5 Musium Anime dan Manga yang Bisa Kamu Kunjungi Saat ke Jepang


5 Musium Anime dan Manga yang Bisa Kamu Kunjungi Saat ke Jepang 1

Jika kamu gemar menonton anime ataupun membaca manga, dan berencana untuk liburan ke Jepang di waktu mendatang, tentu ada beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi untuk memenuhi hasrat ke-otaku-an mu tersebut dengan beli pernak-pernik serial favoritmu di Akihabara misalnya.

Namun saat ke Jepang, penulis juga merekomendasikan kamu untuk tidak lupa mengunjungi musium-musium Anime ataupun Manga. Selain bisa beli pernak-pernik resmi, musium-musium tersebut juga tentunya berikan eksibisi dan edukasi sejarah tentang suatu anime. Berikut 5 musium anime dan manga yang harus kamu kunjungi saat ke Jepang.

Ghibli Museum

5 Musium Anime dan Manga yang Bisa Kamu Kunjungi Saat ke Jepang 3

Jika berbicara soal berkunjung ke musium Anime, maka Ghibli Museum adalah destinasi yang jangan sampai terlewatkan. Dalam musium tersebut, pengunjung akan disuguhi bagaimana rasanya masuk ke dunia anime-anime yang dibuat oleh Studio Ghibli, melihat patung-patung life-sized seperti Totoro, tidak ketinggalan mengunjungi ruang baca yang penuh dengan buku-buku yang direkomendasikan langsung oleh sang kreator, Hayao Miyazaki. Tidak ketinggalan, terdapat kafe yang menyediakan tema makanan dan minuman ala semesta Ghibli.

Fujiko F. Fujio Museum

5 Musium Anime dan Manga yang Bisa Kamu Kunjungi Saat ke Jepang 4

Siapa sih yang nggak kenal nama Fujiko F. Fujio? Bila masa kecilmu dipenuhi dengan membaca atau menonton Doraemon, maka harus banget mengunjungi musium satu ini jika ingin bernostalgia. Selain penuh dengan eksibisi dan edukasi tentang karya-karya milik almarhum, terdapat juga kafe dengan tema makanan maupun minuman yang terinspirasi dari semesta Doraemon.

Kyoto International Manga Museum

5 Musium Anime dan Manga yang Bisa Kamu Kunjungi Saat ke Jepang 5

Buat kamu pecinta manga, maka Kyoto International Manga Museum adalah destinasi yang harus kamu kunjungi. Terdapat lebih dari 300.000 manga yang bisa kamu lihat ataupun baca di tempat. Pihak musium bahkan mendorong para pengunjung untuk membaca manga tersebut di halaman gedung mereka yang rindang. Jika kamu saat datang di waktu yang tepat, kamu mungkin bisa menyaksikan workshop pembuatan Manga dari para kreator-kreator mumpuni dalam industri manga.

Bandai Museum

5 Musium Anime dan Manga yang Bisa Kamu Kunjungi Saat ke Jepang 6

Buat kamu yang menyukai Gundam, maka harus banget mengunjungi Bandai Museum. Selain menyaksikan berbagai eksibisi Gundam yang keren, pengunjung juga bisa mencoba bagaimana rasanya duduk di kokpit sebuah Gundam hingga menembakkan senjata Gundam. Terdapat juga Gundam Cafe dengan tema makanan dan minuman yang terinspirasi dari semesta Gundam, serta Gundam Base buat kamu yang ingin membeli Gundam rakitan atau merch lainnya. Walau memang sebagian besar fokus pada Gundam, Bandai Museum juga hadirkan eksibisi Ultraman, Godzilla dan Super Sentai.

Suginami Animation Museum

5 Musium Anime dan Manga yang Bisa Kamu Kunjungi Saat ke Jepang 7

Jika Kyoto Internasional Manga Museum fokus pada sejarah perkembangan manga, Suginami Animation Museum fokus pada sejarah pengembangan anime. Pada musium satu ini, kamu bisa melihat dan belajar bagaimana Anime dibuat serta teknologi-teknologi yang dipakainya dari tahun ke tahun. Pengunjung juga dapat menonton anime-anime klasik di theater khusus, hingga mencoba dubbing seperti seorang Voice Actor.

Itulah 5 musium anime dan manga yang bisa kamu kunjungi saat liburan ke Jepang. Apakah kamu sudah pernah mengunjungi musium-musium tersebut? Atau kamu tahu musium-musium anime atau manga lainnya yang juga nggak kalah menarik untuk dikunjungi? Kasih tau kami ya!


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Moonlight

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap