5 Manfaat Masker Selain untuk Menghindari Virus

5 Manfaat Masker Selain untuk Menghindari Virus

Sudah hampir dua tahun pandemi corona melanda seluruh penjuru dunia. Selama itu pula kita sudah terbiasa menggunakan masker guna mengantisipasi penyebaran virus yang berasal dari Wuhan, China ini. Memakai masker di masa seperti ini sudah menjadi barang yang lumrah dan kewajiban agar kita dapat terhindar dari virus. Selain memakai masker, melakukan protokol kesehatan dan vaksinasi perlu kita lakukan untuk tetap menjaga diri dari serangan virus.

Akhir-akhir ini pun kita digemparkan dengan virus corona varian baru yaitu varian omicron. Varian omicron ini pertama kali dilaporkan ke WHO dari Afrika Selatan pada 24 November yang lalu. Berdasarkan penelitian varian baru ini infeksinya jauh lebih tinggi. Kini Indonesia pun melarang turis-turis asing yang berasal dari Afrika Selatan, Hongkong, dan negara-negara yang sudah teridentifikasi terjangkit virus corona varian baru yang ingin menuju ke Indonesia.

Mengingat virus corona masih belum berakhir, maka kita harus terus melawan virus tersebut dengan cara konsisten memakai masker ketika bepergian ke luar, melakukan vaksinasi, dan tentunya menerapkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak dan selalu mencuci tangan.

Berbicara mengenai masker sebenarnya tidak akan ada habisnya jika pandemi ini belum berakhir. Seperti yang kita ketahui bahwa masker khususnya pada masa sekarang ini yaitu berfungsi untuk mencegah penularan virus corona. Sebelum adanya virus corona banyak juga orang yang memakai masker untuk menghindari polusi udara di jalanan. Tapi sebenarnya selain berfungsi untuk penularan virus, masih banyak fungsi masker yang sebenarnya bisa kita manfaatkan seperti :

1. Menghindari orang

Fungsi masker selain untuk menghindari virus yaitu sebagai cara untuk menghindar dari orang untuk berbasa-basi. Hal ini tentunya cukup berfungsi jika kita bertemu dengan orang yang dikenal namun enggan untuk menyapa atau berbasa-basi karena sedang terburu-buru atau lagi capek tidak mau berbicara.

Maka masker ini sungguh berfungsi untuk keadaan-keadaan seperti itu. Namun beda cerita kalau orang tersebut ngeuh dan menyapa kita. Maka kita pun tidak bisa menghindarinya kecuali kalau mau berpura-pura tidak kenal.

2. Menutupi muka yang kusut

Fungsi kedua dari masker ini adalah untuk menutupi muka kita yang sedang kusut. Entah habis bangun tidur, habis menangis, sakit, atau tidak mandi berhari-hari. Maka untuk menutupi muka yang amburadul, memakai masker adalah solusinya.

Meskipun sebenarnya kita tidak bisa menutupi muka kusut kalau rambutnya masih acak-acakan atau bisa terlihat dari mata. Tapi setidaknya saat memakai masker, tidak terlalu merasa malu-malu amat.

3. Menjaga tawa

Setiap orang mempunyai kebiasaan tertawa yang berbeda-beda. Ada yang malu-malu kucing sambil menutup mulut, tawa-tawa sok cool, sampai tawa yang terbahak-bahak alias nggak kenal malu sampai suaranya terdengar ke mana-mana dan gigi pun terlihat jelas semuanya sampai ke kerongkongan.

Terkadang cewek suka mukul-mukul nggak jelas kalau lagi ketawa. Bagi orang-orang yang malu sama ketawanya sendiri, masker ini tentunya bisa membantu keadaan tersebut. Tidak akan ada orang yang memerhatikan mulut dan gigi kita kecuali masker yang kembang-kempis.

4. Mengurangi rasa malu

Masker juga bisa digunakan untuk mengurangi rasa malu ketika berada di keramaian atau fasilitas umum. Karakter orang-orang tentunya berbeda-beda. Ada yang percaya diri ketika di keramaian adapula yang merasa malu karena tidak terbiasa dan tidak nyaman.

Maka dari itu menggunakan masker setidaknya dapat mengurangi rasa malu yang diderita seseorang karena tidak akan banyak yang tahu siapa kita kecuali memang ada yang ngeuh. Kalau tidak ingin dikenali biasanya menggunakan paket lengkap : pakai masker, jaket, dan kupluknya. Sudah seperti orang misterius.

5. Membuat orang bingung

Fungsi terakhir dari masker yaitu untuk membuat orang bingung. Hal ini berlaku untuk orang yang kita kenal namun penampilan kita sudah berubah atau tidak biasanya. Kita bisa menyapa seseorang agar doi terlihat bingung karena mengenalinya.

Beberapa orang yang sudah lama tidak bertemu akan kebingungan sambil berpikir keras. Beberapa kali saya pun sering bertemu dengan orang yang sepertinya saya kenal. Namun ketika ingin menyapa selalu urung karena takut bukan orang yang saya maksud. Maka saya pun melewati orang tersebut.

Nah kira-kira seperti itulah fungsi masker yang bisa kita manfaatkan selain untuk menghindari virus atau polusi udara. Ada yang berfungsi positif adapula yang fungsinya tidak terlalu baik seperti misalnya menghindari orang yang uangnya kita pinjam. Kalau itu jangan dibiasain deh. Lebih baik bayar hutangnya sebelum nanti ditagih di akhirat. Ups.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Erfransdo