5 Objek Wisata di Papua Barat yang Memikat

5 Objek Wisata di Papua Barat yang Memikat

Propinsi yang beribukota di Manokwari ini, selain memiliki sumber daya alam yang melimpah dalam bentuk hasil tambang, hutan dan perkebunan, serta budidaya rumput laut dan mutiara yang menjadi produk perdagangan pokoknya, juga dianugerahi keindahan alam yang luar biasa.

Itu sebabnya, industri pariwisata cukup memiliki potensi untuk dikembangkan di sini, dan dari berbagai tempat wisata di Barat yang ada, beberapa spot yang memiliki nilai jual tinggi, diantaranya adalah:

1. Taman Wisata Alam Meja

5 Objek Wisata di Papua Barat yang Memikat

Taman Wisata Alam yang berada di pusat Kota Manokwari ini memiliki koleksi beragam flora hutan tropis dengan bentuk-bentuk yang unik, diantaranya adalah pepohonan yang jenisnya ratusan, perdu yang jenisnya puluhan, belasan jenis anggrek, beberapa jenis rotan dan palem, serta berbagai jenis tanaman herbal.

Baca juga  Suka Tantangan? 3 Gunung Papua Ini Layak untuk Didaki

Indahnya pemandangan yang ada Taman Wisata Alam ini sangat menarik untuk dijadikan tempat beraktifitas trekking, , atau hanya sekedar memanjakan mata.

2. Situs Purbakala Tapurarang

5 Objek Wisata di Papua Barat yang Memikat

Situs Purbakala ini berada di tebing-tebing yang ada di Andamata, Forir, Fior, Goras dan Darembang yang lokasinya di Distrik Kokas, Kabupaten Fakfak. Bentuk dari situs yang umurnya ratusan tahun itu adalah lukisan dengan warna menyerupai warna darah manusia.

Uniknya, meski dilukis dengan bahan pewarna alami, lukisan yang umurnya berabad-abad tersebut masih bisa dilihat dengan sangat jelas.

3. Desa Wisata Sawundarek

5 Objek Wisata di Papua Barat yang Memikat

Tempat wisata di Barat lainnya yang memiliki nilai jual tinggi adalah Desa Wisata  Sawundarek,  yang berada di Kabupaten Mansar Meos. Desa ini dihuni 46 keluarga yang tinggal di rumah-rumah tradisional yang beratapkan jerami.

Baca juga  Kepulauan Raja Ampat Papua Barat, Amazon Lautan Dunia yang Mempesona

Kaum perempuan di sini adalah pengrajin tas dan topi yang berbahan baku pandan laut. Selain tradisi masyarakatnya yang unik, desa ini juga memiliki panorama yang menarik berupa karang-karang indah di kawasan pantai, serta danau asin local yang oleh warga setempat disebut Yenauyau.

4. Teluk Triton

5 Objek Wisata di Papua Barat yang Memikat

Banyak yang bisa dinikmati di Teluk Triton. Pertama, pemandangan bawah airnya yang memukau, karena memiliki 471 jenis karang yang menjadi tempat hidup 959 jenis ikan.

Di perairan Kampung Lobo yang menjadi bagian dari teluk ini, wisatawan bisa menyaksikan mamalia-mamalia besar yang sedang asyik bermain tanpa merasa terganggu dengan kehadiran para nelayan, karena penduduk setempat menganggap Ikan Paus adalah keluarga, bahkan penyelamat mereka saat berada di tengah laut.

Kedua, di kawasan ini, tepatnya di dinding-dinding di daerah Maimai dapat dijumpai lukisan zaman prasejarah sepanjang 1 km. Lukisan etnik berbentuk tengkorak, telapak tangan, serta binatang yang usianya sudah berabad-abad tersebut masih dapat dilihat dengan jelas meski menggunakan pewarna alami.

Baca juga  Jalan Musyawarah Sebagai Solusi Konflik Papua

5. Desa Wisata Arborek

5 Objek Wisata di Papua Barat yang Memikat

Jika Anda ingin mengetahui pembuatan tas Noken yang diakui UNESCO sebagai warisan kebudayaan dunia, datanglah ke Desa Wisata Arborek. Di sini kaum wanitanya adalah para pengrajin yang memproduksi barang-barang kerajinan dari daun pandan laut.

Selain masyarakatnya yang ramah, Desa Arborek juga dibalut dengan keindahan alam, baik di wilayah daratan maupun bawah airnya.

Itulah 5tempat wisata di Barat yang memiliki nilai jual tinggi, tentunya setelah dan Taman Nasional Teluk Cendrawasih yang namanya sudah mendunia. (*)

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

aguskurniawan