5 Makanan Dan Minuman Yang Perlu Kamu Perhatikan Saat Sahur, Bikin Cepat Kamu Merasa Haus

5 Makanan Dan Minuman Yang Perlu Kamu Perhatikan Saat Sahur, Bikin Cepat Kamu Merasa Haus 1

Dalam berpuasa kamu pastinya tidak akan mengkonsumsi makanan dan minuman daru terbit sampai terbenamnya matahari kan ? Tidak heran bahwa tubuh akan merasa lapar dan haus, tetapi pernakah kamu saat bangun pagi merasa haus padahal barusan saja kamu sahur beberapa jam yang lalu ?

5 Makanan Dan Minuman Yang Perlu Kamu Perhatikan Saat Sahur, Bikin Cepat Kamu Merasa Haus 3

Rasanya haus tidak datang dari melakukan aktifitas sehari – hari saja. Melainkan makanan dan minuman yang telah kamu konsumsi saat sahur juga mempengaruhi kamu saat puasa untuk sehari ke depannya. Karena itu yuk simak inilah 5 makanan dan minuman yang bikin kamu cepat haus.

1. Kopi Dan Teh

Minuman yang mengandung kafein ini sangat tidak dianjurkan kamu minum saat sahur. Karena kafein memiliki sifat deuretik atau bisa kita bilang dapat memicu kamu seringnya ingin membuang air kecil. Yang akhirnya akan membuat kamu lebih cepat merasa dehidrasi saat puasa. Oleh sebab itu sebaiknya kamu jangan meminum minuman yang mengandung kafein karena akan menyebabkan kehilangan banyak cairan dalam tubuh.

2. Makanan Dan Minuman Yang Manis

Makanan dan minuman yang terlalu manis juga akan membuat kamu cepat dehidrasi saat puasa. Seperti minuman bersoda dan sebagainya itu akan membuat tubuh kamu kehilangan cairan dengan cepat. Kandungan kadar gula dalam minuman dan makanan yang manis akan mengganggu bekerjanya fungsi enzim dalam tubuh dan mengurangi dengan cepat cairan dalam tubuh.

3. Makanan Yang Bersantan

Siapa yang tak bisa hindari makanan yang enak dan gurih seperti makanan opor, gule dan lain sebagainya. Tapi tahukah kamu kalau makanan bersantan juga akan membuat kamu lebih cepat terasa haus ? Makanan bersantan memiliki kadar minyak yang sangat tinggi sehingga akan membuat lambung dan tenggorokan kamu menjadi ingin meminum air karena rasa yang tak nyaman di tenggorokan dan lambungmu. Karena itu hindari makanan yang bersantan juga saat sahur.

4. Makanan Yang Pedas

Makanan yang pedas kalau di bilang memang tidak akan mengurangi cairan dalam tubuh sehingga kamu tidak cepat merasa dehidrasi. Tetapi karena saking pedasnya membuat kamu ingin minum terus dan bisa saja pada akhirnya kamu akan merasa sakit perut karena mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas dan membuat puasamu menjadi batal. Solusinya hindari juga makanan pedas saat sahur ya agar puasamu tidak bolong seharian.

5. Makanan Asin

Selain makanan yang bersantan dan pedas, makanan yang mengandung sodium ini atau makanan asin akan membuat kamu kehilangan cairan dalam tubuh dengan cepat. Makanana asin seperti keju, goreng – gorengan, roti dan lain sebagainya memiliki kandungan sodium yang cukup banyak. Hal itu membuat cairan dalam tubuhmu akan ikut larut ketika pembilasan kelebihan garam dan sodium. Karena itu hindari juga ya makanan yang kaya akan sodium ini saat sahur agar tidak kehilangan cairan dalam tubuhmu dengan cepat.

Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rendy Ng