5 Manfaat Daun Srikaya Untuk Kesehatan

buah srikaya

Meski tidak sepopuler daun sirsak, untuk kesehatan juga tidak dapat dipandang sebelah mata, karena tanaman yang memiliki nama Latin Annona Squamosa ini mengandung sejumlah zat kimia alami yang berkhasiat untuk pengobatan, seperti: borneol, terpene, flavonoida, polifenol, resin, saponin, kamphor, alkaloid anonain, tanin, gula , asam amino, dan mucilago.

Berikut beberapa untuk kesehatan.

Obat Penenang

Seseorang yang tiba-tiba histeris dan kehilangan kesadaran atau mendadak jatuh pingsan, dapat ditenangkan dan disadarkan dengan meremas-remas daun segar hingga halus, kemudian mendekatkan remasan daun tersebut ke dekat hidung penderita. Dalam waktu yang relatif singkat kesadaran penderita akan pulih kembali.

Baca juga  6 Manfaat Buah Naga Yang Harus Kamu Tahu, Dari Merawat Kulit Hingga Mencegah Kanker

5 Manfaat Daun Srikaya Untuk Kesehatan

Atasi Gangguan Pencernaan

Berbagai penyakit yang berhubungan dengan organ pencernaan dapat diatasi dengan yang cukup mudah, yakni dengan menghaluskan daun yang masih segar, mencampurnya dengan minyak kelapa, kemudian menempelkan ramuan tersebut pada perut.

Obat Cacing

Penyakit cacingan yang rentan menyerang anak-anak, dapat diatasi dengan menggunakan daun . Caranya dengan mencuci bersih 15 lembar daun dan merebusnya bersama 5 gelas air hingga mendidih dan tersisa setengahnya. Setelah dingin, minumkan ramuan tersebut pada anak-anak sehari 3 kali.

Baca juga  Punya Setok Alpokat Melimpah? Begini Cara Mengawetkan Alpokat Dalam Waktu Lama

5 Manfaat Daun Srikaya Untuk Kesehatan

Obat Kudis 

Jika Anda menderita kudis, ambil 15 lembar daun segar, cuci bersih dan giling hingga halus. Tambahkan kapur sirih sebanyak 1 sendok the, aduk hingga merata, dan tempelkan ramuan tersebut pada bagian yang terserang kudis. Lakukan pengobatan tersebut dua kali sehari, maka dalam hitungan hari, penyakit kudis tersebut akan hilang dari kulit Anda.

Baca juga  Tahukah Kamu Mengapa Ada Orang yang Sangat Benci Durian?

Obat Bisul dan Borok

Daun juga dapat dipakai untuk obat bisul dan borok. Caranya dengan menghaluskan daun secukupnya dan menambahkan sedikit garam, kemudian menempelkan ramuan tersebut pada bisul atau borok. Ganti ramuan tersebut sehari 2 – 3 kali, maka dalam waktu beberapa hari, bisul dan borok akan segera sembuh.

Demikian 5manfaat daun untuk kesehatan, disamping beberapa manfaatnya yang lain, seperti: mengobati reumatik, demam, diare, disentri, batuk ringan, influenza, serta menurunkan kadar asam urat. (*)

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

aguskurniawan