5 Pelajaran Hidup dari Film Korea Samjin Company English Class, yang Penuh Makna

5 Pelajaran Hidup dari Film Korea Samjin Company English Class, yang Penuh Makna 1

Film yang dibintangi oleh Go Ah Sung, Esom dan Park Hye Su ini memiliki latar di tahun 90’an, maka tak heran, kita akan disuguhi suasana era 90’an seperti gaya rambut, cara berpakaian, dan lain-lainnya. Bercerita tentang tiga orang karyawati perusahaan Samjin yakni Lee Ja Young, Jung Yoo Na, dan Shim Bo Ram. Karena mereka hanya lulusan SMA jadi pekerjaan mereka tak jauh-jauh dari membuat kopi, membersihkan ruangan kantor, mempersiapkan dokumen sampai menyiapkan keperluan pribadi karyawan lain yang secara akademik lebih tinggi.

Mereka mengikuti kursus Bahasa Inggris agar mendapat promosi jabatan di perusahaan agar bisa setara dengan karyawan lain yang memiliki pendidikan tinggi, asalkan memiliki nilai TOEIC 600. Namun di sela-sela mereka bekerja dan belajar Bahasa Inggris, mereka mengetahui bahwa perusahaan tempatnya bekerja memanipulasi hasil uji laboratorium ketika ada kebocoran phenol yang berdampak pada warga desa.

Karena mereka merasa kasihan pada warga desa atas dampak yang disebabkan oleh perusahaannya, mereka mencoba untuk menyelidiki dalang dibalik kebocoran phenol tersebut. Nah, di bawah ini ada 5 pelajaran hidup yang bisa diambil dari film Samjin Company English Class yang penuh makna.

1. Pentingnya kita dalam mencintai pekerjaan, agar kita bisa melakukan pekerjaan dengan sepenuh hati dan penuh dedikasi pada perusahaan

cinemags
cinemags

Ja Young, Yoo Na dan Bo Ram bekerja di Samjin Company di divisi yang berbeda, meskipun pekerjaan mereka tidak jauh-jauh dari hal-hal remeh, seperti membuat kopi, membersihkan ruangan kantor, mempersiapkan dokumen untuk karyawan lain namun mereka senang bekerja di perusahaan tersebut. Ketika Ja Young menemukan sungai yang terkontaminasi phenol dari perusahaannya dan hal itu berdampak buruk bagi warga desa. Ja Young mengutarakan apa yang dilihatnya pada atasannya tersebut agar perusahaannya bisa bertanggung jawab dengan kejadian tersebut.

2. Meskipun hanya lulusan SMA, namun kita juga harus bersemangat untuk mengasah skill kita agar dapat bersaing di dunia kerja

themoviebeat
themoviebeat

Ja Young, Yoo Na dan Bo Ram merupakan lulusan SMA, karena pendidikannya itulah mereka dipekerjakan sebagai ‘asisten’ di perusahaannya tersebut, namun mereka tidak menyerah, mereka mengasah skillnya dengan belajar bahasa inggris beserta pegawai magang lainnya. Ketika perusahaan mereka memberikan kesempatan pada para pegawai magang untuk naik jabatan menjadi pegawai tetap asalkan bisa menguasai bahasa inggris dengan nilai TOEIC 600.

3. Senioritas mungkin akan selalu ada di dunia kerja, namun kita harus berani melawannya karena kita juga memiliki hak untuk dapat bekerja dengan baik tanpa intimidasi dari siapapun

hancinema
hancinema

Terkadang dalam dunia kerja, kerap kali dihadapkan dengan berbagai macam senioritas dari rekan sekerja yang membuat kita tidak betah. Sama seperti yang dialami oleh Ja Young, Yoo Na dan Bo Ram, mereka mendapatkan intimidasi dari rekan kerjanya yang hanya ingin mendapatkan keuntungan dari mereka. Yoo Na misalnya, dia sebenarnya sangat kompeten dan memiliki ide-ide yang cemerlang, namun rekan sekerjanya yang iri kerap kali memanfaatkan Yoo Na.

4. Kebenaran harus kita gaungkan meskipun itu pahit

morganawyong
morganawyong

Ketika Ja Young melihat ada ketidakberesan mengenai bukti-bukti yang dipalsukan oleh pihak perusahaannya tersebut, Ja Young langsung mencari tahu dibantu oleh Yoo Na dan Bo Ram dalam menyelidiki kadar phenol yang mencemari  sungai dan berakibat buruk bagi kelangsungan hidup warga di desa tersebut. Meskipun pada kenyataannya bahwa kebenaran itu pahit, namun hal itu harus tetap kita gaungkan, karena kebenaran itu menyangkut orang banyak.

5. Kesuksesan bisa didapatkan dengan kerja keras dan penuh tanggung jawab

5 Pelajaran Hidup dari Film Korea Samjin Company English Class, yang Penuh Makna 3

Ja Young, Yoo Na dan Bo Ram dalam berkarir di perusahaan Samjin, banyak melewati hal-hal yang sulit selama bertahun-tahun, namun mereka tetap gigih dan pantang menyerah dalam mengejar karir yang mereka impikan. Sampai pada akhirnya mereka sukses sebagai wanita karir yang berani dan tangguh.

Nah, itu dia kelima pelajaran hidup yang bisa diambil dari film Korea Samjin Company English Class, semoga bermanfaat.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.