5 Penyebab Kenapa Jerawat Bisa Tumbuh di Dada

5 Penyebab Kenapa Jerawat Bisa Tumbuh di Dada

Biasanya orang yang sangat memperhatikan dan merawat kulitnya tentu saja akan memiliki kulit yang halus, bersih dan cerah serta tidak memiliki jerawat di area tubuhnya.

Tapi, tahukah kamu bahwa jerawat bisa tumbuh dimana saja, termasuk di area dada.

Hal ini disebabkan karena pada area dada memiliki minyak yang berlebih dan pori – poru yang terhalang atau tersumbat sehingga memicu timbulnya jerawat di dada.

Perlu diperhatikan, jika tidak segera dihilangkan bisa menjadi masalah yang serius untuk kesehatan kulitmu. Lalu apa saja penyebabnya ? Berikut ini ada 5 penyebab kenapa jerawat bisa tumbuh di dada.

5 Penyebab Kenapa Jerawat Bisa Tumbuh di Dada

Keringat Yang Berlebihan

Salah satu faktor utama kenapa jerawat bisa tumbuh didada adalah keringat yang berlebih di area dada, entah karena kamu sehabis berolahraga atau kondisi cuaca pada saat itu.

Saat keringat bercampur dengan kotoran dan minyak di kulit, maka hal itu akan menyebabkan tersumbatnya pori – pori yang dapat memicu timbulnya jerawat.

Baca juga  5 Cara Tubuh Memberikan Tanda Bahaya Disaat Kamu Merasa Tidak Bahagia

Karena itu, sebaiknya saat kamu memiliki keringat yang berlebih setelah usai berolahraga ataupun karena cuaca, selalu untuk mandi agar terhindar dari keringat yang berlebihan.

Bahan Pakaian Yang Sintetis

Baju atau pakaian yang memiliki bahan yang buruk bisa menyebabkan iritasi kulit dan menimbulkan jerawat, terlebih lagi jika kamu memiliki kulit yang sensitif.

Selain itu, kondisi kulit yang seperti ini juga bisa dipicu karena kelembapan ekstra, sehingga jika kamu berkeringat secara berlebihan dan mengenakan pakaian yang tidak menyerap keringat dengan baik, maka akan ada kemungkinan bahwa jerawat bisa tumbuh.

juga menjadi salah satu penyebab jerawat bisa tumbuh. Terjadinya perubahan akan membuat kamu mengalami serangan jerawat  yang tumbuh dimana saja.

Baca juga  5 Cara Tubuh Memberikan Tanda Bahaya Disaat Kamu Merasa Tidak Bahagia

Selain itu, jika kamu adalah orang jarang mandi atau membersihkan area dada dengan baik, maka hal itu akan membuat pori – porimu tersumbat dan memicu timbulnya jerawat didada.

Hipersekresi Minyak

Hipersekresi merupakan kelenjar endokrin yang mengeluarkan terlalu banyak . Saat kondisi kulitmu menjadi kering, entah itu disebabkan oleh cuaca yang panas atau dingin, hal itu akan menyebabkan kulitmu menghasilkan minyak dari kelenjar sebaceous yang membuat kulitmu menjadi lembap.

Dan saat minyak ini bercampur dengan sel kulit mati, bakteri, atau kotoran yang ada di area dada, maka bersiaplah karena itu akan memicu timbulnya jerawat.

Oeh karena itu, sebaiknya kamu selalu menggunakan pelembap atau body lotion untuk menjaga kelembapan kulit kamu.

Faktor Genetik

Menurut riset sudah dilakukan dan dibuktikan oleh para dermatologis dari University Hospital of Zurich dan Division of Genetics and Molecular Medicine di King’s College yang melakukan studi global tentang mencari hubungan antara gen dan jerawat yang ternyata bisa diturunkan antar generasi.

Baca juga  5 Cara Tubuh Memberikan Tanda Bahaya Disaat Kamu Merasa Tidak Bahagia

Mereka menemukan bahwa ada unsur ketidakaturan tertentu dari beberapa gen yang bisa meningkatkan kemungkinan bahwa seseorang bisa memiliki jerawat.

Jika orang tuamu memiliki jerawat yang cukup parah di bagian wajah atau area tubuh lainnya, maka ada kemungkinan bahwa kamu juga akan memiliki masalah kulit yang sama.

Itulah ke – 5 penyebab kenapa jerawat bisa tumbuh di dada. Dan jika kamu memiliki masalah jerawat di area dada atau punggung, kemungkinan penyebabnya bisa saja karena 5 hal di atas.

Untuk lebih pasti dan amannya, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit agar mendapat penanganan medis yang tepat. Semoga bermanfaa ya !

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rendy Ng