5 Pertanyaan Menjebak Saat Wawancara Kerja. Hati-hati!

interview kerja

Panggilan wawancara kerja, bagi orang yang sangat membutuhkan pekerjaan pasti sangat di tunggu-tunggu. Segala persiapan baik mental maupun pengetahuan pun sudah dipersiapkan. Selain itu, kamu juga harus pintar menjawab pertanyaan dari pihak perusahaan.

Untuk diterima dalam sebuah pekerjaan,  bukan hanya pakaian yang menunjang penampilanmu saat wawancara. Tetapi juga cara kamu menjawab pertanyaan dari atasan.

Ada sejumlah pertanyaan yang harus kamu perhatikan dan berhati-hati dalam menjawabnya. Bisa jadi pertanyaan tersebut adalah jebakan bagi kamu. Nah, mau tau pertanyaan apa saja yang merupakan jebakan saat wawancara.

Simak ulasan berikut ini!

 

1. Apa kelemahan terbesar Anda

Yang dimaksud pertanyaan “apa kelemahan terbesar Anda” adalah seberapa besar Anda mengenali diri Anda. Untuk pertanyaan ini, jangan pernah menjawab ‘saya tidak memiliki kelemahan’. Anda bisa mengenali kelemahan diri Anda sendiri dengan mencoba tes kepribadian online. Hal ini dapat membantu Anda menjawab pertanyaan tersebut, jangan lupa untuk menyertakan solusinya.

Cobalah untuk mendiskusikan profil Anda dengan pewawancara kerja. Dalam jawaban Anda, jelaskan bagaimana Anda berupaya untuk meningkatkan diri. Pendekatan ini juga berlaku bagi pertanyaan tentang kekuatan Anda.

 

2. Apa hal yang dibenci dari atasan anda?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, pahamilah bahwa tidak ada pemimpin yang sempurna, pasti ada hal yang tidak disukai. Jangan pernah menghina atasan Anda jika ingin karir Anda saat ini.

Jawablah dengan baik dan kritis namun tetap adil. Bisa tentang bagaimana atasan Anda membuat pekerjaan sedikit menantang dan bagaimana anda mencari solusinya.

Sejatinya pertanyaan tersebut, adalah untuk mengetahui apakah Anda tipe pendrama atau tipe orang yang dapat menyelesaikan sebuah konflik.

 

3. Apakah Anda berencana menikah atau memiliki anak?

Pertanyaan jebakan ketiga adalah untuk mengetahui seberapa banyak waktu Anda untuk bekerja. Tips untuk mengatasi pertanyaan tersebut adalah dengan tidak menjawab pertanyaan ini, namun alihkan pembicaraan tetapi masih dalam satu topik dengan pertanyaan.

Jika Anda ingin menjawabnya, jawablah dengan jujur dan apa adanya. Jika Anda tidak ingin menjawab putar pembicaraan dengan sesuatu yang singkat dan jelas. Misalnya jawablah dengan mengatakan “saat ini saya fokus untuk mengembangkan karir”.

 

4. Berapa gaji yang Anda inginkan?

Tips untuk menjawab pertanyaan soal gaji, adalah jangan pernah mendasarkan ekspetasi gaji dengan apa yang menurut Anda layak. Carilah fakta di internet seberapa besar gaji seperti pekerjaan yang akan Anda terima tersebut. Karena pertanyaan tersebut sebenarnya merupakan pertanyaan untuk mengetahui seberapa besar Anda mengetahui tentang pekerjaan Anda.

Anda bisa menjawabnya dengan mencari gaji yang sebanding dengan pekerjaan Anda. Anda bisa memanfaatkan data gaji saat rekrutment.

 

5. Mengapa kami harus mempekerjakan Anda

Yakinkan pewawancara bahwa Anda cocok dengan pekerjaan ini. Jangan pernah membandingkan diri Anda dengan kandidat lainnya. Fokuslah pada kekuatan yang ada dalam diri Anda, bahwa Anda bisa membawa tim, lebih kuat dan lebih baik.

Jawablah pertanyaan tersebut dengan menjelaskan keterampilan Anda, kontribusi pada perusahaan, cocok dengan pekerjaan yang akan Anda terima.

Nah, itulah 5 pertanyaan yang biasa menjadi jebakan batman saat wawancara kerja. Tetaplah tenang dan rileks saat wawancara, agar bisa menjawab pertanyaan yang meyakinkan.

 

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Asih Kurniaty