5 Rekomendasi Action Manga dengan Cerita yang Pendek

5 Rekomendasi Action Manga dengan Cerita yang Pendek 1

Action manga merupakan genre dalam manga yang dapat dikatakan paling terkenal, baik itu terdapat dalam manga shonen maupun seinen. Ini memang tidak dapat dipungkiri lagi , karena sebagian besar manga yang populer dengan penjualan paling tinggi berasal dari genre ini. Salah satu penyebab mengapa genre ini begitu banyak digemari adalah karena demografi dari pembaca manga, dimana sebagian besar adalah laki-laki dari usia remaja sampai dewasa. Alasan lainnya adalah karena, genre action paling banyak dapat dikombinasikan dengan genre lainnya, dimana sering kita jumpai berbagai genre dalam manga seperti adventure, fantasy, historical, sci-fi hingga drama sekalipun , tetapi masih terdapat genre action di dalamnya.

Berbicara mengenai action manga, pasti tidak dapat lepas mengenai unsur pertarungan di dalamnya, karena memang genre ini dapat selalu menyajikan aksi dan pertarungan spektakuler dengan berbagai karakter yang kuat terlibat di dalamnya. Namun di luar hal tersebut, tentunya tetap saja cerita yang menarik menjadi faktor penentu kesuksesan dari manga tersebut. Cerita yang unik dan menarik tidak hanya sebatas terletak pada plot maupun karakter di dalamnya, tetapi juga berasal dari worldbuilding maupun artwork dari kreatornya. Berikut ini adalah beberapa manga dengan cerita yang pendek tetapi tetap memiliki cerita dan worldbuilding yang unik.

5. 666 Satan

5 Rekomendasi Action Manga dengan Cerita yang Pendek 3

Bagi sebagian besar orang mungkin tidak akan mengetahui bahwa Masashi Kishimoto memiliki kembaran bernama Seishi Kishimoto yang juga adalah seorang mangaka. Salah satu karya dari Seishi Kishimoto adalah 666 Satan, walaupun memang manga yang satu ini tidak seterkenal manga buatan Masashi, tetapi tentu memiliki keunikan tersendiri. Art dari Seishi pun dapat dikatakan memiliki kemiripan dengan saudara kembarnya, yang dapat dilihat dari berbagai karakternya. 

Setting dari manga ini adalah dunia antah berantah dimana masyarakatnya banyak berburu relik kuno yang menyimpan berbagai kekuatan msiterius dari  peradaban di masa lalu. Relik kuno ini dinamakan sebagai O-Parts yang dapat digunakan untuk kebaikan maupun kejahatan. Karakter utama dalam manga ini adalah Jio Freed seorang pemburu O-Parts yang awalnya hanya tertarik dengan uang. Secara sekilas konsep O-Parts ini sekilas mirip madougu dalam Flame of Recca, sedangkan Jio Freed sendiri mengingatkan kita pada Naruto Uzumaki karena sama-sama memiliki kekuatan dari monster tersembunyi dalam tubuhnya. Namun yang membuatnya berbeda adalah konflik dalam manga ini yang membuat Jio dan teman-temannya terjebak dalam konflik kepentingan antara malaikat vs iblis dalam memperebutkan sumber daya O-Parts yang langka.

4. Black Cat

5 Rekomendasi Action Manga dengan Cerita yang Pendek 4

Bercerita mengenai petualangan Train Heartnet sebagai seorang pembunuh bayaran yang sudah terkenal karena sepak terjangnya di dunia kriminal. Hari-harinya sebagai pembunuh berdarah dingin ingin dia hentikan karena ingin hidup normal, namun hal itu tidak dapat segera terjadi ketika dia mendapatkan misi yang berhubungan dengan masa lalunya. Manga buatan dari Kentaro Yabuki ini sebenarnya memiliki cerita yang cukup keren dengan artnya yang menawan, namun cerita yang kurang tereksplor dengan konflik yang tidak begitu mendalam membuat manga ini susah untuk bersaing dengan banyak manga populer dari jamannya. 

Sebagai karakter utama, Train Heartnet sebenarnya berbeda dengan karakter utama pada kebanyakan action manga yang pada awal cerita digambarkan lemah namun seiring waktu semakin kuat. Train Heartnet sejak awal sudh digambarkan kuat sedari awal, sehingga dapat mengalahkan setiap lawannya dengan mudah. Sedangkan dari konsep kekuatan ada yang disebut sebagai Tao, sebuah kekuatan misterius yang dimiliki orang-orang dari organisasi tertentu. Walapun begitu konsep kekuatan Tao ini kurang begitu spesial karena kekuatan yang kurang variatif dan kurang begitu unik.

3. MAR

5 Rekomendasi Action Manga dengan Cerita yang Pendek 5

MAR merupakan singkatan dari Marchen Awaken Romance adalah manga dari Anzai Nobuyuki. Mangaka yang satu ini terkenal sejak debutnya dengan Flame of Recca yang fenomenal pada saat itu. Manga ini bercerita mengenai seorang anak bernama Ginta Toramizu yang bosan dengan kehidupannya karena serba biasa saja dan tidak memiliki kelebihan apapun. Pada suatu hari Ginta bertemu dengan seseorang misterius yang mengirimkannya ke dunia dimana sihir merupakan hal yang biasa, dunia yang diidamkan Ginta sejak lama. Walaupun begitu Ginta juga harus terjebak dengan konflik antara dua organisasi yang besar yang nantinya menentukan nasib dari negeri sihir tersebut ke depannya.

Konflik dalam MAR sebenarnya tidak begitu rumit, hanya konflik antara si baik melawan si jahat yang dibalut dalam bentuk turnamen. Bahkan jika dibandingkan dengan Flame of Recca ceritanya masih lebih ringan dengan sedikit unsur brutal di dalamnya. Namun bagi kalian yang ingin membaca manga shonen action yang ringan dan tidak terlalu panjang, MAR merupakan bacaan yang cocok untuk kalian coba. 

2. Blazer Drive

5 Rekomendasi Action Manga dengan Cerita yang Pendek 6

Sama seperti 666 Satan manga ini juga dibuat oleh Seishi Kishimoto. Secara konsep manga ini lebih matang daripada 666 Satan, namun lebih pendek karena hanya terdapat total 9 volume. Manga ini bercerita mengenai Daichi seorang remaja yang tertarik dengan berbagai benda yang keren. Namun suatu hari kehidupannya berubah ketika sekelompok orang dari organisasi misterius menyerang dan mengancam keselamatan nyawanya. Yang kemudian mengungkap sisi tersembunyi dari Daichi termasuk terkait dengan kematian kakaknya, sejak saat itulah petulangan Daichi menjadi seorang Blazer dimulai.

Salah satu kelebihan utama dari manga ini yang adalah worldbuildingnya. Blazer Drive sendiri memgambil setting Jepang di masa depan, dimana berbagai macam teknologi yang bernama Mystickers eksis. Secara sekilas Mysticker nampak seperti biasa, namun dalam sticker tersebut tersimpan berbagai jenis kekuatan maupun energi yang dapat digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Sticker canggih ini juga dapat memberikan kekuatan dengan cara ditempelkan pada badan penggunanya. Konflik dalam manga ini juga seputar teknologi sticker tersebut, dimana terapat 5 buah sticker legendaris yang jika salah digunakan dapat membawa kehancuran pada dunia manusia.

1. Eat-man

5 Rekomendasi Action Manga dengan Cerita yang Pendek 7

Manga yang satu ini mungkin bagi kalian belum familiar, karena memang tidak terlalu populer dan tidak terlalu panjang hanya sekitar 19 volume. Manga karya dari Yoshitomi Akihito ini menceritakan tentang petualangan Bolt Crank yang merupakan “explorer” nomor satu di dunia. Explorer dalam cerita ini tidak hanya seorang petualang biasa namun mereka yang melakukan pekerjaan sebagai pembunuh bayaran. Bolt Crank dapat menjadi explorer nomor 1 dunia berkat kekuatannya, dia sendiri memiliki kekuatan unik yang membuat dirinya dapat memakan beragam jenis benda yang kemudian dapat diubah menjadi beragam jenis senjata mematikan yang dapat keluar dari tubuhnya. Kekuatannya ini tidak terbatas pada tubuhnya saja tetapi bahkan dalam keadaan  maksimal Bolt Crank dapat membuat sebuah kota.

Setting dari Eat-man memang dapat dikatakan menjadi nilai lebih tersendiri, karena berada dalam dunia cyberpunk dimana berbagai peralatan canggih hingga kota-kota besar yang sepenuhnya terbuat dari robot eksis. Hal ini menjadikan genre dari manga ini ke sci-fi walaupun banyak unsur fantasi juga di dalamnya karena terdapat berbagai macam ras dan terdapat sihir juga, membuat dunia dari manga ini makin menarik.

Deretan manga dengan genre action di atas memang tidak menyuguhkan cerita yang sangat panjang bahkan kurang dari 20 volume. Ini menjadi kelebihan tersendiri karena manga yang pendek cenderung memiliki jalan cerita yang fokus dan tidak melebar kemana-mana, walaupun memiliki kekurangan karena ceritanya yang pendek akan cenderung kurang begitu populer. Namun  bagi kalian yang tidak suka long-running series dan ingin mencoba manga action yang ringan, manga action di atas dapat menjadi pilihan.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.