5 Stadion Sepakbola di Inggris Yang Kini Tinggal Kenangan

5 Stadion Sepakbola di Inggris Yang Kini Tinggal Kenangan 1

Stadion di Inggris memang menyajikan berbagai fasilitas lengkap dan juga berkapasitas besar, namun untuk membangun stadion itu stadion lama banyak yang akhirnya berubah fungsi dan tak lagi dipergunakan, bahkan berubah menjadi bangunan lain, seperti apartemen, perumahan, mall, bahkan rata dengan tanah.

Di Inggris, khususnya di kompetisi Premier League, kompetisi liga elit di dunia pasti setiap klub memiliki stadion sebagai penunjang tim agar bermain lebih semangat serta menopang kegiatan bisnis di dunia sepakbola menjadi lebih meningkat. Belum lagi untuk menopang suporter atau pendukung setiap klub sepakbola di Inggris.

Kini ada beberapa stadion di Inggris yang dulunya menjadi sangat vital, ketika menjadi kandang atau markas sebuah klub sepakbola di Inggris, kini sudah tak dipergunakan, bahkan sudah tak terlihat bentuknya, karena telah beralih fungsi. Berikut 5 stadion yang dahulu menjadi markas sebuah klub khususnya yang pernah merumput di Liga Inggris yang kini sudah tak digunakan :

1. Burnden Park (Bolton Wanderers)

Stadion Burnden Park sebelum dirobohkan
Stadion Burnden Park sebelum dirobohkan

Stadion bernama Burnden Park ini merupakan markas klub terkena Inggris, Bolton Wanderers sebelum akhirnya klub ini hijrah ke stadion baru di Reebok Stadium, namun keberadaan stadion yang historis ini telah tak terlihat, dan kini stadion ini telah beralih fungsi menjadi sebuah pusat perbelanjaan atau mall yang bernama ASDA Superstore. 

ASDA Superstore, Bolton
ASDA Superstore, Bolton

Stadion ini telah menjadi kandang Bolton Wanderers sampai tahun 1997 sejak tahun 1895 berarti sudah 100 tahun lebih stadion ini dipergunakan oleh klub Bolton Wanderers, dan tentunya memiliki historis yang tinggi, meski kini stadion ini hanya meninggalkan cerita saja.

2. Roker Park (Sunderland)

Roker Park markas klub Sunderland sebelum dirobohkan
Roker Park markas klub Sunderland sebelum dirobohkan

Stadion bernama Roker Park Stadium dahulu menjadi markas atau kandang klub ternama Inggris Sunderland, hingga tahun 1997, namun kini Sunderland harus merelakan stadion kebangaan mereka yang telah lama menjadi kandang mereka sebelum akhirnya mereka harus hijrah ke kandang baru di Stadium of Light. 

Video Roker Park Stadium

Roker stadium setelah dialih fungsi menjadi perumahan
Roker stadium setelah dialih fungsi menjadi perumahan

Namun stadion ini tak terlihat lagi sebagai sebuah arena sepakbola, dan telah beralih fungsi menjadi sebuah perumahan di daerah tersebut. Stadion ini juga menyimpan kenangan manis saat terakhir dipergunakan pertandingan sepakbola kala melawan Liverpool, Sunderland berhasil meraih kemenangan tipis atas Liverpool 1-0 sebekum akhirnya merupakan pertandingan terakhirnya di stadion ini sekaligus sebagai pertandingan perpisahan dengan markas Sunderland tersebut.

3. Ayresome Park (Middlesbrough)

Ayresome Park sebelum dirobohkan
Ayresome Park sebelum dirobohkan

Stadion bernama Ayresome ini dulunya menjadi kandang bagi klub legendaris Middlesbrough yang dijuluki The Boro. Pemain seperti Juninho Paulista dan Ravanelli yang merupakan mantan punggawa The Boro yang saat itu merasakan bermain di stadion ini. Namun tahun 1995 Middlesbrough harus hijrah ke stadion lain ke Riverside Stadium dan menjadi kandang baru The Boro hingga sekarang. Stadion ini sudah dipergunakan selama 92 tahun lamanya sejak tahun 1903 saat Middlesbrough masih bermain di Football League.

Video  Ayresome stadium

Ayresome estate
Ayresome estate

Namun kini stadion ini telag beralih fungsi menjadi perumahan mewah bernama Ayresome Park House Estate. Bahwa yang menarik dari area Ayresome Park Houses Estate ini adalah terdapat beberapa patung pemain sepakbola, batu bata yang memiliki rupa seperti satu pasang sepatu disetiap halaman rumah, menurut info, salah satu tempat sepatu itu berada di titik putih tendangan pinalti di stadion tersebut.

4. Maine Road (Manchester City)

Maine Road Stadium sebelum dirobohkan
Maine Road Stadium sebelum dirobohkan

Stadion bernama Maine Road merupakan bekas markas Manchester City dan termasuk salah satu stadion terbesar di Inggris. Stadion saat itu memiliki kapasitas 80 ribu penonton lebih, dan telah menjadi markas Manchester City selama 80 tahun lebih.

Video Maine Road Stadium

https://youtu.be/xlITruEcXI4

Namun keberadaan stadion ini tak lagi terlihat dan sudah menjadi kawasan perumahan tahun 2003. Manchester City kini mempergunakan markas barunya bernama Ettihad Stadium yang hanya berkapasitas 31 ribu penonton dan menjadi kandang bagi klub Manchester City hingga sekarang.

Maine Road Estate
Maine Road Estate

Video Maine Road Estate

5. Highbury (Arsenal)

Stadion Highbury sebelum dirobohkan
Stadion Highbury sebelum dirobohkan

Stadion legendaris yang juga pernah menjajdi kandang Arsenal selama puluhan tahun bernama Highbury dengan jumlah kursi 60 ribu hingga pada akhirnya harus dirobohkan tahun 2013. Arsenal kini telah memakai stadion Emirates kebanggaan the gunners. Meski berada dikandang baru, Arsenal bak seperti puasa gelar lama, mengingat stadion lama Highbury telah mempersembahkan banyak gelar bagi The Gunner, dengan sejarah historis panjang, artinya stadion highbury menjadi saksi bisu kiprah Arsenal di sepakbola Inggris.

Apartemen highbury
Apartemen highbury

Namun keberadaan stadion ini sudah tak terlihat lahi dan menjadi kenangan besar Arsenal, bagaimana nama bintang seperti Thierry Henry, Patrick Vieira dibesarkan di stadion ini, kini telah rata dengan tanah, dan menjadi area apartemen besar dan lapangan di Highbury telah menjadi lokasi kebun yang indah dan rapi.

Video Highbury Estate

Nah itu tadi 5 stadion di Inggris yang kini hanya menyisakan kenangan saja, dan sudah tidak dipergunakan oleh klub, karena sudah beralih ke stadion baru, dan stadion ini mayoritas sudah dirobohkan dan menjadi kawaan alih fungsi.

Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Faizal Chandra