5 Manfaat Kunyit Yang Belum Banyak Diketahui Orang


5 Manfaat Kunyit Yang Belum Banyak Diketahui Orang 1

Kalau kalian sudah sering bekerja di dapur, tentunya sudah tidak asing lagi dengan rempah – rempah seperti kencur atau kunyit. Rempah – rempah tersebut selain dapat menjadi bahan masakan dan memiliki bau yang sangat ciri khas, ternyata bahan – bahan ini memiliki manfaat lain yaitu untuk kesehatan tubuh, seperti dapat menyebuhkan beberapa penyakit. Karena itu, berikut ini ada 5 manfaat kunyit yang belum banyak diketahui orang, apa saja ? Yuk simak berikut ini.

1. Dapat Menyembuhkan Luka

5 Manfaat Kunyit Yang Belum Banyak Diketahui Orang 3

Menurut sebuah penelitian mengatakan bahwa sifat antiinflamasi dan antiarthritis yang kuat terdapat dari bubuk kunyit. Selain itu, penelitian Arthritis and Rheumatism edisi November 2006 juga mengatakan, tiga kurkuminoid utama dalam kunyit bertanggung jawab atas efek antiarthritisnya. Yang dimana ketika kamu mengkonsumsi kunyit tersebut, maka lukamu akan cepat sembuh.

2. Penangkal Alzheimer

5 Manfaat Kunyit Yang Belum Banyak Diketahui Orang 4

Penyakit Alzheimer ini cenderung lebih mudah menyerang para orang tua. Dan untuk mengatasi penyakit tersebut, kunyit adalah jawabannya. Sebuah studi yang dilakukan oleh Stem Cell Research & Therapy, September 2014, mengatakan bahwa kunyit mengandung Aromatik (ar-) turmerone.  Yang dimana senyawa bioaktif ini dapat menumbuhkan sel induk saraf. Oleh karena itu, kunyit dapat melindungi dan menangkal penyakit alzheimer dan mengembalikan kerusakan yang dilakukan oleh penyakit tersebut dengan menumbuhkan kembali sel – sel di otak.

3. Dapat Menyembuhkan Gatal – gatal

5 Manfaat Kunyit Yang Belum Banyak Diketahui Orang 5

Kandungan Kurkumin yang terdapat pada kunyi ini merupakan senyawa aktif utama dalam bubuk akar kunyit yang diketahui dapat menghambat pelepasan histamin dari sel yang sering bikin gatal – gatal dan alergi pada kulit. Jika kamu terkena penyakit gatal – gatak dapat diatasi oleh kunyit tersebut.

4. Dapat Melawan Penyakit Asma

5 Manfaat Kunyit Yang Belum Banyak Diketahui Orang 6

Histamin diketahui dapat meningkatkan peradangan dan menyebabkan penyempitan otot polos pada orang yang terserang penyakit asma. Kunyit dapat mengatasi kondisi tersebut dengan melepaskan hitasmin tersebut dan dapat melawan penyakit asma dengan baik bagi penderitanya.

5. Pembunuh Kanker

5 Manfaat Kunyit Yang Belum Banyak Diketahui Orang 7

Selain dapat menyembuhkan rasa gatal – gatal pada kulit, kandungan kurkumin yang terdapat pada kunyit juga bisa menjadi senyawa yang dapat melawan sel kanker. Menurut beberapa kasus yang terjadi dikatakan bahwa sel kanker akan melunak secara bertahap. Bahkan di kasus langka, terdapat myoma yang sembuh karena mengkonsumsi jamu kunyit secara rutin.

Itulah ke – 5 manfaat kunyit yang belum banyak diketahui banyak orang. Bagaimana menurut kamu ? apakah kunyit akan menjadi obat herbal yang sangat baik untuk kesehatan tubuhmu ? Semoga bermanfaat !


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rendy Ng

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap