5 Manfaat Sehat Buah Semangka Untuk Buka Puasamu


5 Manfaat Sehat Buah Semangka Untuk Buka Puasamu 1

Biasanya berbuka dengan manis – manis adalah hal yang paling nikmat bagi kamu yang berpuasa agar mengembalikan energi yang telah hilang selama berpuasa. Berbuka dengan buah kurma sangat baik di bulan ramadhan ini, tetapi tahukah kamu bahwa buah semangka juga mempunya manfaat yang sehat bagi tubuh apalagi disaat bulan puasa. Buah semangka memiliki kandungan air yang cukup tinggi dan kaya akan nutrisi untuk kesehatanmu. Terlebih lagi buat kamu yang sedang berdiet buah semangka ini memiliki kalori yang rendah sehingga aman buat kamu yang sedang diet. Yuk simak 5 manfaat buah semangka yang cocok untuk buka puasamu.

5 Manfaat Sehat Buah Semangka Untuk Buka Puasamu 3

1. Melancarkan Pencernaan

Kandungan air yang dimiliki buah semangka cukup tinggi dan banyak sehingga mampu melancarkan pencernaan dalam tubuh. Selain itu buah semangka memiliki serat yang cukup baik, sehingga membantu saluran pencernaan saat kamu buang air besar. Karena itu buah semangka sangat cocok untuk menu buka puasa kamu.

2. Baik Untuk Kulit Dan Rambut

Semangka juga memiliki kandungan vitamin yang cukup baik untuk tubuh kamu. Vitamin A dan C yang terkandung di dalam buah semangka baik untuk kesehatan kulit dan rambutmu. Yang kita tahu vitamin C sangat baik untuk memproduksi kolagen bagi tubuh yang membuat kulitmu semakin lembut dan rambutmu semakin kuat. Sedangkan Vitamin A memperbaiki dan memproduksi sel – sel kulit yang telah mati, sehingga kulit mu terhindar dari kulit kering.

3. Tubuh Tetap Terhidrasi

Dalam berpuasa pastinya kita akan kehilangan banyak cairan dalam tubuh sehingga mudah untuk dehidrasi. Pentingnya cairan untuk tubuh untuk membuat tubuhmu semakin berenergi dan tetap sehat. Karena itu saat berbuka sangat baik kamu mengkonsumsi buah semangka yang kaya akan kandungan air dan serat sehingga tubuhmu terpenuhi kembali dengan cairan yang telah hilang selama berpuasa. Kandungan air di dalam buah semangka mencapai 92 persen sehingga membantu lebih cepat mengembalikan cairan yang hilangĀ  dan membuatmu lebih kenyang.

4. Kaya Akan Nutrisi

Buah semangka memilik kalori yang sangat rendah yaitu sekitar 45 kalorinya per 155 gram. Selain itu buah semangka mengandung banyak sekali nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, magnesium, potasium dan juga vitamin B1, B5 dan B6. Dalam buah semangka juga mengandung karotenoid yang sudah termasuk dengan beta karoten, likopen serta asam amino yang penting buat tubuh.

5. Meredahkan Nyeri Pada Otot

Seperti yang saya sebutkan di atas tadi bahwa buah semangka memiliki kandungan asam amino guna untuk meredakan nyeri otot. Jika mengkonsumsi buah semangka akan membantu meningkatkan penyerapan asam amino sehingga cepat memulihkan nyeri pada otot. Ada beberapa kasus pada atlet bahwa meminum jus semangka lebih cepat menurunkan nyeri pada otot dan memulihkan denyut jantung yang lebih cepat dibandingkan dengan sitrulin yang biasanya para atlet gunakan.

Inilah 5 manfaat buah semangka yang sehat bagi tubuh, tunggu apa lagi jangan sampai lupa untuk berbuka dengan buah satu ini yaa !


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rendy Ng

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap