5 New Normal yang Harus Dihadapi Paska Pandemik Covid-19

5 New Normal yang Harus Dihadapi Paska Pandemik Covid-19

Dunia terhenyak, seperti anak kucing yang kaget gara-gara dengar suara petasan. Apa sebab? Apa lagi kalau bukan karena , yang sukses bikin berbagai tatanan di planet bumi ini berubah.

Mulai dari kerja di kantor, harus ngantor di rumah. Biasanya bisa makan soto di warung depan taman kota, sekarang musti pesan via online. Belum lagi kita dipaksa untuk lebih peduli pada kesehatan.

Nah, nantinya perubahan-perubahan ini akan makin sering kita alami. Dalam bahasa kerennya, ‘’, atau kenormalan baru yang muncul ketika dan paska pandemik .

Lantas apa saja yang akan kita alami? Berikut 5 perubahaan yang bakal terjadi karena wabah .

Masker

5 New Normal yang Harus Dihadapi Paska Pandemik Covid-19

Kalau kamu sering lihat film , maka penggunaan masker bukanlah hal yang baru. Ya, di negeri Doraemon itu, warganya memang sudah sejak lama akrab dengan masker. Mulai dari ketika bekerja di kantor, menunggu di peron kereta hingga bersepeda di jalanan.

Baca juga  5 Anime yang Sayangnya Harus Ditunda Karena Pandemi Corona

Nah, seperti itulah gambaran dari yang akan kita alami. Bukan hanya di Indonesia, hampir semua pemerintah di dunia mewajibkan penduduknya menggunakan masker.

Mengingat hal ini, sudah sebaiknya kamu siapkan beberapa masker untuk rutinitas harian. Tetapi bukan menimbun ya, nanti dosa. Kamu bisa pakai masker kain non-medis yang bisa dicuci lagi. Atau kamu bisa belajar bikin masker dari sekarang. Siapa tahu kamu berbakat dan banyak yang suka produk kamu.

 

E-money

Benar, bahkan sebelum datang dan menyerang penduduk dunia, peran e-money atau uang elektronik sudah cukup terasa.

Hal ini tidak terlepas dari perubahan gaya hidup masyarakat, khususnya anak muda dan kaum menengah ke atas yang lebih suka menggunakan transaksi keuangan elektronik ketimbang konvensional.

Ada beberapa keuntungan dari penggunaan e-money, seperti : lebih praktis, pencatatan arus keluar juga lebih terlihat, dan tentu saja meminimalisir dampak dari .

Baca juga  PPKM Ala Kapel Twitter

 

Serba Online

Bukan hanya aktivitas jual beli saja, semacam membeli makanan atau baju, akan banyak kegiatan yang mengalami digitalisasi.

Tentu saja yang paling terlihat sekarang adalah pembelajaran online. Akibat , anak harus menahan rindu bertemu gurunya. Walau begitu mereka tetap bisa belajar, salah satunya dengan memanfaatkan aplikasi zoom untuk pembelajaran online.

Selain itu ternyata dunia kerja juga sudah mulai menyesuaikan diri dengan cepat, seperti wawancara kerja jarak jauh, Work From Home, hingga rapat tanpa tatap muka. Semua serba online.

Oleh karena itu kalau kamu belum terbiasa, segeralah beradaptasi. Jangan sampai nanti dimarahi bos gara-gara tidak tahu cara mengunggah file ke Google Drive misalnya.

 

Ketergantungan Internet

Dua poin terakhir di atas memang sangat terkait dengan internet. Bahkan rasa-rasanya tidak akan ada transaksi online, school from home ataupun work from home tanpa internet.

Baca juga  Kenapa #dirumahaja Bisa Menghentikan Wabah Corona

Ketergantungan manusia pada internet diprediksi akan makin besar seiring dengan merebaknya , bahkan nanti ketika pandemik ini berakhir.

Jadi jangan kaget kalau orang akan lebih mudah marah-marah bukan karena pacar hilang, tetapi kuota internet menipis.

 

Pola

Masih terkait internet, bukan berarti kamu jadi kaum rebahan yang nonton youtube berjam-jam, lanjut liat drama plus ngobrol di grup. Justru dengan adanya ini, kita harus makin peduli pada pola .

Evaluasi jadwal harianmu. Beri porsi seimbang antara bekerja, olahraga dan istirahat. Atur menu makanan agar tetap membuat tubuh fit. Hindari berbagai kebiasaan buruk yang justru dapat merusak kesehatan.

Itulah 5 yang bakal kita hadapi sebentar lagi. Sudah siapkah kamu? Segera persiapkan dirimu agar tidak tergagap-gagap menghadapi berbagai hal baru yang akan terjadi.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Koala Merah

   

Seorang penulis lepas yang suka fotografi, koding dan seni kontemporer. Tertarik dengan isu sosial, kreativitas dan teknologi.