5 Penyebab Bullying Yang Masih Sering Terjadi Pada Anak – anak, Para Orang Tua Wajib Baca ya


5 Penyebab Bullying Yang Masih Sering Terjadi Pada Anak - anak, Para Orang Tua Wajib Baca ya 1

Bullying atau yang biasa disebut sebagai perundungan, penindasan atau pengintimidasian masih sering terjadi pada anak – anak khususnya di lingkungan sekolah. Perilaku seperti ini biasanya dilakukan oleh siswa menengah pertama ataupun siswa menengah atas. Bully ternyata bisa berdampak buruk bagi kesehatan psikologi anak yang berujung pada kematian. Korban bully biasanya akan cenderung menjadi seseorang yang penakut dan susah bergaul dengan lingkungannya. Sudah begitu banyak kasus bullying yang terjadi pada anak – anak dan harus segera di tindak lanjuti. Untuk itu, berikut ini ada 5 penyebab bullying yang masih sering terjadi dan harus selalu diperhatikan oleh orang tua kepada anaknya.

1. Pengaruh Media Sosial

5 Penyebab Bullying Yang Masih Sering Terjadi Pada Anak - anak, Para Orang Tua Wajib Baca ya 3

Di jaman saat ini, media sosial merupakan suatu wadah atau tempat dimana anak – anak sering menghabiskan waktu dan aktivitas mereka di sana. Dan sebagai orang tua, harusnya selalu memperhatikan dan mengawas anak – anaknya dalam menggunakan media sosial yang baik dan tepat khususnya untuk anak – anak yang masih perlu banyak belajar. Seperti yang diketahui, media sosial ternyata memiliki dampak buruk jika digunakan secara tidak benar dan bisa menjadi penyebab perilaku buruk yaitu bullying yang sering terjadi.

2. Kurangnya Pengawasan Dari Orang Tua

5 Penyebab Bullying Yang Masih Sering Terjadi Pada Anak - anak, Para Orang Tua Wajib Baca ya 4

Anak – anak yang masih dalam proses pertumbuhan tentunya perlu pengawasan ekstra dari orang tuanya. Pengawasan tersebut bisa berupa tingkah lakunya kepada teman – temannya, kebiasaan yang sering dilakukannya, dan lain sebagainya. Walaupun anak – anak saat di sekolah sudah mendapatkan pengawasan dan pelajaran dari guru, bukan berarti orang tua harus melepas tangan dalam mendidik anak – anaknya. Para orang tua juga harus tetap mengawasi dan mengajarkan anak – anaknya dengan hal yang baik agar terhindar dari hal – hal yang buruk dan tidak diinginkan kedepannya.

3. Lingkungan Keluarga Yang Sering Melakukan Kekerasan

5 Penyebab Bullying Yang Masih Sering Terjadi Pada Anak - anak, Para Orang Tua Wajib Baca ya 5

Dengan kondisi lingkungan keluarga yang sering melakukan kekerasan juga bisa menjadi penyebab bullying yang sering dilakukan oleh anak – anak. Dalam proses pertumbuhan beranjak dewasa, anak – anak juga masih mencari jati diri mereka dan mudah meniru perilaku dan perkataan orang – orang di sekitarnya. Mereka akan sangat mudah terpengaruh untuk melakukan hal yang sama dengan cara melihat, dan mulai mencoba apa yang mereka lihat dan menjadi sebuah kebiasaan untuk mereka.

4. Ketidakpedulian Antar Sesama5 Penyebab Bullying Yang Masih Sering Terjadi Pada Anak - anak, Para Orang Tua Wajib Baca ya 6

Rasa ketidakpedulian ini juga sangat menjadi faktor penting dan merupakan salah satu penyebab bullying yang sering terjadi pada anak – anak. Dengan perilaku teman – teman, orang tua, dan guru di sekolah yang tidak peduli kepada anak – anak, maka perilaku bullying ini akan selalu terjadi pada mereka yang mentalnya masih lemah. Karena itu, dengan memberikan sedikit rasa perhatian kepada anak – anak akan membantu mereka untuk tetap hidup lebih percaya diri lagi.

5. Adanya Perkumpulan Genk dan Ikut – ikutan Teman di Sekolah

5 Penyebab Bullying Yang Masih Sering Terjadi Pada Anak - anak, Para Orang Tua Wajib Baca ya 7

Dengan adanya perkumpulan genk atau seringnya mengikuti apa yang dilakukan oleh teman – temanya juga merupakan perilaku yang membuat bullying masih sering terjadi. Seperti contohnya korban yang dibully adalah mereka yang mempunyai perbedaan dengan anak – anak lainnya. Sang pembully biasanya akan bersama dengan teman – teman segenknya untuk melakukan perilaku tersebut dan menunjukkan kekuasaaan mereka di sekolah. Sehingga teman – teman lainnya juga mungkin akan sulit untuk membela karena takut akan menjadi korban juga.

Itulah ke – 5 penyebab perilaku bullying yang masih sering terjadi. Karena itu, bagi para orang tua harus memperhatikan kelima hal di atas dan selalu mengawasi anak – anaknya agar tidak melakukan hal – hal yang bisa berdampak buruk bagi masa depan mereka. Semoga bermanfaat ya !


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rendy Ng

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap