5 Platform Media Sosial Ini Dapat Bantu Kamu dalam Mengembangkan Bisnis

5 Platform Media Sosial Ini Dapat Bantu Kamu dalam Mengembangkan Bisnis 1

Komunikasi menjadi salah satu bagian penting dalam mencapai sebuah kesepakatan pada sebuah bisnis, di mana kamu dapat menemukan berbagai platform media sosial yang mendukung adanya komunikasi dan interaksi dalam skala yang besar.

Nah, beberapa aplikasi sosial media yang dapat kamu temukan secara mudah di Play Store ataupun App Store ini menawarkan kesempatan besar bagi pelaku bisnis dalam memaksimalkan komunikasi dan interaksi dengan klien sehingga dapat membantu kamu dalam mengembangkan bisnis. Yuk, lihat apa saja!

1. Slack

Slack (slack.com)
Slack (slack.com)

Salah satu aplikasi yang tepat untuk kamu gunakan untuk berkomunikasi dalam jangka waktu yang panjang adalah Slack, di mana kamu dapat dapat mengirimkan pesan pada grup spesifik dengan menyortirnya ke dalam channel yang berbeda.

Bila kamu termasuk dalam pelaku bisnis dengan tingkat fleksibilitas yang tinggi, maka Slack menjadi aplikasi yang tepat untuk kamu gunakan melalui fungsi yang dimilikinya. Bahkan, kamu juga dapat membuka Slack pada berbagai platform seperti browser, aplikasi handphone, dan dekstop, lho.

2. Facebook Groups

Facebook Groups (edition.cnn.com)
Facebook Groups (edition.cnn.com)

Facebook Groups memiliki berbagai keuntungan dan kelemahan bagi pemilik bisnis, di mana kamu dapat menggunakan Facebook Groups sebagai sebuah strategi dalam mengembangkan komunitas dengan biaya yang relatif terjangkau dan mudah untuk digunakan. Nah, aplikasi ini juga menawarkan berbagai langkah berbeda dalam berkomunikasi dengan masyarakat secara luas.

Selain itu, kamu juga dapat membuat sebuah modul pembelajaran yang dapat disebarkan dan dijual dalam komunitas tersebut. Bahkan, kamu dapat menjadi seorang host dalam program yang dijalankan di Facebook Groups. Namun, pastikan kamu dan klien kamu telah memiliki akun Facebook terlebih dahulu, yah!

3. Telegram dan Voxer

Voxer (voxer.com)
Voxer (voxer.com)

Telegram dan Voxer menjadi pilihan aplikasi yang tepat untuk kamu gunakan dalam melakukan pengiriman dan menerima pesan suara dalam jangka waktu yang tergolong cepat. Selain itu, kedua aplikasi ini juga menawarkan kemudahan dalam mengirimkan pesan secara pribadi ataupun melalui grup secara efisien dan efektif. 

Nah, telegram telah dikenal secara luas sebagai pilihan aplikasi utama bagi kaum millenial yang mampu mendukung kreativitas, privasi, kemudahan, dan efektivitas dalam mengirimkan sebuah pesan dalam waktu yang singkat. Wah, keren banget, yah!

4. Instagram

Instagram (socialmediacollege.com)
Instagram (socialmediacollege.com)

Platform yang seringkali digunakan oleh kaum millenial ini telah resmi dibeli oleh Facebook dengan harga 1 miliar dolar atau setara dengan Rp14 triliun pada tahun 2012 lalu. Bahkan, Instagram telah berkembang menjadi sebuah aplikasi dengan pengguna aktif yang mencapai angka miliar pengguna pada setiap bulannya.

Instagram telah menawarkan kemudahan bagi pemilik bisnis dalam menyebarkan foto dan video yang didukung oleh berbagai fitur menarik di dalamnya. Salah satu fitur menarik yang dapat digunakan oleh pemilik bisnis adalah menggabungkan Instagram dengan berbagai website sehingga kamu dapat mempromosikan dan mengiklankan produk kamu secara mudah.

5. Twitter

Twitter (twitter.com)
Twitter (twitter.com)

Salah satu aplikasi yang mampu menyediakan informasi dan konten terbaru kepada seluruh penggunanya di berbagai belahan dunia secara stabil adalah Twitter, di mana aplikasi media sosial ini telah dikenal secara luas sebagai aplikasi yang mudah untuk digunakan dalam berinteraksi dengan data di seluruh dunia. 

Namun, Twitter hanya membatasi penggunaan karakter pada setiap pesannya sebesar 280 karakter sehingga kamu dituntut agar mampu membuat sebuah pesan yang informatif, efektif, serta menarik perhatian pembaca dan klien. Hal ini bertujuan agar kamu dapat mengembangkan brand kamu secara lebih luas, yah!

Nah, berbagai aplikasi media sosial di atas menawarkan berbagai kemudahan bagi pemilik bisnis agar mampu mengembangkan brand secara luas. Bahkan, kamu dapat menggunakan aplikasi tersebut sebagai media komunikasi yang interaktif dengan klien kamu, lho. 

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

cecilia irawan