5 Minuman Sehat Untuk Balita, Dijamin Ketagihan!

5 Minuman Sehat Untuk Balita, Dijamin Ketagihan!

Biasanya dalam pemenuhan zat gizi untuk si kecil lebih banyak dipenuhi oleh hidangan utama. Ternyata minuman bisa juga loh memberi nilai tambah atau mengganti kekurangan zat gizi yang tidak terpenuhi oleh menu utama. Bahkan dari minuman sehat, tubuh mampu menjalankan metabolisme makanan dengan baik dan sempurna.

Resep minuman berikut ini dibuat dari bahan-bahan yang mudah didapat di pasaran. Cara membuatnyapun terbilang tidak sulit. Nantinya akan memancing kreativitas para bunda dalam membuat menu yang lebih variatif untuk buah hati. Yuk, simak resepnya!

1. Es batu buah

Halo! Siapa sih yang tidak suka minuman dingin? Minuman ini jika pernah membuatnya, sudah pasti jadi menu favorit keluarga. Karena rasanya enak dan segar. Dengan kandungan buah yang banyak, dijamin juga sehat. Satu porsinya mengandung 134 kalori.

Cara membuatnya juga tidak sulit. Pertama kita siapkan jus nanas, jus stroberi, kiwi dan kelapa muda. Masing-masing 400 mL. Lalu cetak dalam cetakan es batu favorit ananda. Di wadah lain siapkan kuah yang berisi campuran dari 700 mL air kelapa, 300 mL air jeruk dan 200 mL sirup melon. Jika es sudah membeku, bisa segera ditata di gelas lalu siram dengan kuahnya. Segar sekali!

Baca juga  10 Makanan Terbaik Untuk Balita Yang Mudah Disajikan

2. Smoothies Yo_Sang

Beberapa balita ada yang tidak terlalu suka pisang. Ini yang membuat bunda pusing, betul kan? Nah, menu ini cocok sekali agar mereka mau menyantap pisang tanpa gerakan tutup mulut lagi. Satu porsinya mengandung 159 kalori loh, wajib dicoba ya!

Caranya kita siapkan 250 mL jus nanas, 400 gram pisang ambon, 250 mL yogurt tawar, 300 mL susu cair, 3 sdm gula dan jangan lupa air secukupnya. Lalu masukkan semuanya ke dalam blender. Setelah halus, bisa dituang ke dalam gelas favorit ananda. Agar tambah cantik bisa dihias dengan buah di bibir gelas. Mudah bukan?

Baca juga  Bersihkan Detoksfikasi Hatimu Dengan 5 Minuman Ini

3. Es teh Vit C

Ketika suasana panas terik, si kecil pasti suka sekali minum teh manis dingin. Nah, berikut ini kita akan kreasikan teh yang biasa diminum agar mempunyai nilai gizi yang lebih baik. Yuk, kita coba!

Caranya siapkan minuman teh hijau 500mL. Lalu masukkan 50 mL jus jeruk, 50 mL jus tomat, 50 mL jus lemon dan 3 sdm sirup vanili. Supaya sajiannya tambah sehat dan cantik bisa ditambahkan 125 gram irisan stroberi dan buah kiwi. Tara, selamat menikmati!

4. Es buah susu

Semua orang suka es buah. Selain enak, kandungan gizinya juga bagus. Sekarang kita coba kreasikan dengan cara mengganti santan dengan susu. Pasti akan lebih lezat di lidah si kecil.

Baca juga  Bunda, Yuk Simak Tips Mengatasi Tantrum Pada Anak

Cara membuatnya mirip seperti es buah pada umumnya. Pertama rebus air dengan gula, daun pandan, daun jeruk purut hingga mendidih. Lalu diamkan. Setelah dingin masukkan semangka, melon, dan pepaya yang sudah dikeruk bulat. Jangan lupa tambahkan es, susu cair, krim dan biji selasih yang sudah direndam. Sekarang tinggal sajikan dalam mangkok cantik. Es buah susu siap dinikmati.

5. Jus tomat lemory

Buah hati bunda tidak suka tomat? Padahal tomat mempunyai kandungan gizi yang baik.  Minuman yang satu ini pasti membuat si kecil langsung jatuh hati dengan tomat. Apalagi satu porsinya mengandung 342 kalori loh. Untuk ananda yang berat badannya masih kurang bisa dicoba!

Pertama siapkan blender. Lalu masukkan 2 buah tomat, 200 gram nanas, 2 buah jeruk manis dan 3 jeruk lemon yang sudah diperas, 5 sdm gula pasir, 100 mL susu cair, 300 gram krim stroberi dan es batu secukupnya. Setelah halus, tinggal tuang kedalam gelas. Hmmm.. segar bukan?

Lima minuman diatas dijamin segar dan sehat. Ayo tunggu apa lagi? Segera belanja dan persiapkan bahan-bahannya. Supaya lebih seru, Bunda bisa mengolahnya bareng buah hati. Selamat mencoba!

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Niqi Carrera