5 Pelajaran Berharga dari Drama My Mister tentang Realita Kehidupan

5 Pelajaran Berharga dari Drama My Mister tentang Realita Kehidupan 1

Hai haii bagi kalian para k-drama lovers, tentunya sudah tidak asing lagi dengan drama yang berjudul “My Mister” ini, atau dalam versi korea diberi judul “My Ajusshi”. Drama My Mister ditayangkan pada siaran televisi tvN dan berjumlah 16 episode. Dibintangi oleh IU dan Lee Sun Kyun sebagai pemeran utama, Kim Won Suk sebagai sutradara, dan Park Hae Young sebagai penulis naskah membuat para pecinta k-drama semakin tidak sabar untuk menikmati karya ini.

Alur cerita yang unik dan menghadirkan banyak sudut pandang yang tidak biasa, membuat drama My Mister memiliki banyak nilai yang akan membuat kita menjadi mengerti arti kehidupan yang sebenarnya. Berikut nilai yang bisa kita ambil dari drama My Mister yang telah penulis rangkum :

1. Banyak Manusia Baik, Tapi Tidak Semua Manusia Bisa Tulus

5 Pelajaran Berharga dari Drama My Mister tentang Realita Kehidupan 3

Sudah menjadi kodrat bahwa sebenarnya manusia memiliki sifat baik, sejahat apapun dirinya dapat terlihat. Ungkapan bahwa “manusia itu abu-abu” memang benar adanya. Sejahat apapun dalam bertindak, tidak bisa disangkal pasti memiliki rasa bersalah walaupun sekecil apapun. Tetapi, pada kenyataannya tidak semua manusia bisa tulus dan tidak mengharapkan imbalan ketika berbuat baik. Terkadang, manusia berbuat baik kepada orang lain pasti mengharapkan suatu imbalan, ingin terlihat baik dimata masyarakat, ataupun berbuat baik untuk melegakan hati saja.

Hal ini diungkapkan oleh Lee Ji An (IU) kepada Park Dong Hoon (Lee Sun Kyun), bahwa dirinya bukanlah orang pertama yang mencoba untuk menolong Ji An agar dapat hidup lebih baik. Sebaik apapun orang-orang yang telah menolongnya Ji An berkata bahwa mereka melakukan nya hanya maksimal sebanyak 4 kali. Setelah itu, mereka akan pergi meninggalkan Ji An karena merasa sudah menjadi orang baik yang mencoba untuk  seseorang yang membutuhkan. Tidak peduli apakah pertolongan yang diberikan benar-benar bermanfaat bagi Ji An atau tidak.

2. Keluarga Adalah Harta Paling Berharga, Jaga Sebisa Mungkin Selagi Masih Ada

5 Pelajaran Berharga dari Drama My Mister tentang Realita Kehidupan 4

Dalam drama My Mister, kita bisa tahu bahwa Ji An yang hanya memiliki seorang nenek sebagai satu-satunya anggota keluarga sangatlah telaten dalam mengurus neneknya yang sedang sakit-sakitan dan tuna rungu. Walaupun nenek Ji An tidak bisa apa-apa, tetapi Ji An selalu bersyukur atas masih hadirnya sosok nenek yang memberikan kasih sayang kepadanya. Bahkan, Ji An selalu berusaha untuk tersenyum agar membuat neneknya tidak merasa khawatir terhadapnya.

5 Pelajaran Berharga dari Drama My Mister tentang Realita Kehidupan 5

Hal ini pun dibuktikan pula oleh Dong Hoon, dimana ia yang senantiasa menganggap kedua saudara dan Ibunya sangat berharga, walaupun kedua saudaranya, yaitu Park Sang Hoon (Park Ho San) dan Park Ki Hoon (Song Sae Byeok) sering membebani dalam hal finansial. Dong Hoon selalu menyempatkan waktu ditengah kesibukannya agar dapat berkumpul bersama saudara-saudara dan Ibunya.

3. Pendidikan dan Cakap dalam Berkomunikasi Menjadi Kunci untuk Mendapatkan Kehidupan yang Lebih Baik

5 Pelajaran Berharga dari Drama My Mister tentang Realita Kehidupan 6

Banyak orang diluar sana yang tidak seberuntung orang lain dalam hal mengenyam pendidikan yang layak dan sampai mendapatkan gelar. Di drama My Mister, kita disajikan bahwa keberuntungan terkadang tidak memihak pada setiap orang dalam waktu yang tepat. Ji An sebagai seorang gadis yang memiliki hidup berat sehingga tumbuh menjadi gadi cerdas, cuek, dan dingin tidak serta merta bisa merasakan bangku pendidikan yang layak walaupun ia sangat cerdas dan bisa melakukan apa saja. Dari tuntutan situasi dan kondisi, Ji An rela melakukan pekerjaan apa saja dan bekerja sangat keras agar mendapatkan beberapa uang untuk menyambung hidupnya.

Ketika Dong Hoon hadir dalam hidupnya dan memberikan beberapa nasihat akan pentingnya mendapatkan gelar pendidikan, Ji An mulai sedikit demi sedikit tersadar dan mau untuk melanjutkan pendidikan. Sehingga, dapat kita lihat pada scene terakhir drama ini bahwa Ji An yang sudah menamatkan pendidikan dapat sukses dan bahagia dengan kehidupan barunya.

4. Kisah Cinta yang Tidak Umum

5 Pelajaran Berharga dari Drama My Mister tentang Realita Kehidupan 7

Pada drama ini, kita disajikan beberapa kehidupan percintaan yang rumit. Mulai dari cinta yang terpaut beda usia cukup jauh, perselingkuhan, hingga perceraian. Kisah cinta rumit yang terpaut beda usia yang cukup jauh dialami oleh Dong Hoon dan Ji Ah, dimana Dong Hoon merupakan pria 40-an tahun yang sudah memiliki istri dan anak, sedangkan Ji An adalah gadis remaja awal 20 tahun. Perhatian yang semula diberikan Dong Hoon kepada Ji Ah atas dasar kemanusiaan, seiring waktu menjadi sulit didefinisikan apakah memang benar perasaan cinta.

Ataukah, hanya sekedar Dong Hoon yang menganggap Ji Ah sebagai anak sehingga sangat melindunginya, dan Ji Ah yang menganggap Dong Hoon menjadi sosok ayah yang sudah lama dirindukannya. Kita sebagai penonton akan dibuat berfikir kembali bagaimana perasaan sebenarnya yang dimiliki oleh para tokoh, dengan sudut pandang yang unik dan menarik.

Perselingkuhan dan perceraian dihadirkan pula dalam drama ini. Dimana Kang Yoon Hee (Lee Ji Ah) yang berstatus sebagai istri Dong Hoon berselingkuh dengan Do Joon Young (Kim Yeong Min), yang notabene adalah atasan Dong Hoon pada saat di kantor. Hal ini menjadi suatu polemik karena Joon Young dan Dong Hoon pun memiliki latar belakang yang tidak mengenakan sejak menjadi mahasiswa pada kampus yang sama.

5. Easy Come, Easy Go

5 Pelajaran Berharga dari Drama My Mister tentang Realita Kehidupan 8

Joon Young yang notabene adalah adik tingkat dari Dong Hoon pada saat mahasiswa, dengan tiba-tiba menjadi CEO pada tempat Dong Hoon bekerja. Tetapi, Dong Hoon mendapatkan jabatan tersebut bukan atas dasar benar-benar bekerja keras, melainkan dibantu oleh Direktur Yoon Sang Tae (Jung Jae Sung) dan Direktur Jung Chang Mo (Shin Dam Soo), serta bersikap baik di depan Presiden Jang Hoe Jang (Shin Goo) agar Joon Young diberi kepercayaan untuk menempati kursi CEO.

Di sisi lain, Dong Hoon yang sudah menjadi insinyur di perusahaan tempat ia bekerja selama bertahun-tahun, dan berkompeten dalam bidangnya hanya menjadi Manajer dalam tim.

Tetapi, dalam ending dari drama, kita dapat menyaksikan bahwa Joon Young akan kehilangan jabatannya serta mengalami penyelidikan polisi atas kasus kriminal dengan dasar mendapatkan jabatan CEO yang selama ini ia inginkan. Sementara itu, Dong Hoon naik jabatan menjadi seorang Direktur dan berhasil membongkar semua kelakuan busuk Joon Young dengan bantuan berupa bukti-bukti yang diberi oleh Ji An.

Yapss, itu tadi lima pelajaran berharga yang bisa kita ambil dari drama My Mister. Inti dari semuanya adalah, bila kita niat dan mau bekerja keras terhadap apa yang kita inginkan, niscaya akan selalu ada jalan untuk mendapatkannya. Saling menolong dan saling menghargai sesama pun menjadi hal yang penting, karena kebaikan yang kita berikan akan selalu kembali kepada kita pula disaat yang tepat.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Putri Ay