5 Mitos Seputar Perawatan Kulit yang Banyak Dipercaya Orang


5 Mitos Seputar Perawatan Kulit yang Banyak Dipercaya Orang 1

Mengenai seputar dunia kecantikan, ternyata banyak yang tidak disadari bahwa beberapa kepercayaan mengenai perawatan kulit ternyata hanyalah mitos. Mitos-mitos tersebut dipercaya orang banyak namun faktanya hal tersebut ternyata hanya sebuah anggapan, bahkan memiliki fakta yang berbeda.

Untuk mengetahui kebenaran antara mitos dan fakta, simak penjelasan berikut mengenai mitos-mitos perawatan kulit yang banyak dipercaya orang.

1. Tidak perlu sunscreen jika sudah menggunakan riasan mengandung SPF

Pexels/Criativithy
Pexels/Criativithy

Meskipun kamu menggunakan riasan yang mengandung SPF dapat dipercaya membantu melindungi kulit, faktanya kamu masih perlu memakai sunscreen atau tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Hal tersebut dilansir menurut Skincancer.org.

Idealnya, kamu tetap harus mengenakan tabir surya setiap hari meski hari terik ataupun tidak. Dengan mengenakan sunscreen setiap hari, SPF akan berkerja melindungi kulit dari penuaan dini dan mencegah berbagai jenis kanker kulit.

2. Semakin tinggi SPF, bukan berarti semakin baik perlindungan terhadap kulit

Pexels/Moose Photos
Pexels/Moose Photos

Perlu kamu ketahui, ada tiga jenis sinar ultraviolet (UV) yaitu UVA, UVB, dan UVC. Sinar UVA dapat menembus kulit cukup dalam sehingga mampu mengubah pigmentasi menjadi cokelat. Sinar UVB dapat merusak DNA kulit yang menyebabkan penuaan, perubahan pigmen, dan tumor kanker. Sedangkan, sinar UVC diserap oleh atmosfer dan tidak sampai menggapai ke bumi.

SPF pada sunscreen lebih menawarkan kulit terlindung dari sinar UVB atau sengatan matahari. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk mengenakan sunscreen yang dapat melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB.

Carilah SPF minimal 15 beserta salah satu bahan seperti mexoryloxybenzone, atau avobenzone (Parsol 1789). Hal tersebut untuk melindungi kulit dari sinar UVA atau titanium dioksida, dilansir dari laman Web MD.

3. Krim wajah yang cocok akan membuat kulit tampak awet muda

Pexels/cottonbro
Pexels/cottonbro

Pernahkah kamu menemukan krim wajah yang mengklaim produk tersebut akan membuat kulitmu menjadi awet muda? Tentunya pernah bukan?

Ditulis dari laman Harvard Health Publishing, ada banyak krim wajah yang diklaim dapat membantu terlihat lebih muda atau memperlambat proses penuaan. Namun faktanya, krim wajah tidak bisa membuat kulit memperlambat proses penuaan.

Perlu diingat bahwa untuk mengurangi dan mencegah kerutan pada kulit adalah dengan menggunakan sunscreen dan tidak merokok.

4. Produk perawatan kulit bisa memiliki hasil yang sama dengan suntik kosmetik dokter

Pexels/cottonbro
Pexels/cottonbro

Faktanya, tidak ada produk perawatan kulit yang kamu temui di supermarket yang bekerja setara dengan suntik kosmetik resep dokter. Hal tersebut karena bahan-bahan pada produk tidak dapat mencapai area yang ditargetkan.

Sama sekali belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa produk perawatan kulit dapat bekerja dari jarak jauh seperti suntikan kosmetik atau laser, menurut laman Paula‚Äôs Choice Skincare.

5. Tidur mengenakan makeup tidak memiliki efek buruk

Pexels/Ketut Subianto
Pexels/Ketut Subianto

Setelah hari yang melelahkan, butuh perjuangan ekstra untuk menghapus riasan sebelum tidur. Namun, tidur dengan alas bedak, maskara, serta lipstik yang masih menempel di kulit adalah hal yang buruk.

Menurut laman Loreal Paris, kotoran dan minyak akan menumpuk di permukaan kulit saat kamu tertidur. Jika masih ada riasan pada kulit, hal tersebut akan membuat pori-pori tersumbat yang dapat menyebabkan jerawat.

Upayakan hapus riasan terlebih dahulu saat kamu ingin tidur. Ada micellar water yang bisa kamu bisa gunakan dengan mudah hanya dengan bantuan kapas tanpa dibilas.

Dari mitos-mitos di atas, manakah yang baru kamu ketahui? Semoga info ini membantumu ya!


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Ninda F

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap