5 Mitos Teknologi Yang Sering Dianggap Benar Ternyata Salah


5 Mitos Teknologi Yang Sering Dianggap Benar Ternyata Salah 1

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa teknologi adalah hal yang sering digunakan oleh manusia untuk mempermudah dalam melakukan sebuah pekerjaan. Teknologi merupakan sebuah temuan yang bisa membantu pekerjaan manusia lebih cepat, mudah dan teliti tentunya. Seiring berjalannya waktu, sudah banyak teknologi yang telah ditemukan dan digunakan sampai saat ini. Beberapa contoh teknologi yang sering digunakan dalam kehidupan sehari – hari manusia adalah komputer, smartphone, kamera, dan lain sebagainya.

Banyaknya teknologi yang bermunculan di jaman modern ini juga tidak lepas dari fakta – fakta menarik dibaliknya. Selain itu, banyak juga mitos yang beredar mengenai teknologi untuk saat ini. Seperti mitos tentang bahayanya sebuah teknologi, mitos tentang cara penggunaan teknologi yang salah, dan berbagai mitos teknologi lainnya.

Mitos – mitos teknologi seperti ini mungkin bagi sebagian orang dapat mengganggu aktifitas mereka karena percaya akan hal tersebut. Tetapi ada juga orang yang tidak memperdulikan mitos tersebut dan mengabaikannya. Lalu apa saja mitos – mitos mengenai teknologi tersebut ? apakah mitos tersebut benar, atau salah? Berikut ini mitos – mitos teknologi yang dianggap benar tetapi hal tersebut ternyata salah seperti di lansir dari Liputan6.com dan How Stuff Works.

1. Mengecas Ponsel Semalaman Dapat Merusak Baterai

5 Mitos Teknologi Yang Sering Dianggap Benar Ternyata Salah 3

Menurut mitos, saat mengecas ponsel semalaman dapat merusak kualitas baterai. Hal ini sebenarnya adalah tidak benar. Dengan perkembangan teknologi saat ini, kebanyakan smartphone sudah dibekali dengan teknologi canggih yang cukup cerdas untuk mencegah pengisian baterai secara berlebihan. Bukan karena mengecas semalaman yang mungkin bisa merusak baterai. Tetapi, baterai ponsel akan rusak karena memiliki masa bertahan atau siklus waktu dalam pemakaian tertentu. Biasanya baterai yang mulai rusak, dan muncul gejala seperti mudah cepat habis dayanya.

2. Sinar X Dibandara Dapat Menghapus File Pada Gadget

5 Mitos Teknologi Yang Sering Dianggap Benar Ternyata Salah 4

Sinar X yang ada di bandara dapat memperlihatkan benda – benda yang terdapat dalam tas atau koper. Kemudian banyak mitos yang beredar bahwa Sinar X bisa merusak file pada laptop dan smartphone karena terpapar sinar radiasi. Hal ini merupakan mitos dan sama sekali tidak benar adanya. Sinar X memang merupakan salah satu jenis energi elektromagnetik, yang dapat memberikan sinar radiasi pada perangkat elektronik. Tetapi hard drive dan kartu memori seperti flash disk tidak akan terpengaruh sinar radiasi yang dipancarkan oleh sinar X tersebut. Sinar X tidak bermuatan magnetis,dan perangkat pintar seperti laptop dan smartphone tidak memiliki bagian sensitif terhadap sinar X.

3. Kualitas Gambar Dipengaruhi Oleh Kamera Dengan MegaPixel Yang Besar

5 Mitos Teknologi Yang Sering Dianggap Benar Ternyata Salah 5

Fakta yang mengatakan bahwa megapixsel yang ada di kamera dapat menghasilkan gambar yang lebih baik. Megapixel yang tinggi pada kamera tentunya memang bisa lebih mempermudah cahaya untuk masuk ke sensor kamera yang akan menghasilkan warna dan kualitas gambar yang lebih baik. Tetapi kamera yang memiliki megapixel lebih besar sering kali memiliki efek sebaliknya karena memiliki ruang terbatas pada sensor kamera.

4. Mematikan Komputer Pada Malam Hari Dapat Membuat Kinerja Komputer Semakin Membaik

5 Mitos Teknologi Yang Sering Dianggap Benar Ternyata Salah 6

Hal ini juga merupakan mitos yang sering dipercaya oleh sebagian orang. Mungkin mitos ini berlaku saat jaman di mana komputer merupakan teknologi baru dan komputer yang menggunakan piranti lama. Hal itu karena komputer yang panas akan berbahaya jika dihidupkan terus menerus dan bisa merusak sistem hard drivenya. Tetapi ini berlaku hanya untuk komputer jaman dahulu. Untuk saat ini, komputer modern tidak lagi seperti itu. Komputer jaman modern saat ini sudah termasuk perangkat yang jauh lebih baik dan bisa diandalkan. Jika kamu bisa menggunakan komputer dalam seharian penuh, dan saat tidak menggunakannya lagi, kamu bisa membuat komputermu ke mode tidur.

5. Komputer Mac Tidak Dapat Terserang Virus

5 Mitos Teknologi Yang Sering Dianggap Benar Ternyata Salah 7

Mitos bahwa komputer dengan operasi berjenis Mac ini tidak akan terserang oleh virus mulai beredar ketika pasar komputer konsumen masih dalam masa pertumbuhan dan pengguna komputer Mac ini masih terbilang cukup sedikit dibandingkan dengan komputer berbasis Windows. Komputer dengan operasi Windows pada awal mulanya menguasai lebih dari 90 persen pangsa pasar, maka banyak juga hacker yang menargetkan sistem operasi Windows karena banyak penggunanya. Tetapi, sekarang komputer dengan operasi Mac juga sudah banyak digunakan di pasaran, sehingga saat ini juga banyak hacker yang mengincar sistem operasi Mac tersebut. Apapun sistem operasi yang kamu miliki pada komputermu, pasti bisa terkena virus dan malware.

Itulah beberapa mitos yang sebagian atau mungkin sudah banyak orang percaya dan yakini bahwa itu adalah hal yang benar. Tetapi, jangan mudah percaya oleh mitos – mitos yang selama kamu pergunakan teknologi dengan baik dan benar maka mitos tersebut tidaklah benar atau salah. Semoga bermanfaat !


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rendy Ng

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap