5 Perilaku Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Pemimpin


5 Perilaku Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Pemimpin

Para pemimpin harus cukup dekat untuk berhubungan dengan orang lain, tetapi cukup jauh untuk memotivasi mereka. — John C Maxwell.

Sebagai seorang pemimpin, tentu anda adalah sosok pribadi yang akan selalu dinilai dan dijadikan tolak ukur bagi semua orang yang mengenal anda.

Hal ini tidak akan bisa anda hindari.

Anda telah menjadi pusat, dan pusat itu akan selalu menjadi titik perhatian bagi siapapun yang melihatnya.

Lalu apa yang sebaiknya anda lakukan?

Saat ini saya akan membagikan lima perilaku utama yang selayaknya dimiliki oleh seorang pemimpin sehingga dirinya layak dihormati, diikuti dan disayangi oleh pengikutnya:

  1. Teladan. Sebelum kita mengharuskan seseorang melakukan hal tertentu, kitalah yang harus melakukannya terlebih dahulu. Sebagai contoh bila kita mewajibkan keramahan dalam pelayanan customer, maka kita adalah orang pertama yang bersikap ramah terhadap bawahan kita.
  2. Adil. Keadilan merupakan hal yang penting dalam menciptakan keinginan dari bawahan kita, untuk memberikan yang terbaik bagi seorang pemimpin dan perusahaannya.
  3. Memudahkan. Sebagai seorang pemimpin hendaknya kita memberikan fasilitas-fasilitas yang membawa kemudahan bagi bawahan kita. Karena dengan demikian maka bawahan kita akan bekerja dengan senang hati dan lebih maksimal.
  4. Bekerja Bersama. Seorang pemimpin yang baik hendaknya selalu ada ketika dibutuhkan dengan bersedia untuk membantu memberikan pengarahan pada bawahannya ketika dibutuhkan.
  5. Bernurani. Dalam mengambil sebuah keputusan seorang pemimpin yang baik harus mengedepankan pertimbangan hati, yang disahkan dengan pembenaran secara logika, agar mampu mengedepankan prinsip-prinsip kebenaran. Kesinergian antara pertimbangan hati dan kebenaran logika berpikir inilah yang dinamakan bernurani dalam kepemimpinan.

Dengan menerapkan ke lima perilaku tersebut, maka setidaknya kita dapat menjadi seorang pemimpin yang baik, yang dikagumi oleh bawahan anda.

Seorang pemimpin yang mempunyai performa tinggi biasanya adalah pemimpin yang didukung dan memiliki orang-orang setia yang bersedia menjalankan semua yang anda instruksikan.