5 Manfaat Vaksin COVID-19 yang Wajib Kamu Ketahui


5 Manfaat Vaksin COVID-19 yang Wajib Kamu Ketahui

Vaksinasi atau imunisasi adalah salah satu upaya untuk membantu tubuh supaya dapat mengaktifkan sistem kekebalan tubuh dalam membentuk sebuah antibodi terhadap adanya kuman tertentu yang menyebabkan suatu penyakit.

Dengan demikian, diharapkan tubuh akan siap dan juga mampu untuk melawan ketika terkena penyakit tersebut.

Sebenarnya, sebuah sistem kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit dapat terbentuk secara alami ketika seseorang tersebut mulai terinfeksi virus atau pun bakteri penyebabnya.

Tetapi, infeksi virus Corona memiliki risiko untuk menyebabkan beberapa gejala dan juga kondisi yang cukup berat, bahkan kematian.

Selain itu, infeksi COVID-19 juga mempunyai daya tular yang cukup tinggi pula.

Oleh sebab itu, vaksinasi menjadi salah upaya yang dinilai mampu untuk mencegah dan juga mengurangi risiko terjadinya kondisi yang cukup berat.

Merangkum dari Alodokter dan upk.kemkes.go.id, berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa diperoleh jika kamu mendapatkan vaksin COVID-19, di antaranya:

1. Merangsang Sistem Kekebalan Tubuh

Vaksin yang terdiri dari berbagai campuran produk biologi dan juga bagian dari sebuah virus yang telah dilemahkan, kemudian disuntikkan ke dalam tubuh manusia, akan membantu untuk merangsang munculnya sebuah imun atau daya tahan tubuh seseorang.

2. Meminimalkan dampak ekonomi dan sosial

Manfaat vaksin COVID-19 tidak hanya pada sektor kesehatan semata, namun juga bermanfaat untuk sektor ekonomi dan sosial.

Apabila sebagian besar masyarakat telah memiliki sebuah sistem kekebalan tubuh yang baik untuk mampu melawan penyakit COVID-19, maka kegiatan atau aktivitas sosial dan juga ekonomi pada masyarakat bisa kembali seperti sediakala.

3. Mengurangi Risiko Penularan

Tubuh seseorang yang sudah diberikan suntik vaksin, akan mulai merangsang pembentukan antibodi untuk belajar dan juga mengenali virus yang sudah dilemahkan tersebut.

Dengan demikian, maka tubuh akan mengenali virus dan mengurangi risiko terpapar.

4. Mengurangi Dampak Berat dari Virus

Dengan kondisi kekebalan tubuh yang sudah mengenali virus tersebut, maka apabila sistem imun pada seseorang kalah dan kemudian terpapar virus, maka dampak atau pun gejala yang timbuk akibat virus tersebut akan mengalami pelemahan.

5. Mendorong terbentuknya herd immunity

Seseorang yang telah mendapatkan suntik vaksin COVID-19 juga bisa melindungi orang-orang di sekelilingnya, terutama pada kelompok yang sangat rentan terkena risiko virus tersebut, misalnya seperti lansia.

Hal ini dikaranekan adanya kemungkinan orang yang telah divaksin untuk menularkan virus Corona diperkirakan akan cukup kecil.

Jika diberikan secara massal, maka vaksin COVID-19 ini juga mampu untuk mendorong terbentuknya kekebalan kelompok (herd immunity) di dalam masyarakat.

Dengan semakin kecilnya kelompok orang yang dapat terinfeksi corona, maka akan diharapkan pula penularannya semakin menurun.

Hal ini pun berarti orang yang tidak dapat memperoleh vaksin, misalnya saja bayi yang baru lahir, juga dapat menurun risikonya untuk terinfeksi corona.

Meskipun demikian, untuk mencapai sebuah herd immunity dalam suatu masyarakat, penelitian mengemukakan bahwa minimal ada 70% penduduk dalam negara tersebut harus sudah selesai divaksin.

Nah, itulah tadi beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan suntik vaksin COVID-19, semoga bermanfaat.