5 Manfaat yang Didapatkan Saat Meminum Susu

5 Manfaat yang Didapatkan Saat Meminum Susu 1

Susu telah dinikmati oleh ribuah orang di seluruh dunia selama ribuan tahun.

Menurut definisinya, ini adalah salah satu cairan yang kaya nutrisi yang dihasilkan oleh mamalia betina untuk memberi makan anak-anak mereka.

Adapun jenis susu yang paling banyak dikonsumsi berasal dari sapi, domba dan kambing.

Untuk negara-negara barat sendiri mereka paling sering mereka minum susu sapi.

Konsumsi susu adalah topi yang sering diperdebatkan di dunia nutrisi, jadi Anda mungkin akan bertanya-tanya apakah itu sehat atau mungkin berbahaya.

Seperti yang disadur dari Healthline, berikut 5 manfaat kesehatan yang didapat saat mengonsumsi susu.

1. Susu Dikemas Dengan Nutrisi

Profil dari susu sendiri sangat mengesankan.

Bagaimanapun, itu dirancang untuk memberikan makan hewan yang baru lahir sepenuhnya.

Dengan mengonsumsi satu cangkir susu dengan berat sekitar 244 gram dapat mengandung: 

– Kalori: 146- Protein: 8 gram- Lemak: 8 gram- Kalsium: 28% dari RDA- Vitamin D: 24% dari RDA- Riboflavin (B2): 26% dari RDA- Vitamin B12: 18% dari RDA- Kalium: 10% dari RDA- Fosfor: 22% dari RDA- Selenium: 13% dari RDA

Susu adalah salah satu sumber vitamin dan mineral yang sangat baik, termasuk nutrisi yang menjadi perhatian, yang kurang dikonsumsi oleh banyak populas.

Ini menyediakan kallium, B12, kalsium dan Vitamin D, yang kurang dalam banyak diet.

Susu juga merupakan salah satu sumber vitamin A, magnesium, seng, dan tiamin (B1) yang baik bagi tubuh.

Selain itu juga, ini adalah salah satu sumber protein yang sangat baik dan mengandung ratusan asam lemak yang berbeda, termasuk asam linoleat terkongasi (CLA) dan omega-3.

Misalnya, susu yang berasal dari sapi yang kebanyak memakan rumput mengandung jumlah asam linoleat yang terkonjugasi dan asam lemak omega-3 yang jauh lebih tinggi.

Juga, susu yang berasal dari sapi organik dan setiap harinya diberik makan rumput yang mengandung antioksidan yang bermanfaat dalam jumlah lebih tinggi, seperti vitamin E dan beta-karoten, yang dapat membantu mengurangi peradangan dan dapat melawan stres oksidatif.

2. Merupakan Sumber Protein Berkualitas Baik

Susu adalah salah satu sumber yang kaya protein, dengan hanya satu cangkir yang mengandung 8 gram.

Protein pun diperlukan untuk fungsi yang vital pada tubuh, termasuk pertumbuhan dan perkembangan, perbaikan sel dan pengaturan sistem kekebalan pada tubuh.

Susu juga dianggap sebagai salah satu protein terlengkap, yang beratri juga mengandung sembilan asam amino ensensial yang diperlukan oleh tubuh untuk dapat berfungsi pada tingkat yang optimal.

Ada dua jenis protein utama yang dapat ditemukan dalam susu yang protein kasein dan protein Whey. Kedua dianggap berkualitas sangat tinggi.

Selain dua protein tersebut, juga terdapat asam amino yang mungkin dapat membantu dalam membangun otot, mencegah hilangnya oto dan menyediakan bahan selama latihan.

Minum susu juga, dikaitkan dengan risiko yang jauh lebih rendah dari kehilangan otot terkait usia dalam beberapa penelitian.

Faktanya, konsumsi susu dan produk susu yang jauh lebih tinggi telah dikaitkan dengan massa otot seluruh tubuh yang jauh lebih besar dan kinerja fisik yang jauh lebih baik pada orang dewasa yang berumur lebih tua.

Susu juga telah terbukti dapat meningkatkan perbaikan otot pada atlet.

Faktannya, beberapa penelitian telah menunjukan jika minum susu setelah berolahraga dapat mengurangi risiko kerusakan pada otot, yang meningkatkan perbaikan otot, meningkatkan kekuatan dan bahakan mengurangi nyeri otot.

Plus, ini merupakan salah satu alternatif alami untuk minuman yang berprotein tinggi yang di sarankan untuk pemulihan setelah latihan.

3. Susu Bermanfaat Bagi Kesehatan Tulang

Minum Susu telah dikaitkan dengan kesehatan pada tulang.

Ini karena kombinasi antara nutrisi yang kuat, termasuk kalsium, fosfor, kalium, protein, dan vitamin K2.

Semua nutrisi tersebut sangat penting dalam menjaga tulang yang kuat dan sehat.

Sekitar 99% kalsium yang terdapat dalam tubuh Anda disimpan di tulang dan gigi.

Susu juga adalah salah satu sumber nutrisi yang sangat baik yang dapat diandalkan tubuh untuk dapat menyerap kalsium dengan baik, termasuk vitamin D, vitamin K, fosfor, dan magnesium.

Dengan menambahkan susu dan produk berbahanan susu ke dalam die Anda dapat mencegah penyakit pada tulang seperti osteoporosis.

Penelitian juga telah mengaitkan susu dan susu dengan risiko osteopoross dan patah tulang yang jauh lebih rendah, terutama pada orang dewasa yang berumur lebih tua.

Terlebih lagi, susu juga adalah salah satu sumber protein yang baik, nutrisi utama untuk kesehatan tulang.

Faktanya, protein yang membentuk sekitar 50% dari volume tulang dan sekitar sepertiga dari masa tulang.

Bukti ini menunjukan jika makan lebih banyak protein dapat melindungi terhadap keropso tulang, terutama pada wanita yang tidak dapat mengonsumsi cukup kalsium.

4. Membantu Mencegah Kenaikan Berat Badan

Beberapa penelitian telah mengaitkan asupan susu dengan risiko dengan obesitas yang lebih rendah, menariknya, manfaat ini hanya dikaitkan dengan susu murni.

Sebuah penelitian pada 145 anak berusia tiga tahun menemukan jika dengan mengonsumsi lemak susu yang lebih tinggi dapat dikaitkan dengan dengan risiko obesitas yang lebih rendah pada masa kanak-kanak.

Studi lain juga menunjukan lebih dari 18.000 wanita paruh baya dan lanjut usia menunjukan jika makan lebih banyak produk berbahan susu tinggi lemak dapat dikaitkan dengan penurunan dari berat badan dan risiko obesitas yang jauh lebih rendah.

Susu juga mengandung berbagai komponen yang dapat berkontribusi dengan penurunan berat badan dan mencegah penambahan berat badan.

Misalnya, dengan kandungan protein yang tinggi dapat membantu Anda merasa kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama, yang dapat mencegah makan berlebihan.

Selanjutnya adalah asam linoleat yang terkonjugasi dalam susu telah dipelajari karena kemampuannya untuk dapat meningkatkan penurunan berat badan dengan mempromosikan pemecahan lemak dan menghambat produksi lemak.

Selain itu, banyak penelitian yang telah mengaitkan jika die kaya kalsium dengan risiko obesitas yang lebih rendah.

Bukti tersebut menunjukan jika orang dengan asupan kalsium makanan yang lebih tinggi dapat memiliki risiko lebih rendah mengalami kelebihan berat badan atau obesitas.

Penelitian lainya telah menunjukan jika kadar kalsium makanan yang dapat meningkat pemecahan lemak dan menghambat penyerapan lemak dalam tubuh.

5. Susu Adalah Bahan Serbagun

Susu adalah minuman bergizi yang memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan.

Selain itu, ini merupakan salah satu bahan serbagun yang dapat dengan mudah ditambahkan ke diet Anda

Selain minum susu, cobalah ide-ide berikut untuk rutinitas harian Anda:

Smoothies: Itu membuat basis protein tinggi yang sangat baik untuk smoothie yang sehat. Coba kombinasikan dengan sayuran hijau dan sedikit buah untuk camilan bergizi.

Oatmeal: Ini memberikan alternatif air yang lezat dan lebih bergizi saat membuat oatmeal pagi atau sereal panas Anda.

Kopi: Menambahkannya ke kopi atau teh pagi Anda akan memberi minuman Anda dorongan nutrisi yang bermanfaat.

Sup: Coba tambahkan ke resep sup favorit Anda untuk menambah rasa dan nutrisi.

Jika Anda bukan seorang penggemar susu, ada produk susu lain yang memiliki profil dengan nutrisi yang serupa.

Misalnya, yogurt tanpa pemain yang terbuat dari susu dan mengandung jumlah protein, kalsm dan fosfor yang sama.

Yogurt adalah alternatif yang sehat dan sebaguna untuk saus dan topping olahan.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Radiansyah