5 Makanan yang Banyak Dijual di Pagi Hari


5 Makanan yang Banyak Dijual di Pagi Hari 1

Sarapan pagi menjadi kebutuhan bagi sebagian orang. Ibu rumah tangga sengaja bangun lebih pagi untuk menyiapkan sarapan untuk anak dan suami. Namun, tidak semua orang bisa sempat melakukannya setiap hari. Beruntunglah bagi orang-orang yang tinggal di tempat yang cukup ramai. Setiap pagi selalu ada penjual makanan yang sudah menawarkan barang dagangannya sebelum matahari terbit.

Beragam makanan ditawarkan mulai dari aneka ragam kue jajan pasar, sampai nasi bungkus seperti nasi kuning atau nasi uduk. Makanan seperti apa lagi yang dijual di pagi hari?

Nasi Kuning

Nasi Kuning
Nasi Kuning

Nasi kuning adalah nasi yang dimasak bersama bumbu-bumbu dan diwarnai dengan kunyit. Nasi kuning diberi lauk berupa irisan telur dadar, abon sapi, irisan timun, seledri, bihun, irisan tempe, dan kerupuk. 

Lain pedagang, lain pula lauknya. Rasa makanan pun berbeda-beda, ditentukan seberapa pandainya orang yang memasak. Nasi kuning adalah makanan yang paling banyak disukai oleh orang-orang yang tidak sempat memasak untuk sarapan pagi.

Bubur Ayam

Bubur ayam
Bubur ayam

Bubur ayam ini sebenarnya bubur yang terbuat dari nasi, ditaburi dengan merica bubuk, irisan daun seledri, daging ayam yang dipotong kecil-kecil, irisan cakwe, kacang poling, dan kerupuk. Tidak lupa ditambahkan dengan kecap asin, kecap manis, dan sambal pedas.

Bubur ayam dapat membantu menghangatkan tubuh di pagi hari yang dingin. Pastikan membeli bubur ayam sebelum buburnya mulai dingin. Usahakan datang ketika lapak dagangan belum terlalu ramai.

Kupat tahu

Kupat tahu
Kupat tahu

Kupat tahu berbeda dengan ketupat lebaran. Kupat tahu terbuat dari ketupat yang dipotong-potong, disiram dengan kuah yang hangat, potongan tahu, dan kerupuk yang terasa renyah.

Rasanya gurih, apalagi ketika memakannya bersama kerupuk yang terkena kuah. Semakin sedap rasa masakan itu.

Kue Jajan Pasar

Kue jajan pasar
Kue jajan pasar

Kue jajan pasar sering dijual di lapak sederhana yang terletak di pinggir jalan. Penjual kue jajan pasar juga mudah ditemui di daerah perumahan. Para pedagang menggelar lapaknya di pagi hari, biasanya sudah mulai berjualan menjelang matahari terbit.

Pedagang kue jajan pasar menyediakan aneka ragam jajanan. Misalnya bacang, lemper, kue pastel, risoles, agar-agar, kue pelangi, dan lain-lain. Rasanya juga beraneka ragam. Macam-macam kue yang dijual membuat pembeli merasa penasaran seperti apa rasanya. 

Aneka Gorengan

Aneka gorengan
Aneka gorengan

Aneka gorengan juga sering dijual di pagi hari. Sebagian pedagang sengaja berjualan di pagi dan sore hari untuk mendapatkan uang lebih banyak. Gorengan adalah makanan siap saji yang dibaluri tepung dan dimasak dengan cara digoreng di dalam minyak panas. Rasanya enak apabila dimakan bersama cabe rawit atau sambal botol.

Ada berbagai macam gorengan yang laku dijual, misalnya bala-bala, tahu isi, tempe, cireng, pisang goreng, dan lain-lain. Setiap daerah mempunyai gorengan masing-masing yang belum tentu ada di daerah lain. Gorengan adalah salah satu makanan siap saji yang banyak dijual orang.

Kesimpulan

Sarapan pagi yang dijual orang dapat menjadi pertolongan pertama untuk mengganjal perut di pagi hari. Terutama bagi orang yang sedang dalam perjalanan, perantauan, atau memang tidak sempat memasak. Harga yang terjangkau juga selalu habis terjual.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rinka

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap