5 Ritual Puasa Orang Jawa Di Percaya Meningkatkan Kesaktian

5 Ritual Puasa Orang Jawa Di Percaya Meningkatkan Kesaktian 1

Masyarakat Jawa sangat kental dengan hal-hal berbau spiritual, Konon dahulu para jawara dan pendekar meningkatkan kesaktian mereka dengan berpuasa. Akan tetapi, puasa yang mereka jalankan berbeda dengan puasa yang di jalankan orang islam pada umumnya. Hingga sekarang ritual puasa tersebut di wariskan secara turun temurun hingga saat ini.

Beberapa Ritual puasa yang dilakukan antara lain :

5 Ritual Puasa Orang Jawa Di Percaya Meningkatkan Kesaktian 3

1. Puasa Mutih

Puasa mutih yaitu puasa yang makan dan minumnya hanya dengan air putih dan nasi putih tanpa lauk-pauk dan tanpa bumbu apapun, baik saat sahur maupun saat berbuka. Intinya, mereka yang melakukan puasa mutih harus menghindari rasa. Puasa mutih tidak bisa dilakukan sembarang waktu. Biasanya masyarakat jawa memakai hitungan kalender jawa seperti bulan sura, apit, dan lain sebagainya. Sebab, pada bulan-bulan tertentu biasanya sering turun wangsit untuk memulai puasa mutih.

5 Ritual Puasa Orang Jawa Di Percaya Meningkatkan Kesaktian 4

2. Puasa Pati Geni

Pati geni memiliki arti tidak makan, tidak minum dan tidak tidur sampai batas waktu yang di tentukan. Tempat untuk melakukan puasa itu harus benar-benar gelap tanpa ada penerangan sedikitpun, baik di siang hari maupun malam hari. Selain menahan rasa lapar dan dahaga, mereka harus menahan rasa kantuk sampai waktu tertentu.

5 Ritual Puasa Orang Jawa Di Percaya Meningkatkan Kesaktian 5

3. Puasa Ngeluwang

puasa jenis ini tergolong puasa yang sangat berat yang mana di haruskan untuk di kubur hidup-hidup dan hanya di beri satu lubang kecil untuk bernafas. biasanya orang yang menjalani puasa ini sudah memiliki kesempurnaan jiwa tujuannya untuk menajamkan indra batin, sehingga ketika keluar dari lubang tersebut. Mata batinnya akan semakin tajam dan menempus penghalang-penghalang yang tertutup.

5 Ritual Puasa Orang Jawa Di Percaya Meningkatkan Kesaktian 6

4. Puasa Ngidang

Ngidang dalam bahasa jawa memiliki arti berperilaku seperti kijang. Puasa ngidang hanya di perbolehkan makan dedaunan mentah atau sayur-sayuran yang tanpa di masak. Jenis puasa ini tidak memperbolehkan meminum air yang matang atau sudah di rebus harus air dari sumur atau air dari hujan. Khasiat puasa ini melatih ketahanan diri karena makanan dan minuman yang di konsumsi adalah mentah sehingga rawan menimbulkan penyakit dalam tubuh.

5 Ritual Puasa Orang Jawa Di Percaya Meningkatkan Kesaktian 7

5. Puasa Ngebleng

Ngebleng artinya tidak sama sekali, puasa ini hampir sama dengan puasa pati geni tidak makan, tidak minum dan tidak tidur. Puasa ngebleng tidak boleh melihat matahari atau sinar lampu sedikitpun. Biasanya puasa ngebleng di gunakan untuk melatih ilmu kanuragan dengan mata ditutup dengan kain atau penghalang lainnya selama 41 hari atau sesuai petunjuk guru spiritual.

Di kalangan orang jawa puasa-puasa di atas sangat terkenal, diyakini masih banyak orang yang melesatarikannya hingga saat ini.

Semoga Bermanfaat.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.