5 Manfaat Daun Sirih dalam Kehidupan Sehari-hari

manfaat daun sirih

adalah jenis yang sangat mudah dijumpai di Indonesia. Jenis yang tumbuh merambat ini sering dijadikan sebagai hias di rumah-rumah warga. Pada umumnya, terdapat dua jenis daun sirih yaitu yang berwarna hijau dan merah. Sesuai dengan warnanya yang berbeda, juga berbeda. Berikut adalah manfaatnya  dalam kehidupan sehari-hari.

 

5 Manfaat Daun Sirih dalam Kehidupan Sehari-hari

Menyembuhkan Luka

Sudah sejak lama dijadikan sebagai alami untuk menyembuhkan luka. Karena di dalam terkandung antioksidan yang mempercepat penyembuhan luka. Caranya adalah dengan menumbuk sampai hancur kemudian balut dengan perban. Cara ini cukup efektif digunakan ketika tidak ditemukannya biasa untuk mempercepat proses penyembuhan. 

 

Menghilangkan Rasa Gatal

Karena mengandung banyak anti bakteri, manfaatnya  bisa menghilangkan rasa gatal. Cukup mandi dengan rebusan air dan siram di bagian yang terasa gatal, dengan begitu rasa gatal akan hilang. Mandi menggunakan air rebusan sekali-kali juga akan memberi yang baik pada tubuh kamu lho!

 

Baca juga  5 Manfaat Lidah Buaya Bagi Kecantikan Tubuh & Tips Pemakaiannya

Melancarkan Pencernaan

Bagai pohon kelapa, sirih juga memiliki banyak di setiap helai daunnya. Jika kamu memiliki masalah pencernaan, minyak dari sirih dapat membuat pencernaan kamu menjadi lancar seperti sedia kala. Sedangkan dengan mengkonsumsi air sirih dapat membuat penyerapan nutrisi semakin lancar. 

 

5 Manfaat Daun Sirih dalam Kehidupan Sehari-hari

Menghentikan Mimisan

Menghentikan Mimisan menggunakan adalah cara yang sudah sangat lazim digunakan sejak zaman dahulu dan merupakan manfaatnya sirih. Cukup dengan menggulung dan masukkan ke hidung untuk menghentikan mimisan. Di dalam terkandung fenil poppies yang dapat membantu proses pemberhentian pada darah yang keluar saat mimisan. 

 

Baca juga  5 Langkah Mudah Regrow Tanaman Serai

Menurunkan Gula Darah Bagi Penderita Diabetes Tipe 2

yang ditumbuk dan air nya diminum akan menurunkan kandungan gula darah bagi penderita diabetes tipe 2 lho! Karena memiliki antioksidan yang sangat tinggi, sirih dapat menurunkan kandungan gula darah. Sirih juga tidak menimbulkan efek samping seperti - lainnya. sirih dapat dijadikan pengobatan alternatif apabila kamu sudah mendapatkan pengobatan dari dokter. 

 

Menurunkan Kolesterol

Siapa yang memiliki kolesterol tinggi? adalah jawabannya! dapat menurunkan kolesterol atau lemak jahat yang ada di dalam tubuh. Seperti yang diketahui, kolesterol yang tinggi akan membuat banyak penyakit datang ke tubuh kita. Dengan mengonsumsi , kadar kolesterol akan berkurang dan tubuh menjadi lebih sehat lagi. Jumlah helai yang direbus adalah 3 sampai 4 lembar dan minumlah air rebusan tersebut. 

 

Baca juga  12 Manfaat Kesehatan dari Biji Teratai, Bisa Memperlambat Penuaan

Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Saat ini, banyak pasta gigi yang memiliki kandungan sirih sebagai bahan utamanya dalam menjaga kesehatan mulut dan gigi. Daun Sirih memiliki banyak sekali untuk kesehatan mulut dan gigi. Di dalam daun sirih terdapat asam yang dapat melawan pertumbuhan gigi berlubang. Caranya adalah dengan mengunyah daun sirih seperti yang dilakukan orang-orang tua zaman sekarang. Selain itu, mengunyah daun sirih dapat menambah produksi air liur yang memiliki banyak untuk menjaga mulut. 

 

Sebagai Batuk

sangat terkenal sebagai batuk yang ampuh. Untuk ini, kamu harus kuat menahan rasa pahit dari air rebusan . Minum air rebusan secara rutin sebanyak 2 kali dalam sehari untuk mengobati sakit batuk yang menyerang kamu. Daun sirih sebagai batuk adalah manfaatnya daun sirih dalam keseharian. 

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Isti Wulandary