5 Rekomendasi Anime yang Membuatmu Menangis

5 Rekomendasi Anime yang Membuatmu Menangis 1

Pernahkah Anda menonton sebuah film hingga berlinang air mata? Atau membaca buku hingga air menetes dari pipi ke halaman buku? Hal itu terjadi karena film yang kamu tonton atau buku yang kamu baca mampu merenyuhkan hatimu. Lalu, jalan cerita macam apa yang membuatmu menangis? Perpisahan? Kematian? Penderitaan?

Berikut adalah 5 rekomendasi Anime buat kamu yang menyukai topik sedih!

1. Anohana: The Flower We Saw That Day

5 Rekomendasi Anime yang Membuatmu Menangis 3
  • Year: Spring 2011
  • Produced by: A-1 Pictures
  • Episodes: 11

Ketika orang yang dicintai meninggal β€” baik itu teman, teman sekelas, atau anggota keluarga β€”hal-hal berubah. Teman dekat menjauh. Beberapa melanjutkan hidup sementara yang lain tetap bertahan di masa lalu.

Itulah yang terjadi pada Jinta “Jintan” Yadomi, seorang Hikikomori remaja. Setelah kematian Meiko “Menma” Honma, Jintan dan empat teman mereka lainnya β€” Naruko “Anaru” Anjo, Atsumu “Yukiatsu” Matsuyuki, Chiriko “Tsuruko” Tsurumi, dan Tetsudo “Poppo” Hisakawa β€” mulai kehilangan kontak satu sama lain dan melanjutkan hidup mereka.

Lima tahun kemudian, hantu Menma mengunjunginya, memintanya untuk membantunya memenuhi sebuah keinginan. Apa keinginan itu, dia tidak sepenuhnya ingat, tetapi menyatukan kembali geng lama adalah sebuah awal.

2. Your Lie in April

5 Rekomendasi Anime yang Membuatmu Menangis 4
  • Year: Fall 2014
  • Produced by: A-1 Pictures
  • Episodes: 22

Kousei Arima dulunya adalah anak jenius di bidang piano. Memenangkan banyak kompetisi dan mendapatkan reputasi di dunia musik klasik, ia tampaknya memiliki masa depan yang cerah, penuh warna dan penuh kemungkinan. Namun, setelah kematian ibunya Saki, kehancurannya di sebuah konser membuatnya berhenti bermain.

Kousei, sekarang di sekolah menengah, menghabiskan hari-harinya hidup di dunia monokrom, setelah menghabiskan dua tahun tanpa bermain piano tetapi berhasil hidup setiap hari berkat teman-temannya, tetangga ceria Tsubaki dan sahabatnya Watari.

Sampai Tsubaki memperkenalkannya kepada Kaori Miyazono, teman sekelas yang misterius dan cantik yang memainkan biola dengan cara yang belum pernah dia dengar sebelumnya, dan memperkenalkan warna ke dunianya lagi.

3. Angel Beats!

5 Rekomendasi Anime yang Membuatmu Menangis 5
  • Year: Spring 2010
  • Produced by: P. A. Works
  • Episodes: 13

Otonashi terbangun dan tiba-tiba menemukan bahwa dia tidak dapat mengingat apa pun, bahkan nama lengkapnya. Sebelum dia bisa berbuat sesuatu, seorang gadis berambut ungu dengan senapan sniper memberitahu dia bahwa dia sudah mati dan meminta dia untuk bergabung dengan pemberontakannya melawan Tuhan … tapi Tuhan tidak ditemukan dimanapun.

Dunia tempat mereka berada tampak seperti sekolah asrama Jepang yang sangat besar dan dihuni oleh NPC yang tidak berjiwa, meskipun realistis dan tidak berbahaya, yang bertindak seperti siswa dan fakultas biasa.

Satu-satunya musuh nyata dari Shinda Sekai Sensen (Afterlife Battlefront) adalah ketua OSIS, seorang gadis berambut putih pendek yang mereka sebut Tenshi (Angel), yang menggunakan kekuatan supernatural dalam upaya untuk memaksa SSS berperilaku seperti siswa biasa. Setiap orang nyata yang telah tunduk pada perilaku ini telah menghilang selamanya, sehingga anggota SSS memberontak.

Anime ini bercerita tentang waktu Otonashi di alam baka yang aneh ini, saat dia belajar tentang situasinya, berinteraksi dengan yang lain di SSS dan Angel, menunggu untuk mendapatkan kembali ingatannya, dan memutuskan apa yang harus dilakukan setelah dia melakukannya.

4. Plastic Memories

5 Rekomendasi Anime yang Membuatmu Menangis 6
  • Year: Spring 2015
  • Produced by: Dogakobo
  • Episodes: 13

Dalam waktu dekat, perkembangan teknologi telah menyebabkan kemajuan robotika. Hal ini telah menyebabkan salah satu perusahaan, SAI Corporation, untuk merancang, membuat, dan mengelola Giftias, android yang terlihat dan berperilaku hampir seluruhnya seperti manusia. Sayangnya, android ini hanya memiliki umur 81.920 jam (sekitar 9 tahun 3 bulan). Jadi, ketika mereka mencapai tanggal kedaluwarsa, karyawan SAI menangani android dan mengirimkannya ke departemen layanan terminal mereka.

Setelah gagal dalam ujian masuk perguruan tinggi, Tsukasa Mizugaki, ditawari posisi di perusahaan karena koneksi ayahnya. Dia ditempatkan di departemen layanan terminal dan diperintahkan untuk mengambil android yang sudah dekat akhir hidup mereka. Di sana, ia membentuk tim dengan Isla, seorang Giftia yang memiliki pengalaman dalam mengambil android dan menyajikan teh untuk sesama karyawan.

5. Violet Evergarden

5 Rekomendasi Anime yang Membuatmu Menangis 7
  • Year: Winter 2018
  • Produced by: Kyoto Animation
  • Episodes: 13

Ini adalah akhir dari perang brutal yang melanda benua Telsis. Ketika orang-orang dan bangsa-bangsa di negeri itu berusaha untuk memulihkan dan membangun kembali, seorang gadis yang tidak tahu apa-apa selain kematian dan kekerasan memulai kehidupan baru di Perusahaan Pos CH di kota besar Leiden, ibu kota Leidenschaftlich.

Sedikit yang tahu bahwa wanita muda yang cantik ini, Violet Evergarden, sebelumnya dikenal sebagai “Battle Maiden Leidenschaftlich,” yang bertugas dengan istimewa di unit operasi khusus di bawah komando Mayor Gilbert Bougainvillea di Angkatan Darat Leidenschaftlich.

Dalam pertempuran terakhir perang, Violet kehilangan kedua lengan dan Mayornya, dan setelah pulih dari luka-lukanya, dirawat di bawah perawatan mantan perwira militer Claudia Hodgins, pendiri CH Postal. Selain mengirimkan layanan surat biasa, CH Postal juga mempekerjakan Auto-Memory Dolls, seorang amanuens terampil yang menulis surat untuk orang buta huruf dan bagi mereka yang mencari bantuan untuk mengungkapkan perasaan mereka melalui kata-kata.

Setelah kehilangan semua makna dalam hidupnya, dan mencari tujuan baru untuk dirinya sendiri di negara yang sekarang damai, Violet bergabung dengan tim Auto-Memory Doll, di mana dia akan belajar menemukan kembali emosinya yang hilang dan memahami makna di balik kata-kata terakhir sang Mayor kepadanya: “Aku mencintaimu.”


Semua Anime yang direkomendasikan diatas berurusan dengan kematian, perpisahan, rasa rindu, dan keikhlasan. Alangkah baiknya menyiapkan tissue yang banyak sebelum menonton karena  jalan ceritanya made you feel all kinds of feeling.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Lyra