5 Penyakit Susah Tidur Yang Akan Kamu Alami, Jangan Sering Begadang ya


5 Penyakit Susah Tidur Yang Akan Kamu Alami, Jangan Sering Begadang ya 1

Mungkin terkadang kita akan dipaksa untuk harus bekerja lembur atau melakukan suatu kegiatan yang harus memaksakan mata untuk terbuka sepanjang malam. Ada juga yang setiap malamnya mengalami susah tidur atau biasa yang kita sebut insomnia karena beberapa hal. Menurut riset yang ada, mengalami susah tidur atau insomnia akan menimbulkan beberapa penyakit dan jika terus – menerus dibiarkan maka itu akan bisa menjadi penyakit yang mematikan. Lalu apa saja penyakitnya ? Berikut 5 penyakit yang akan kamu alami jika kurang tidur.

1. Serangan Jantung

5 Penyakit Susah Tidur Yang Akan Kamu Alami, Jangan Sering Begadang ya 3

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan mengatakan bahwa mereka yang tidurnya teratur atau memiliki kualitas tidur yang sangat baik akan memiliki risiko lebih rendah untuk terkena penyakit serangan jantung. Lalu mereka yang tidurnya kurang dari 6 jam akan memiliki 27 persen risiko terkena penyakit atherosclerosis atau pengerasan pada pembuluh darah. Hal ini akan menyebabkan terjadinya penyakit seperti gagal jantung, stroke, dan aneurisma. Karena itu, mulai dari sekarang perbanyak waktu istirahatmu ya.

2. Diabetes

5 Penyakit Susah Tidur Yang Akan Kamu Alami, Jangan Sering Begadang ya 4

Menurut studi yang dilakukan terhadap 800 orang di Swedia sejak pada tahun 1993 menunjukkan bahwa mereka yang mengalami susah tidur akan mendapatkan risiko 200 persen terkena penyakit serangan jantung dan terjadinya pengerasan pada pembuluh darah. Hasil ini didapatkan dari mereka yang masih hidup setelah 20 tahun lamanya, tidur dengan kondisi kurang dari lima jam. Risiko tersebut juga setara dengan mereka yang merokok atau terkena diabetes.

3. Obesitas

5 Penyakit Susah Tidur Yang Akan Kamu Alami, Jangan Sering Begadang ya 5

Biasanya mereka yang mengalami susah tidur akan mengalami penurun berat badan secara drastis. Tapi tahukah kamu, hal ini justru bisa menjadi sebaliknya yaitu naiknya berat badan hingga pada tahap obesitas. Hal ini bisa terjadi karena adanya penumpukan asam lemak yang tertumpuk akibat tidak tidur dan menyebabkan asam amino yang seharusnya berubah menjadi otot saat beristirahat justru menjadi lemak yang menumpuk di tubuh. Selain itu, kurangnya tidur akan menyebabkan efek rasa lapar karena energi yang tidak terisi secara penuh akibat kurangnya waktu untuk tidur, faktor ini juga yang menyebabkan obesitas terjadi.

4. Terjadi Peradangan Yang Lebih Parah

5 Penyakit Susah Tidur Yang Akan Kamu Alami, Jangan Sering Begadang ya 6

Bagi kamu yang menderita penyakit seperti asma, radang sendi, serta penyakit yang berhubungan dengan jantung, hal itu akan menjadi lebih parah ketika kamu mengalami kurang tidur. Tidur juga sebenarnya dapat membuat sel dalam tubuh kita yang dimana sel tersebut bekerja untuk memperbaiki diri untuk secara terus – menerus dapat mengaktifkan fungsi – fungsi di dalamnya. Karena itu, kurangnya tidur akan mengurangi kemampuan sel untuk melawan peradangan tersebut.

5. Risiko Terkena Penyakit Kanker

5 Penyakit Susah Tidur Yang Akan Kamu Alami, Jangan Sering Begadang ya 7

Dan yang terakhir adalah penyakit kanker. Mungkin terdengar mustahil bahwa mengalami susah tidur akan terkena penyakit mematikan seperti ini. Tetapi, menurut sebuah penelitian yang dilakukan terhadap beberapa suster yang bekerja dengan shift malam bahwa mereka memiliki risiko lebih besar untuk terkena kanker payudara ketimbang dengan mereka yang bekerja pada shift siang. Hal ini disebabkan karena cahaya di malam hari ternyata dapat menekan produksi melatonin yang dapat melindungi diri dari sel kanker.

Itulah ke – 5 penyakit susah tidur yang akan kamu alami jika secara terus menerus kamu mengalami kurang tidur. Karena itu, bagi kamu yang saat ini masih susah tidur atau mengalami insomnia yang berkepanjangan, maka segeralah konsultasi ke dokter agar terhindar dari kelima penyakit di atas. Semoga bermanfaat ya !


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rendy Ng

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap