5 Phobia Paling Aneh Yang Pernah Diderita Orang di Dunia

5 Phobia Paling Aneh Yang Pernah Diderita Orang di Dunia

merupakan ketakutan yang  berlebihan terhadap objek atau situasi tanpa alasan yang jelas. Biasanya orang yang akan berusaha keras untuk tidak berhadapan langsung dengan ketakutannya tersebut atau bisa dibilang menghindar.

Tetapi, agar yang kamu derita itu hilang kamu harus memberanikan diri untuk mencoba melawan tersebut secara perlahan-lahan karena jika terburu-buru, rasa trauma akan semakin besar dan tersebut bisa saja mengganggu aktivitas kita sehari-hari.

Dari sekian banyak yang ada di , ada yang bisa dibilang dan konyol karena ia ketakutan terhadap sesuatu yang memang kebutuhan manusia itu sendiri, Apa saja? ini 5 paling yang ada di .

Ablutophobia (takut mandi)

5 Phobia Paling Aneh Yang Pernah Diderita Orang di Dunia

Terlihat bukan, yang seharusnya mandi menjadi salah satu kebutuhan tubuh agar menjadi bersih justru ditakuti. Ablutophobia dalam bahasa latin yang artinya mandi adalah ketakutan yang tidak bisa dikendalikan terhadap mandi, cuci muka, dan membersihkan tubuh.

Kebanyakan yang menderita Ablutophobia adalah anak-anak dan wanita. Untuk anak-anak biasanya phobianya akan perlahan hilang ketika ia tahu kalau mandi merupakan sebuah kebutuhan.

Gejala-gejala yang muncul ketika penderita ablutophobia melihat air adalah
1.) Panik dan ketakutan
2.) Rasa takut di luar batas normal
3.) Jantung berdetak kencang, gemetar, nafas pendek dan terasa berat
4.) Keinginan yang sangat kuat untuk lari dan akan melakukan hal-hal ekstrem untuk menghindarinya.

Baca juga  5 Judul Anime Paling Aneh yang Pernah Dibuat

Jika kamu psikolog, sebaiknya pergi ke dokter yang nantinya akan diberikan obat penghilang rasa cemas dan akan diterapi yang bernama terapi ExposureBased Cognitive Behavioral Therapy.

Siderophobia (takut terhadap bintang atau langit)

5 Phobia Paling Aneh Yang Pernah Diderita Orang di Dunia

Saat kamu berduaan di bawah sinar rembulan dan bintang-bintang bersama si dia pasti terasa romantis ya, lalu si dia berkata “sayang, bintangnya ada berapa ya?” Lalu kamu menjawab “jutaan sayang”. Pasti hal itu sangat romantis ya, tetapi kebayang tidak kalau ternyata ada ketakutan terhadap bintang atau langit?

Hal tersebut benar adanya yaitu siderophobia. Siderophobia dalam bahasa latin yaitu sidero yang artinya bintang dan yang artinya takut, jadi siderophobia adalah ketakutan yang berlebihan terhadap bintang.

Penyebab dari ini bisa saja karena trauma karena kecil atau dari faktor keturunan. Ada yang lebih mencengangkan lagi yaitu 25 juta penduduk di Amerika serikat menderita ini. Berbeda dengan Ablutophobia yang kebanyakan wanita dan anak-anak siderophobia bisa diderita oleh siapa pun tanpa pandang bulu.

Baca juga  10 Wisata Tak Lazim di Dunia yang Bisa Kamu Cobain

Stasiphobia (takut berjalan)

5 Phobia Paling Aneh Yang Pernah Diderita Orang di Dunia

Ada yang lebih lagi yaitu Stasiphobia yang artinya takut bejalan atau takut berdiri. Sebenarnya phobia ini bukan dialami oleh anak-anak melainkan orang yang usia lanjut yang disebabkan oleh penyakit Parkinson, ia akan naik kursi roda meskipun ia masih bisa berjalan.

Kemungkinan besar orang yang menderita Stasiphobia merupakan orang yang takut jatuh (Farr of falling phobia).
Pemicu stasiphobia lainnya adalah takut pergi ke luar (agoraphobia).

Philophobia (takut jatuh cinta)

5 Phobia Paling Aneh Yang Pernah Diderita Orang di Dunia

Phobia ini sangat dan agak ngeri yaitu philophobia yang artinya ketakutan menjalin hubungan dengan lawan jenis, mungkin ini juga pemicu orang yang penyuka sesama jenis (Gay/homosexual) jadi phobia ini tidak main-main.

Penyebab dari philophobia adalah trauma atau karena pernah disakiti saat menjalin hubungan dengan lawan jenis dan takut hal tersebut terulang lagi tapi saya juga punya pendapat bahwa philophobia juga bisa terjadi karena drama yang ditayangkan di televisi, bukan tanpa alasan saya berpendapat seperti itu karena banyak orang yang tidak mau berhubungan “menikah” dengan lawan jenis karena ia berspekulasi nantinya si dia malah selingkuh dan menyakiti hatinya.

Baca juga  8 Hewan Mengerikan yang Ditemukan di Palung Mariana

Gejala-gejala yang muncul ketika penderita philophobia memikirkan tentang jatuh cinta adalah:
1.) Merasa takut dan panik
2.) Menghindari pemikiran dan pembicaraan tentang hal tersebut
3.) Berkeringat
4.) Jantung berdetak kencang
5.) Nafas berat atau sulit bernafas
6.) Mual

Barophobia (takut kehilangan gravitasi)

5 Phobia Paling Aneh Yang Pernah Diderita Orang di Dunia

Yang terakhir adalah barophobia yang dalam bahasa latin “Baros” yang berarti berat dan “phobos” yang artinya ketakutan jadi barophobia adalah ketakutan jika suatu saat bumi akan kehilangan gravitasi dan membuat semua makhluk yang ada melayang tanpa tujuan atau bisa kehilangan nyawa.

Penyebab dari phobia ini adalah takut ketinggian (acrophobia) dan Luka atau karena mempelajari tentang gravitasi.

Gejala-gejala yang muncul dari penderita barophobia adalah jantung berdebar, gemetar, mulut kering, pusing, sesak nafas, ketegangan otot, dan perasaan terjebak.

Cara untuk menyembuhkan phobia ini adalah dengan melakukan terapi bicara dan tetapi paparan.

Penutup

Dapat disimpulkan jika semua phobia-phobia yang diderita orang berkaitan satu sama lain. Itulah 5 phobia paling yang terjadi pada beberapa orang di

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Fathurrahman Al-Rasyid

   

Memikirkan kamu saja sudah berat, apalagi memikirkan hidup #bukanmain *lah kok jadi iklan rokok?