5 Rekomendasi Light Novel Psychological Terbaik

5 Rekomendasi Light Novel Psychological Terbaik 1

Psychological adalah genre dimana motivasi, pemikiran, dan perasaan suatu karakter menjadi tidak bisa ditebak. Kedengarannya menarik, bukan? Apa yang akan karakter lakukan ini selanjutnya? Bagaimana dia akan menghadapi situasi ini? Pertanyaan seperti itu terus bermunculan sehingga membuatmu membaca sampai akhir. Berikut rekomendasi light novel Psychological yang akan membuatmu gregetan.

1. Liar Mii-kun and Broken Maa-chan

5 Rekomendasi Light Novel Psychological Terbaik 3

Di suatu kota kecil, terdapat kasus pembunuhan dan penculikan secara beruntun, dimana kasus yang sama pernah terjadi delapan tahun yang lalu. Para korban, si pembohong kompulsif, Mii-kun (sang narator), dan Maa-chan (Misono Mayu) bertemu kembali dan mulai hidup bersama, meskipun ada anak-anak yang diculik di apartemen Mayu…

Novel ini menyajikan sudut pandang yang unik dan plot twist yang tidak disangka-sangka. Mii-kun yang selalu berbohong dan Maa-chan yang tidak bisa bisa dibilang waras. Bisakah kau memprediksi nasib mereka berdua?

Volume pertama dari novel ini sudah diadaptasi menjadi manga dan sudah ada Live Action Movie-nya juga.

2. We Don’t Open Anywhere -There are no facts, only interpretations.-

5 Rekomendasi Light Novel Psychological Terbaik 4

Jika murid paling populer di sekolah tiba-tiba mendekatimu, apa yang akan kau lakukan? Terlebih lagi, dia mulai mengatakan hal-hal tidak masuk akal seperti pertahanan dan perlindungan sihir! Hal inilah yang dialami Kouta Hiiragi, murid yang tampak biasa-biasa saja tanpa kelebihan apapun. Selain itu, Hiiragi memiliki teman yang selalu berbisik, “Aku ingin membunuh seseorang…”

Tidak seperti kisah romansa boy-meet-girl yang biasanya, jalan cerita novel ini lebih terfokus pada misteri yang melibatkan Kouta Hiiragi, temannya yang berandalan, ketua kelas yang rajin, dan murid terpopuler, Miki Kouzuki.

3. Gekkou

5 Rekomendasi Light Novel Psychological Terbaik 5

Gekkou, atau “Cahaya Bulan”, menceritakan hubungan yang aneh antara laki-laki sinis dan gadis sempurna.

Sebutlah laki-laki sinis ini bernama Nonomiya yang menghabiskan hari-harinya dalam kebosanan, mencari kesenangan dari kehidupan yang membosankan dengan imajinasinya. Suatu hari, ia menemukan buku tulis milik−gadis cantik yang sering digosipkan−Youko Tsukimori, terlantar di lantai.

Mencuatlah secarik kertas dari bawah buku tersebut dengan judul−yang tidak terduga−“Resep Membunuh”. Keingintahuannya pun bangkit, dengan cepat ia memasukkan kertas tersebut ke dalam kantongnya, hanya untuk mengetahi bahwa resep yang menjanjikan tersebut berisi suatu skenario yang mungkin (atau tidak) menyebabkan kecelakaan maut, bahkan tidak layak disebut ‘rencana’.

Sementara ia menanyakan hal tersebut esok harinya, gadis tersebut tidak merasa kehilangan apapun. Namun kemudian, bapaknya meninggal. Dalam kecelakaan…

Jadi penasaran, kan? Apakah kecelakaan itu hanya ada hubungannya dengan “Resep Membunuh”? Siapakah Youko Tsukimori sebenarnya? Dan yang paling penting lagi, bagaimana hubungan diantara keduanya berjalan? Novel ini menyajikan plot twist demi plot twist yang tidak akan membuatmu bosan.

4. The Empty Box and Zeroth Maria

5 Rekomendasi Light Novel Psychological Terbaik 6

2 Maret adalah saat di mana si murid pindahan, Otonashi Aya tiba di kelas 1-6. Seluruh murid di kelas terpaku akan kecantikannya dan penasaran akan alasannya pindah sekolah di tengah-tengah semester.”Perkenalan diri”-nya, berakhir hanya dengan sekilas menyebut namanya saja, hal itu membuat seluruh murid di kelas terdiam. Hingga kemudian dia menyebut nama Hoshino Kazuki dan mengaku akan menghancurkannya. 

Jalan cerita ditulis dari sudut pandang Hoshino Kazuki, siswa biasa-biasa saja yang entah kenapa membuat Otonashi Aya marah, meskipun dia belum pernah bertemu dengannya.  Tidak tanggung-tanggung, dari awal pembaca sudah dibuat kebingungan dengan misteri demi misteri yang tidak ada habisnya. Style penulisannya mampu membuat pembaca semakin tertarik lebih jauh kedalam rahasia dibalik identitas Otonashi Aya dan hubungannya dengan Hoshino Kazuki.

Dalam bahasa jepang, judulnya adalah Utsuro no Hako to Zero no Maria, atau bisa disingkat Hakomari. Novel ini sudah tamat dengan total 7 volume. 

5. Kamisu Reina

5 Rekomendasi Light Novel Psychological Terbaik 7

Kamisu Reina adalah teman para penyendiri, pembantai keluarga, penyelamat dunia, dan pembunuh kekasih — ia pun begitu cantik. Siapakah dia dan apa tujuannya? Pencarian identitasnya yang sesungguhnya dimulai dari Fumi Saito, yaitu seorang pelajar kesepian, yang teman dan pendukungnya hanyalah Reina, dan dia menyalahkan hal-hal yang tidak dia lakukan…Ini adalah cerita tentang delusi, keputusasaan dan pemusnah keindahan.  

Benar, novel ini mengupas satu pertanyaan-“Siapa itu Kamisu Reina?”, dan mengepak semua misteri itu dalam narasi yang membuat jantung berdebar-debar.

Jika kamu menikmati The Empty Box and Zeroth Maria diatas, maka kamu pasti akan menyukai novel serial Kamisu Reina. Keduanya berasal dari penulis yang sama, yaitu Eiji Mikage.


Jika kamu adalah pecinta misteri dan thriller, tidak ada salahnya mencoba membaca kelima light novel diatas. Apalagi karena jalan ceritanya dikemas dalam format light novel, plot dan karakterisasi jadi lebih bisa dicerna.

Sayangnya genre Psychological tidak sepopuler genre yang sudah mainstream seperti Isekai dan Harem. Karena itu, jika kamu menikmati membaca salah satu novel diatas, jangan lupa direkomendasikan ke kerabat atau teman terdekat juga!

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Lyra