5 Penyebab Alergi Yang Bisa Muncul Pada Anak


5 Penyebab Alergi Yang Bisa Muncul Pada Anak 1

Sejak lahir, pastinya setiap anak memiliki sistem kekebalan tubuh bawaan yang diperoleh dari ibu sejak dalam kandungan. Sistem kekebalan tubuh ini sangat berguna untuk melindungi tubuh dari benda – benda berbahaya yang bisa menyerang tubuh kapan saja. Tetapi, sistem kekebalan tubuh seseorang seringkali bereaksi berlebihan atau biasa disebut sebagai hipersensitivitas terhadap benda asing yang tidak selalu berbahaya untuk orang lain. Jika kondisi seperti ini terjadi, maka hal tersebut adalah reaksi alergi. Reaksi alergi juga sangat beragam, ada yang terlihat dengan mudah seperti gejala kemerahan, bengkak, dan juga bisa menyebabkan pembengkakan di saluran pernafasan sehingga si anak dapat mengalami pilek, batuk dan sesak nafas. Lalu, hal apa saja yang bisa menyebabkan alergi pada anak ? Yuk simak berikut ini ada 5 penyebab yang bisa muncul pada anak.

1. Riwayat Alergi Pada Keluarga

5 Penyebab Alergi Yang Bisa Muncul Pada Anak 3

Eksim atopik atau dermatitik atopik dapat terjadi jika si anak mempunyai riwayat alergi dalam keluarga. Jika salah satu orangtua memiliki alergi, maka anak memiliki risiko 30 sampai 50% terkena alergi, sedangkan jika kedua orangtua alergi maka risiko meningkat menjadi 60 sampai 80%. Selain faktor genetik, alergi anak ini juga bisa disebabkan karena makanan, lingkungan, dan obat – obatan. Biasanya, eksim atopik paling sering muncul pada anka berusia kurang dari 1 tahun, tetapi alergi pada anak ini juga bisa berlanjut hingga anak memasuki usia remaja dan dewasa.

2. Udara Dingin

5 Penyebab Alergi Yang Bisa Muncul Pada Anak 4

Alergi pada anak juga bisa terjadi saat anak berada di tempat dengan suhu yang dingin. Jika si anak memiliki alergi dingin, maka kulitnya akan timbul bentol – bentol dengan ukuran yang cukup besar atau yang biasa disebut biduran. Alergi seperti ini akan memberikan efek rasa gatal pada kulit dan membuat bibir serta kerongkongan si anak dapat mengalami pembengkakan saat dia mengkonsumsi makanan atau minuman yang dingin.

3. Debu

5 Penyebab Alergi Yang Bisa Muncul Pada Anak 5

Alergi debu ternyata juga bisa disebabkan oleh tungau debu rumah atau kutu debu rumah. Gejala yang sering muncul untuk alergi debu sendiri adalah bersin, pilek, mata berair, hidung tersumbat, batuk, atau sesak nafas. Tungau debu rumah seringkali dapat ditemukan di tempat tidur, tumpukan barang bekas, karpet rumah, gorden, wallpaper dinding dan tempat yang lembab.

4. Makanan

5 Penyebab Alergi Yang Bisa Muncul Pada Anak 6

Alergi juga bisa muncul dan paling sering dialami oleh anak disebabkan oleh makanan. Pada alergi ini, sistem imun si anak akan bereaksi setelah dia mengkonsumsi makanan yang beresiko menjadi alergi. Jenis makanan yang sering menimbulkan alergi pada anak adalah susu sapi, telur, makanan laut, dan kacang – kacangan. Dan gejala – gejala yang dapat timbul pada anak yang terkena alergi makanan seperti gejala rasa gatal, bengkak pada wajah, diare, mual, dan sesak nafas.

5. Obat – obatan

5 Penyebab Alergi Yang Bisa Muncul Pada Anak 7

Gejala alergi pada obat – obatan juga bisa terjadi pada anak. Sama seperti alergi pada makanan, gejala yang timbul pada anak karena obat dapat bervariasi, mulai dari mengalami biduran, kulit kemerahan, bengkak atau rasa gatal pada wajah, sesak nafas, pusing, dan mual.

Itulah ke – 5 penyebab alergi yang bisa muncul pada anak. Karena itu, penting untuk para orangtua menjaga dan memperhatikan lingkungan dan kebersihan anak agar terhindar dari alergi dan penyakit berbahaya lainnya. Semoga bermanfaat ya !


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rendy Ng

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap