5 Makanan Kuliner Kudus yang Perlu Dicoba Untuk Dicoba

5 Makanan Kuliner Kudus yang Perlu Dicoba Untuk Dicoba 1

Sama seperti budayanya yang unik, Kudus juga terkenal dengan hidangan kuliner yang menarik dan menggugah rasa ingin tahu untuk dapat mencobanya.       

Kita semua  pun tahu bahwa Soto Kudus dan Lentog Tanjung Kudus Sangat terkenal di bebagai Nusantar, tetapi ada lebih banyak hidangan kuliner Kudus daripada hanya keduannya. Seperti  yang di campur dengan gula merah, berikut ini ada 5 hidangan kuliner Kudus yang harus anda coba.      

1. Soto Kudus

Soto Kudus adalah salah satu hidangan kuliner kudus yang paling banyak diminati, soto kudus merupakan makanan yang menggunakan kerbau disertai dengan kuah lebih bening. Soto Kudus dalam penyajiannya dihidangkan dalam mangkuk kecil untuk 1 porsi soto.  

Cara makan dari Soto Kudus  adalah dengan mencampurkan soto kudus udenga beberapa gorengan dan juga kecap sebelum akhirnya memakannya.

2. Sate Kerbau

Sate kerbau adalah sebuah sate y9ang terbuat dari daging kerbau, Asal mula sate kerbau berasal dari zaman Sunan Kudus. Dalam penyebaran agama islam, Sunan Kudus menghormati masyarakat setempat yang menganut agama Hindu dengan tidak mengonsumsi daging sapi. Sunan Kudus mengaanjurkan bagi pemeluk Islam untuk mengonsumsi daging kerbau.

Sate Kerbau ini biasanya disajikan dengan menggunakan lontong serta ditaburi adonan bumbu diatas sate kerbau tersebut.       

3. Lentog Tanjung

Lentog Tanjung merupakan makanan khas Kabupaten Kudus yang jarang ditemui di luar daerah asalnya. Lentog yang berarti Lontong dan Tanjung yang berarti desa Tanjungkarang daerah asal makanan ini. Kuliner ini banyak dicari sebagai sajian sarapan. Di  Kabupaten Kudus terdapat pula sentra penjualan Lentog Tanjung yaitu di sebelah Utara simpang lima jalan lingkar Tanjungkarang.      

Pada setiap hari libur kawasan tersebut kerap dipadati oleh pengunjung yang tidak hanya di Kabupaten kudus tetapi juga dari luar kota. Makanan ini terdiri  dari lontong yang diirisi kecil- kecil, lodeh tahu, dan sayur nangka muda yang ditambah dengan sambal cair. Selain jarang ditemui di luar Kudus, keunikan makanan ini ada pada lontongnya yang besarnya habmpir sebesar pada orang dewasa.

4. Lepet

Lepet berasal dari kata “lepat” atau “luput” dalam Bahasa Jawa yang artinya kesalahan. Hidangan ini sering dibuat pada lebaran ketupatatau hari ke tujuh Idul Fitri. Makanan ini terbuat dari beras ketan dan kelapa diparuot. dan dibungkus dengan daun kelapa lalu direbus.    

Biasanya isi lepet ditambah dengan kacang tolo namun sekarang sudah dikreasikan dengan ditambah nangka atau pisang sesuai selera.

5. Nasi Pindang

Nasi Pimdang adalah makanan yang berasal dari nasi dengan irisan daging dan daun melinjo yang diguyur dengan  kuah santan. Daging yang digunakan dalam nasi pindang adalah daging kerbau seperti pada Soto Kudus.Hidangan ini dahulunya hanya ada di acara hajatan namun dengan seiringnya dengan berkembangnuya zaman nasi pindang sudah dijual bebas di Kabupaten Kudus.               

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

MUHAMMAD FIKRI RIYANTO