5 Perbedaan Rendah Hati dan Rendah Diri, Sudah Tahukah Kamu ?


5 Perbedaan Rendah Hati dan Rendah Diri, Sudah Tahukah Kamu ? 1

Mungkin kita sering mendengar istilah rendah hati dan rendah diri, tapi tahukah kamu bahwa keduanya sangat berbeda. Dan kebanyakan orang ternyata masih bingung dan bahkan tidak tahu akan perbedaan antara rendah hati dengan rendah diri. Lalu apa perbedaanya ? Yuk simak berikut ini 5 perbedaan antara rendah hati dan rendah diri.

1. Rendah Hati Itu Tidak Sombong, Sedangkan Rendah Diri Itu Minder

5 Perbedaan Rendah Hati dan Rendah Diri, Sudah Tahukah Kamu ? 3

Minder merupakan sikap tidak percaya diri sendiri dan sangat sering ditunjukkan di hadapan orang lain. Hal ini berbeda dengan rendah hati yang dimana sikap rendah hati lebih mengarah kepada jauh dari kesombongan, tanpa harus merendahkan dirinya di hadapan orang lain. Biasanya orang rendah diri akan menganggap dirinya tidak bisa apa – apa dan tidak memiliki apapun. Sedangkan orang rendah hati, akan menganggap bahwa dia sanggup jika dia memang sanggup tanpa bermaksud untuk menyombongkan diri.

2. Rendah Diri Cenderung Anti Sosial, Sedangkan Rendah Hati Justru Sebaliknya

5 Perbedaan Rendah Hati dan Rendah Diri, Sudah Tahukah Kamu ? 4

Seperti yang dilansir dari laman sciencedaily.com, biasanya orang yang anti sosial cenderung bersikap minder dan tertutup. Seseorang bisa dikatakan minder, jika dia sampai menarik dirinya terlalu jauh dari interaksi sosial dan kondisi seperti ini merupakan kepribadian atau mental yang perlu mendapatkan bimbingan profesional dari pakar psikolog. Sedangkan rendah hati malah justru sebaliknya. Orang rendah hati akan melibatkan dirinya kepada kegiatan – kegiatan sosial di mana dia dapat berinteraksi dan memiliki banyak relasi. Hal ini yang menyebabkan orang rendah hati lebih disukai dan dicintai oleh komunitasnya.

3. Rendah Hati Selalu Optimis, Sedangkan Rendah Diri Lebih Cenderung Pesimis

5 Perbedaan Rendah Hati dan Rendah Diri, Sudah Tahukah Kamu ? 5

Seperti yang kita tahu, Pesimis dan Optimis memiliki arti yang berbeda. Orang rendah diri selalu cenderung pesimis, dan menganggap dirinya tidak bisa, tidak pantas, dan sebagainya yang cenderung negatif. Sedangkan optimis merupakan sikap yang dimiliki oleh orang – orang yang rendah hati. Optimis adalah sikap positif yang menunjukkan kepercayaan diri tanpa melibatkan rasa kesombongan.

4. Rendah Hati Lebih Sehat Secara Mental, Sedangkan Rendah Diri Cenderung Minder dan Mudah Depresi

5 Perbedaan Rendah Hati dan Rendah Diri, Sudah Tahukah Kamu ? 6

Seperti yang dilansir dari laman psychcentral.com, orang yang cenderung minder dan merasa tidak berharga akan dirinya lebih mudah merasakan depresi. Sikap minder yang terlalu lama di simpan dalam diri seseorang, suatu saat akan menimbulkan hal – hal yang negatif, salah satunya adalah mudah depresi. Sedangkan orang rendah hati, biasanya dia akan memiliki risiko lebih rendah terhadap depresi. Hal ini karena orang rendah hati biasanya tidak selalu dipusingkan dengan apa kata orang sebab dia sendiri tahu akan kemampuannya dan sedikit lebih cuek dengan perkataan orang lain.

5. Rendah Hati Tidak Suka Dengan Rasa Kepameran, Sedangkan Rendah Diri Selalu Pamer

5 Perbedaan Rendah Hati dan Rendah Diri, Sudah Tahukah Kamu ? 7

Jika kamu pernah melihat orang – orang yang kayanya tidak seberapa, tetapi hobinya adalah suka pamer barang – barang mewah ? Itulah yang dinamakan mental minder atau mental yang suka pamer barang mewah karena takut dianggap miskin. Lalu, apakah kamu kamu pernah melihat seorang yang kaya, tetapi sikapnya biasa saja dan tidak pernah pamer barang mewah ? Itulah sikap orang kaya sejati yang memiliki rendah hati.

Itulah ke – 5 perbedaan antara rendah hati dan rendah diri. Dan kira – kira, kamu termasuk orang yang mana ? Semoga bermanfaat ya !


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Rendy Ng

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments