5 Makanan Tradisional Jepang yang Perlu Untuk Dicoba

5 Makanan Tradisional Jepang yang Perlu Untuk Dicoba 1

Sama Seperti dengan budayanya yang unik, Jepang juga terkendal dengan hidangan tradisionalnya yang menarik dan menggugah rasa ingin tahu untuk dapat mencobannya.

Kita semua pun tahun jika ramen dan sushi sangat terkenal keseluruh dunia, tetapi ada lebih banyak lagi hidangan tradisional Jepang daripada hanya keduannya.

Seperti yang disadur dari Wattention, berikut ini 5 hidangan tradisional Jepang yang harus dicoba.

1. Tempura

Tempura adalah salah hidangan tradisional jepang yang paling banyak diminati, tempura merupakan makanan goreng lezat yang disajikan dalam berbagai bentuk seperti sayuran, makanan laut dan terkadang juga dengan daging.

Cara makan dari tempura yang benar adalah dengan mencelupkan ke dalam sebuah campuran khusus yang terbuat dari bonito kering, mirin, dan juga kecap sebelum akhirnya menggitnya.

Adonan tempura ini terbuat dari tepung dan telur kadang beberapa restroran khusus tempura mempunyai bahan rahasia dalam resep adonannya, Tempura ini juga bisa menjadi agak berminyak, tetapi juga berkualitas tinggi dan memiliki keseimbangan antara minyak dan rasa yang ideal.

2. Takoyaki

Ada beberapa orang menyebutnya sebagai bola gurita, tetapi nama aslinya ada takoyaki. Takoyaki adalah sebuah pangsit yang lezat yang dengan daging gurita yang tersembunyi ditengahnya ini juga merupakan salah hidangan kaki lima yang paling terkenal di Jepang.

Mereka dimasak menggunakan jenis hot plate yang khusus dimana ada beberapa deretan cetak yang setengah bulat. Kemudian, cetak tersebut diisi dengan adonan yang gurih dan unik dan kemudian daging gurita yang seukuran gigitan itu dimaksukan kedalam adonan, lalu seluruh takoyaki yang setengah bukan dibalik dan keluar sebagai pangsit yang berbentuk seperti bola yang sempurna.

Takoyaki ini biasanya disajikan dalam enam buah, dan diakhiri dengan mayones, rumput laut aonori dan serpih bonito katsuobushi.

3. Okonomiyaki

Okonomiyaki yang secara harfiah bearti ” panggang sesukamu” dan pasti masuk dalam daftar hidangan jepang yang wajib dicoba. Ini juga seperti pancake Jepang.

Tetapi hanya saja bukan makanan untuk sarapan dan tidak ada pun aturan untuk hidangan ini, seperti namanya dan pada dasarnya Anda dapat menambhakan apa saja.

Pilihan umum dari Okomiyaki ini biasanya adalah bawang hijau, udang, daging sapi, sayuran, keju, dan telur. Lalu dimasa di atas wajan bahkan beberapa restoran yang menjual okomiyaki dalam menunya menawarkan layanan masak sendiri yang merupakan ciri khas dari restoran Jepang sendiri.

4. Sukiyaki

Hidangan selanjutnya adalah Sukiyaki, makanan tradisional khas Jepang ini biasanya disajikan pada musim dingin dan sangat enak untuk disantap di restoran khusus.

Bahkan, Sukiyaki ini dapat juga dibuat sendiri di rumah. Sukiyaki sendiri adalah sejenis hidangan hot pot dimana irisan daging sapi yang dibakar menggunakan kaldu sukiyaki yang biasanya terbuat dari kecap, mirin dan juga sake

Ada juga bahan lain dalam sukiyaki, termasuk tahu, sayuran dan mie.

5. Oden

Hidangan hot pot Jepang lainya adalah oden. Alih-Alih untuk menggunakan mertode membakar, hidangan hot pot tradisional ini malah melibatkan pengambilan seperti tahu, sayuran, dan daging yang kemudian direbus kedalam kaldu ringan yang terbuat dari bahan utama seperti dashi, rumput laut kombu kelp, dan serpihan bonito.

Meskipun juga ada beberapa restoran khusus yang menyajikan oden, Anda juga dapat melihat kios-kios yang menjual oden di Jepang yang dibuka selama musim gugur dan musim dingin.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Radiansyah