5 Masalah Umum Penyebab Susah Tidur dan Cara Mengatasinya


5 Masalah Umum Penyebab Susah Tidur dan Cara Mengatasinya 1

Ada banyak masalah yang memungkinkan kita tidak bisa tidur dengan nyenyak, mulai dari mengonsumsi makan tidak sehat hingga stress, tetapi ada kalanya kamu akan  mengalami masalah yang umum terjadi pada kebanyakan orang. Berikut  5 Masalah umum penyebab susah tidur yang mungkin kamu alami dan cara mengatasinya.

1. Perut kroncongan

5 Masalah Umum Penyebab Susah Tidur dan Cara Mengatasinya 3

Perut keroncongan atau perut kosong dimalam hari terkadang membuat dilema terutama yang sedang menjalani diet. Perut kosong membuat tubuh menjadi tidak rileks dan gelisah. Beberapa  penelitian mengungkapkan bahwa tidur dengan perut kosong akan menghambat kemampuan tubuh untuk mengubah protein menjadi Protein otot.

Cara mengatasinya kamu dapat memakan makanan  ringan atau buah dua jam sebelum tidur. Usahakan tetap makan pada siang hari atau menggantinya dengan memakan makanan ringan sepanjang hari sehingga ketika malam hari tubuh akan mendapatkan cadangan energi dari lemak yang dikonsunsim siang hari.

2. Tidak berhenti memikirkan sesuatu

5 Masalah Umum Penyebab Susah Tidur dan Cara Mengatasinya 4

Ketika terbaring ditempat tidur terkadang terpintas beberapa masalah yang sedang kita hadapi atau secara tiba – tiba ada beberapa ide  yang muncul. Kemudian kamu tergiring untuk terus memikirkan masalah atau ide – ide tersebut. Jika kamu tidak berhenti memikirkan masalah atau ide – ide itu maka kamu akan lebih lama terjaga.

Cara mengatasinya adalah tuliskan semua masalah dan ide yang muncul tersebut pada sebuah kertas kemudian simpan kertas tersebut dengan baik. Setelah itu lakukan latihan pernapasan agar tubuh menjadi rileks dan anda akan cepat tertidur.

3. Terpapar oleh cahaya yang menyilaukan

5 Masalah Umum Penyebab Susah Tidur dan Cara Mengatasinya 5

Ketika sendang terbaring diranjang, kamu terpancing untuk sekedar mengecheck apakah ada telpon masuk atau pesan amsuk di ponsel. Kemudian matamu terpapar cahaya sialua dari ponsel. Paparan cahaya tersebut merangsang tubuhmu untuk bereaksi mengurangi hormon melatonin yang membantumu untuk tidur dengan nyenyak sehingga menggangu ritme sirkadianmu. Ritme sirkadian sendiri adalah jam internal yang mengatur proses penting dan fungsi tubuh.

Cara mengatasinya cukup dengan mematikan asal cahaya silau tersebut.  Jika cahaya itu muncul dari layar ponselmu maka cobalah mengecheck pesan masuk beberapa  waktu sebelum berbaring di tempat tidur. hal tersebut akan menjaga matamu tetap nyaman sebelum tidur.

4. Kamu mendengkur

5 Masalah Umum Penyebab Susah Tidur dan Cara Mengatasinya 6

Tiba – tiba seseorang membangunkanmu karena terganggu oleh suara bising yang keluar dari mulutmu. Efeknya kamu tidak bisa tidur dengan nyenyak dan kehilangan momen tidur yang dalam.

Cara mengatasinya adalah dengan mengubah posisi tidur, posisi tidur miring akan membantu mencegah mendengkur. Selain itu kamu dapat menggunakan nasal strip atau plester hidung untuk mencegah mengorok.

5. Pasangan anda mendengkur

5 Masalah Umum Penyebab Susah Tidur dan Cara Mengatasinya 7

Masalah yang terakhir ini terjadi jika hanya kamu memiliki pasangan, jika tidak maka abaikan saja masalah ini. Penelitan mengungkapkan bahwa tidur dengan pasangan yang mendengkur menyebabkan hilangnya satu jam waktu tidur dan mengalami sebuah sindrom yang disebut dengan “snoring spousal arousal syndrome”. Keadaan ini sangat merugikan Suatu hubungan.

Cara mengatasinya adalah dengan menyarankan pasanganmu untuk menggunakan nasal strip atau plester hidung. Jika pasanganmu keberatan menggukan alat tersebut maka kamu dapat memintanya untuk mengubah posisi tidur atau mendorongnya secara lembut ketika sedang mendengkur.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Sutikno Darwanto

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap