5 Strategi Jitu agar anak Berhenti Berbohong, Hadapi dengan Baik dan Bijak

5 Strategi Jitu agar anak Berhenti Berbohong, Hadapi dengan Baik dan Bijak 1

Semua anak pasti pernah berbohong entah sekali atau beberapa kali.ini biasanya bukanlah masalah yang perlu dikhawatirkan.Namun, ketika kebohongan ini menjadi kebiasaan disaat itulah berubah menjadi masalah yang signifikan.

Berbohong merupakan kebiasaan yang buruk namun terkadang itu merupakan cara yang efektif bagi anak saat mendapatkan masalah entah itu untuk mengelak dari tanggung jawab dan lainnya. saat anak berbohong sebagai orang tua perlu mengatasinya dengan cara yang lugas dan bijak agar kebohongan itu tidak terjadi lagi.

Berikut adalah beberapa strategi yang diperlukan untuk menghentikan seorang anak agar berbohong.

1.Menanyakan Alasan Kebohongan.

5 Strategi Jitu agar anak Berhenti Berbohong, Hadapi dengan Baik dan Bijak 3

Hal ini sudah sering menjadi pertanyaan yang sering ditanyakan orang tua saat anak mereka berbohong.Namun yang menjadi masalahnya adalah tanggapan orang tua terhadap sang anak atas alasan yang mereka katakan seperti memarahinya ataupun tidak mempercayai kata-kata sang anak lagi.Hal yang harus dilakukan adalah mendengarkan serta menasihatinya dengan baik dan bijak.

2. Biasakan Seorang Anak untuk Mengatakan Apa yang dia Inginkan.

5 Strategi Jitu agar anak Berhenti Berbohong, Hadapi dengan Baik dan Bijak 4

Anak sering kali menginkan sesuatu yang dia inginkan,Namun terkadang orang tua tidak dapat memberikannya serta terkadang beberapa orang tua memberikan janji atau harapan kepada sang anak untuk melakukan beberapa hal terlebih dahulu untuk mendapatkan apa yang dia inginkan.contohnya ketika orang tua mengatakan bahwa sang anak bisa meminta apapun asalkan sudah menyelesaikan pekerjaan rumahnya di saat itulah anak berbohong dan mengatakan bahwa ia sudah melakukannya.

3. Berikan Contoh Yang Baik.

5 Strategi Jitu agar anak Berhenti Berbohong, Hadapi dengan Baik dan Bijak 5

Hal yang tidak kalah oenting untuk menekankan sifat kejujuran dalam keluarga terutama anak adalah perilaku orang disekitarnya maupun orang tua itu sendiri.orang tua bisa memberi contoh perilaku yang jujur dan jangan malu untuk mengakui kesalahan serta meminta maaf terlebih dahulu dengan alasan yang jelas saat melakukan kesalahan.

4. Menghargai Kejujuran Dan Pengakuan.

5 Strategi Jitu agar anak Berhenti Berbohong, Hadapi dengan Baik dan Bijak 6

Sebagai orang tua pasti kita menginginkan kejujuran serta pengakuan anak dengan baik terkadang kita hanya perlu menghargainya dan katakan bahwa semuanya lebih baik diceritakan dan diakui daripada menerima serta membiarkan kebohongan tersebut.

5. Memberikan Selalu Respons dengan baik tanpa Emosional berlebihan.

5 Strategi Jitu agar anak Berhenti Berbohong, Hadapi dengan Baik dan Bijak 7

Jika anak bercerita tentang hal yang tidak benar – benar dia alami, orang tua dapat memberi respons dengan hal yang tidak bersifat menghakimi atau memojokkan sang anak karena hal inilah yang dapat mendorong sang anak untuk lebih terbuka dan mengatakan kejujuran yang sebenarnya entah itu yang ia rasakan maupun yang ia alami.

Namun jika anak Berbohong karena menutupi kesalahannya,doronglah anak untuk mengakui kesalahannya dan berikan pujian ketika ia mau berkata jujur.

bila anak berbohong karena ingin dianggap baik atau mendapat pujian,orang tua dapat mengarahkan kepada keadaan yang sebenarnya . berikan penjelasan bahwa ia tidak perlu berbohong untuk menjadi yang terbaik,cukup dengan mengakui segala kebohongan dan bertindak jujur serta menjadi dirinya sendiri disaat itulah orang tua akan memberikan pujian.

***

Semua Anak Pasti akan berbohong sesekali, Namun sangat penting untuk Menghentikan ketidakjujuran seperti ini sejak awal agar tidak menjadi boomerang bagi kita sendiri terutama para orang tua dalam mendidik anak mereka. semoga dengan mempraktikan tips di atas, ini akan memastikan adanya lebih banyak kebiasaan yang baik dirumahmu.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Syilvani Amanda