5 Pulau Eksotis di Sulawesi Selatan yang Wajib Kamu Kunjungi!

5 Pulau Eksotis di Sulawesi Selatan yang Wajib Kamu Kunjungi! 1

Menyandang gelar Negara kepuluan membuat Indonesia memiliki destinasi pulau yang sangat beragam. Tidak ingin ketinggalan, Sulawesi Selatan juga memiliki beberapa pulau yang wajib kamu kunjungi. Memberikan pemandangan yang indah, deru ombak yang begitu tenang, serta hembusan angin yang sangat damai, membuat kamu betah dan ingin berlama-lama di pulau tersebut.

Jadi, buat kalian yang sedang mencari referensi pulau eksotis yang berada di Sulawesi Selatan, check it out!

1. Pulau Lae-lae

5 Pulau Eksotis di Sulawesi Selatan yang Wajib Kamu Kunjungi! 3

Pulau lea-lea adalah sebuah pulau kecil yang di terletak di sebalah barat Sulawesi Selatan, Indonesia.  Berjarak 1.5 km dari Makassar. Pulau ini dapat kamu lihat secara jelas jika berada di pantai losari, dengan pemandangan yang sangat menakjubkan. Tak hanya itu, pulau lea-lea juga menyimpan sejarah peninggalan perang yaitu sebuah terowongan bawah tanah, yang konon katanya terhubung dengan benteng kota Makassa, Fordrotherdam.

Jika hendak mengunjungi pulau lea-lea maka kamu harus merongoh budget yang sangat murah dengan hanya menaiki perahu milik nelayan seharga Rp15.000,00 per orang. Rute yang ditempuh dimulai dari dermaga kayu Bangkoa atau dermaga yang terletak di depan Benteng Fordrotherdam, dengan waktu tempuh kurang dari 20 menit.

Pengunjung tidak akan rugi jika mengunjungi pulau ini, karena spot sunset yang sangat indah dan menakjubkan akan membuat kamu betah berlama-lama, disertai dengan pemadangan laut yang sangat luas serta pasir putih yang begitu menawan. Pepohonan yang berada di pinggir pantai membuat kamu bisa mengelar tikar dan bersantai ria sambil menikmati hembusan angin yang begitu damai.

2. Pulau Samalona

5 Pulau Eksotis di Sulawesi Selatan yang Wajib Kamu Kunjungi! 4

“Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui” pepatah itulah yang menggambarkan letak pulau samalona yang terletak persis disebelah pulau lea-lea. Jadi, kamu tidak akan rugi jika berkunjung kesini, karena sekali jalan, maka dua tempat wisata dapat kamu kunjungi sekaligus.

Jika hendak mengunjungi pulau ini, maka pengunjung  harus merongoh budget yang cukup murah jika berkongsi, karena biaya sewa perahu Rp400.000 – Rp600.000 tergantung tipe perahu. Satu perahu bisa menampung 10 orang dan harganya masih bisa ditawar.

Pemandangan yang disuguhkan juga tak kalah menarik, karena jernihnya air laut di pulau ini, maka kamu bisa melihat ikan tropis berwarna-warni yang berada pada perairan dangkal, serta terumbu karang yang beraneka ragam. Jika kamu punya hobby snorkeling dan diving, maka pulau ini menyediakan semua peralatannya, dengan hanya merongoh budget seharga Rp50.000 per orang untuk snorkeling dan Rp400.000 per orang untuk diving.

Jika kamu ingin berlama-lama di pulau ini, maka terdapat perumahan yang dapat kamu sewa dengan merongoh budget seharga Rp400.000 – Rp800.000 sudah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas. Membawa tenda adalah hal yang menarik untuk dicoba, jika kamu suka berkemah sambil menikmati pemandangan laut malam yang begitu menawan.

3. Pulau Kodingareng Keke

5 Pulau Eksotis di Sulawesi Selatan yang Wajib Kamu Kunjungi! 5

Pulau Kodingareng Keke terletak di Kecamatan Ujung Tanah, Sulawesi selatan, Indonesia. Berjarak 14 km dari pantai losari.

Jika hendak mengunjungi pulau ini, maka pengunjung  harus merongoh budget Rp500.000 – Rp600.000 untuk satu perahu yang menampung 10 orang. Rute ke pulau ini dimulai dari Dermaga Kayu Bangkoa di kota Makassar dan menghabiskan waktu 40 – 60 menit perjalanan.

Kesegaran air dan ketenangan ombak di pulau ini menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang berencana membawa buah hatinya untuk berenang di pulau ini. Tak hanya di jadikan sebagai tempat wisata, pulau ini juga di jadikan sebagai tempat penelitian bagi para dosen dan mahasiswa, hal ini karena lingkungannya yang masih asri serta ekosistem lautnya yang masih terjaga dengan baik.

Meskipun belum memiliki penginapan, tapi tempat ini sangat indah jika dinikmati dengan menginap di dalam tenda, serta banyaknya pepohonan yang berada disekitar pulau, membuat para pengunjung dapat mengantung hammock lalu bersantai ria mendengar deruan ombak yang begitu merdu.

4. Pulau Barang Caddi

5 Pulau Eksotis di Sulawesi Selatan yang Wajib Kamu Kunjungi! 6

Pulau Barang caddi terletak di kecamatan Kepulauan Sangkarrang, sebelah timur pulau barrang lompo, berjarak 11 km dari Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia.

Jika hendak mengunjungi pulau ini, maka pengunjung  harus merongoh budget Rp10.000 per orang dengan maksimum penumpang kapal 30 orang.

Menikmati pemandangan laut yang indah membuat kamu betah berlama-lama di pulau ini. Tak hanya itu, karena saat ke pulau ini kamu bisa menyaksikan pembuatan perahu serta berbagai upacara adat penduduk sekitar, seperti; upacara pembuatan rumah, upacara penurunan kapal (apparoro), acara tudang sipulung (duduk berkumpul sambil membicarakan sesuatu). Sungguh, kerukunan di pulau ini sangat patut untuk dicontoh.

5. Pulau Barang Lompo

5 Pulau Eksotis di Sulawesi Selatan yang Wajib Kamu Kunjungi! 7

Pepatah “sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui” juga berlaku pada pulau ini, karena letaknya yang bertetanggaan dengan pulau barrang lompo, memerlukan waktu tempuh sekitar 20 menit.

Ciri khas dari pulau ini adalah banyaknya tipe terumbu karang yang bisa kamu jumpai serta iklan yang tinggal di perairan pulau ini cukup menarik perhatian wisatawan karena memiliki spesies yang beragam.

Jika kamu tertarik untuk melakukan diving spot, maka kamu dapat berkonstultasi pada pihak lembaya MSDC-UH (marine science diving club- universitas hasanuddin), terletak di departemen ilmu kelautan, fakultas ilmu kelautan dan perikanan.

Itulah ulasan menarik tentang beberapa pulau yang berada di Sulawesi selatan. Banyak sekali hal yang unik dan menarik yang akan kamu temui jika berkunjung ke sana, jadi jika kamu sedang mencari referensi tempat liburan di Sulawesi selatan, maka jangan ragu untuk berkunjung ke pulau di atas, dan silahkan nikmati keindahannya serta dapatkan liburan yang tak terlupakan.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

azadehtri