan cupang yang masih kecil, karena dapat membuat air keruh dan mengakibatkan kematian.

Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

R Setiawan

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap