5 Rivalitas Klub Sepak bola Inggris Yang Paling Panas


5 Rivalitas Klub Sepak bola Inggris Yang Paling Panas 1

Rivalitas merupakan bumbu penyedap rasa dalam sepak bola. Tanpa rivalitas yang memanaskan pertandingan, akan menjadi kurang menarik untuk disaksikan. Rivalitas itu juga yang kadang membuat sebuah tim tampil melewati batas-batas kemampuannya, ia tampil luar biasa meski di pertandingan lain hanya biasa-biasa saja.

Inggris, negara yang mengaku sebagai tempat kelahiran sepak bola ini pun memiliki banyak cerita-cerita tentang rivalitas klub-klubnya yang begitu menarik untuk diperhatikan. Rivalitas tersebut kemudian dibumbui dengan kesegalaannya untuk menarik minat pasar dan sebagainya.

Rivalitas lebih akrab di panggil “Derby”, meski mereka tak sekota. Kawasan tertentu menjadi tolak ukur siapa yang terbaik, terkuat, dan paling pantas dihargai. Berikut ini ada 5 derby yang paling panas di Inggris. Pertemuan klub mana sajakah itu? Simak ulasan berikut.

5. Derby North West London (Arsenal vs Chelsea)

5 Rivalitas Klub Sepak bola Inggris Yang Paling Panas 3

Pertandingan Chelsea melawan Arsenal selalu menarik perhatian, itu karena mereka tak hanya sama-sama mengincar kemenangan saja. Lebih dari itu, siapa penguasa London bagian Barat daya, atau penguasa London. Pertarungan mereka tak hanya sekedar di lapangan selama 90 menit saja. Jauh berhari-hari sebelumnya telah dimulai, dan selesai berhari-hari kemudian. 

Perseteruan dua klub ini telah dimulai semenjak tahun 1930. Namun dalam sejarah pertarungan mereka hingga 26 Desember 2020, Arsenal masih memimpin kemenangan dengan 78 kali, sedangkan Chelsea baru meraih 65 kali kemenangan, 59 kali pertandingan berakhir dengan sama-sama kuat.

4. Derby Manchester (Manchester United vs Manchester City)

5 Rivalitas Klub Sepak bola Inggris Yang Paling Panas 4

Perseteruan menarik lainnya datang dari Manchester yang dalam beberapa tahun terakhir begitu ketat dan memanas karena Manchester City yang kemudian menjadi klub papan atas di Inggris. Sebelumnya Manchester City hanya dianggap sebagai tetangga yang berisik, yang tak mampu mengganggu kejayaan Manchester United. Namun, setelah Manchester City menjadi juara Liga Inggris pada tahun 2011/2012, Manchester City tak hanya sebagai tetangga yang berisik, namun menjadi pengganjal perjalanan Manchester United.

Pertandingan pertama mereka terjadi pada tanggal 12 November 1881, waktu itu Manchester United masih bernama Newton Health. Hingga 12 November 2020, kedua klub ini telah bertemu sebanyak 183 kali dengan kemenangan Manchester United 76 kali, Manchester City 54 kali, dan berakhir imbang 53 kali.

3. North London Derby (Arsenal vs Tottenham Hotspurs)

5 Rivalitas Klub Sepak bola Inggris Yang Paling Panas 5

Pertandingan antara Arsenal dan Tottenham Hotspurs selalu dikatakan paling panas di Inggris. Tottenham dan para fans tak terima dengan kedatangan Arsenal di wilayah mereka dan mengganggu berbagai kemapanan yang ada. Itu terjadi pada tahun 1913 ketika Arsenal pindah dari  Manor Ground , Plumstead ke Arsenal Stadium,  Highbury yang hanya berjarak 4 mil dari markas Tottenham,  White Hart Lane.

Selama dalam sejarah, Arsenal dan Tottenham Hotspurs telah bertemu sebanyak 201 kali hingga 6 Desember 2020 dengan kemenangan Arsenal sebanyak 82 kali, Tottenham 66 kali dan imbang 53 kali.

2. Derby of Merseyside (Liverpool vs Everton)

5 Rivalitas Klub Sepak bola Inggris Yang Paling Panas 6

Perseteruan panas lainnya datang dari kota Liverpool, antara Liverpool FC dengan Everton. Jarak kedua klub ini kurang dari satu mil. Para anggota keluarga disana bisa menjadi pendukung klub yang berbeda, kemudian derby ini disebut juga dengan derby persahabatan. Meskipun persahabatan rivalitas kedua klub ini sangat ketat. Everton sebenarnya lebih dulu berdiri di kota ini dan menggunakan stadion Anfield. Namun karena perseteruan politik kemudian Everton memilih untuk bermarkas di tempat lain yang tak jauh dari Anfield. Kemudian terbentuklah Liverpool yang menempati Anfield hingga saat ini.

Selama dalam sejarah, Liverpool dan Everton telah bertemu 235 kali hingga 17 Oktober 2020. Dari pertemuan tersebut, Liverpool memenangkan pertandingan 93 kali, Everton 66 kali dan berakhir imbang 76 kali.

1. North-West Derby (Liverpool vs Manchester United ) 

5 Rivalitas Klub Sepak bola Inggris Yang Paling Panas 7

Rivalitas dua klub dengan koleksi gelar terbanyak di Inggris antara Manchester United dan Liverpool ini merupakan salah satu derby paling ketat didunia. Persaingan kedua klub ini melebihi persaingan derby antar kota mereka. Merupakan salah satu pembuktian siapa yang terkuat di tanah Inggris. Derby ini berlatar belakang sejarah persaingan ekonomi dan industri antara 2 kota yang bedekatan ini. 

Persaingan mereka tak hanya dalam meraih kemenangan dalam satu pertandingan, akan tetapi juga persaingan dalam mengoleksi trofi juara. Selama sejarah Manchester United telah mengoleksi 66 trofi, sedangkan Liverpool 64 trofi dari semua ajang lokal dan internasional yang mereka ikuti.

Hingga 20 Januari 2020, mereka telah bertemu sebanyak 204 kali, dengan kemenangan untuk Manchester United 80 kali, Liverpool 67 kali, dan berakhir imbang 57 kali.

Itulah rivalitas di Inggris yang begitu ketat dalam setiap pertandingan serta dengan cerita yang panjang sebelum dan sesudah pertandingan digelar. Kisah-kisah itu selalu menarik untuk diikuti sebagai bumbu-bumbu pertandingan sepak bola di luar lapangan.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Elang

   

Semenjak lama suka menulis, kemudian mencoba untuk menuangkannya melalui media sosial atau blog. Sekarang sedang merawat blog di http://tanimillenial.com

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap