5 Mobil Paling Irit BBM Yang Harus Kamu Miliki

mobil hemat BBM

Saat membeli , pertimbangan konsumen kini tidak hanya terfokus pada harga, performa, fitur dan tampilan saja, tapi juga memasukkan unsur ramah lingkungan dengan memilih paling irit . Hal tersebut disebabkan karena harga yang terus melambung ditambah meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan.

Lantas apa saja yang dapat dimasukkan ke dalam kategori ramah lingkungan tersebut? Berikut 5 dengan konsumsi paling irit yang dijual di Indonesia.

Suzuki Celerio M/T

5 Mobil Paling Irit BBM Yang Harus Kamu Miliki

City car untuk segmen menengah ke bawah ini tidak hanya dibekali fitur lengkap yang dapat diadu dengan kelas menangah lainnya, tapi juga memiliki dapur pacu yang tangguh untuk berpacu di jalanan perkotaan. Kelebihan tersebut dimiliki Suzuki Celerio M/T karena memakai K10B berkapasitas 998 cc.

Dengan tenaga yang dihasilkan sebesar 68 PS pada 6000 rpm, 3 silinder yang dimiliki ini digerakkan sistem transmisi lima percepatan manual dan sudah sesuai dengan standar emisi internasional sehingga dapat digolongkan sebagai ramah lingkungan. Buktinya, untuk konsumsi 1 liter , Celerio M/T dapat menempuh perjalanan sampai dengan 27,9 km.

Baca juga  Cara Repaint Cat Mobil Sendiri Tanpa Bengkel

BMW 320d

5 Mobil Paling Irit BBM Yang Harus Kamu Miliki

Siapa sangka BMW 320d masuk dalam jajaran paling irit , karena sedan sport kompak ini terhitung mewah yang memiliki tenaga maksimum 184 hp pada 4.000 rpm dengan torsi puncak 380 Nm pada 1.750 – 2.750 rpm. Sehingga hanya dalam 7,4 detik mampu melaju dari kecepatan 0 menuju 100 km/jam.

Iritnya penggunaan dengan tanpa mempengaruhi kecepatan disebabkan karena penggunaan teknologi mutakhir Advanced Diesel serta fitur BMW TwinPower Turbo Diesel yang memadukan turbocharger dengan variable turbine geometry serta injeksi langsung Common Rail pada empat siliner 2.0. Lewat teknologi tersebut konsumsi BMW 320d mencapai 22,7 km/liter.

Renault Duster

5 Mobil Paling Irit BBM Yang Harus Kamu Miliki

Mobil SUV dengan penggerak 4 roda ini tidak hanya memiliki desain yang menawan, tapi juga dengan konsumsi yang irit lewat penggunaan Diesel 4 silinder berkapasitas 1.461 cc yang mampu menempuh perjalanan hingga 24 km untuk 1 liter .

Baca juga  5 Tips Membeli Mobil Baru atau Bekas

Menariknya, iritnya penggunaan tersebut tidak mempengaruhi performa yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 110 hp pada 4.000 rpm dengan torsi 245 Nm. Sebagaimana mobil Eropa pada umumnya, Renault Duster juga menghadirkan kenyamanan dalam berkendara.

Honda Brio Satya

5 Mobil Paling Irit BBM Yang Harus Kamu Miliki

Tidak berlebihan jika Honda Brio Satya masuk dalam jajaran , karena versi murah dari Honda Brio ini merupakan mobil kategori LCGC (Low Cost Green Car). Konsumsi dari mobil berdimensi kecil ini mencapai 14 km/liter untuk penggunaan dalam kota dan mampu melaju hingga 22 km/liter untuk pemakaian luar kota.

Penggunaan yang irit berkat 4 silindernya yang berkapasitas 1.198 cc yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 88 hp pada torsi 109 Nm. Iritnya penggunaan itulah yang menjadikan mobil berkapasitas 5 penumpang ini menjadi salah satu mobil paling laris di Indonesia.

Baca juga  Di Tengah Corona Ini, Aman Nggak Berkendara ?

Honda Civic Turbo

5 Mobil Paling Irit BBM Yang Harus Kamu Miliki

Sedan mewah besutan Honda ini dikatakan irit karena dapat menempuh 14 km/liter untuk perjalanan dalam kota dan 20 km/liter untuk perjalanan luar kota. Iritnya penggunaan karena Honda Civic Turbo menyematkan teknologi CVT dengan Earth Dreams Technology.

Melalui teknologi tersebut, meski menggunakan 4 silinder berkapasitas 1.500 cc namun memiliki akselerasi yang dapat diadu dengan mobil yang kapasitas mesinnya berada di atasnya. Selain itu, penggunaan teknologi tersebut juga membuat pemakaian bahan bakar dapat ditekan.

Itulah 5 yang dijual di Indonesia. Mobil tersebut bisa dijadikan pilihan bagi mereka yang menyadari pentingnya menjaga keberlangsungan lewat penggunaan yang ramah lingkungan. (*)

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

aguskurniawan