5 Taman Nasional di Sumatra yang Cocok Buat Liburan

5 Taman Nasional di Sumatra yang Cocok Buat Liburan

Pulau , terletak di sisi barat dan tepat di bawah pulau Singapura. Ada daerah bersejarah terkenal seperti Banda Aceh yang termasuk sebagai salah satu tempat penting selama era kolonial. Di sana, kamu bisa belajar satu atau dua hal tentang sejarah perdagangan sambil menikmati makanan populer .

Selain keindahan , pulau ini juga memiliki beberapa tempat populer untuk dikunjungi, misalnya, Ngarai Sianok yang indah. Kamu mungkin juga akan menemukan yang dibangun dan dikembangkan dengan indah untuk menghadirkan keindahan serta mendidik para pengunjung pada saat yang sama. Ada beberapa Taman Nasioanl yang dapat kamu temukan di pulau itu, seperti:

1. Berbak, Jambi

5 Taman Nasional di Sumatra yang Cocok Buat Liburan

Salah satu dari banyak alasan mengapa kamu harus mengunjungi adalah adanya yang disebut Berbak. Tempat ini sebenarnya adalah Konservasi Lahan Basah Internasional terbesar di kawasan Asia Tenggara.

Kaya dengan hutan rawa, Berbak dapat memanjakan para petualang ilmiah untuk menjelajahi kehidupan dan habitat liar dengan banyak varietas flora maupun fauna. Lingkungan ini juga merupakan rumah alami bagi Harimau Sumatera. Jadi ketika menjelajahi daerah tersebut menggunakan perahu, kamu mungkin akan memperhatikan keberadaannya di tepi sungai.

Namun, dengan tanah yang lama terendam air ini, asam di dalam tanah telah meningkat, dan dengan demikian menciptakan tanah yang kaya akan konten humus. Seperti dikatakan sebelumnya, karena hampir 80% lokasi diisi dengan air, penjelajahan selalu menggunakan perahu yang andal. Kamu mungkin memiliki kesempatan untuk menjelajahi sungai mengalir yang membagi tanah, sambil mendengarkan kicauan burung dan suara menyegarkan dari air yang mengalir.

Baca juga  12 Danau Terindah Ini Patut Kamu Kunjungi di Austria

Di sekitar area, ada pos-pos pengamatan yang dibangun di tempat-tempat tertentu di dekat sungai, dan kamu dapat beristirahat di sana. Aromanya adalah lahan basah yang dapat dinikmati sepenuhnya saat disambut oleh cahaya pagi.

 

2. Way Kambas, Lampung

5 Taman Nasional di Sumatra yang Cocok Buat Liburan

Di bagian Kabupaten Lampung, ada yang mungkin akrab bagi orang-orang, yaitu Way Kambas. ini terkenal karena kelahiran satu Badak Sumatera yang disebut Andatu.

Itu terjadi pada 2012, saat badak itu lahir dari satu spesies badak yang masing-masing bernama Andalas dan Ratu. Andalas didatangkan dari Kebun Binatang Cincinnati Amerika, dan Ratu lahir di tempat ini. Di liar, jumlah Badak Sumatera adalah sekitar 200 ekor. Di habitat non-alami, kamu dapat menemukan sekitar 4 ekor di ini, 3 di Malaysia, dan yang lainnya di Amerika.

Tidak hanya berfokus pada konservasi Badak Sumatera, ini juga memiliki beberapa hewan endemik langka lainnya seperti Gajah Sumatera, Harimau Sumatera, tapir, dan beruang madu.

Baca juga  7 Geopark Luar Biasa di Indonesia yang Tak Boleh Kamu Lewatkan

 

3. Bukit Barisan Selatan, Lampung

5 Taman Nasional di Sumatra yang Cocok Buat Liburan

Lokasi Bukit Barisan Selatan ini cukup . Tempat itu umumnya dimaksudkan untuk menjadi tempat bagi hewan langka Sumatera. Kamu dapat menemukan beberapa yang besar seperti Harimau Sumatera, gajah, dan juga badak. Kamu dapat melihatnya dengan baik di sini, dan kamu dapat menikmati hal-hal lain juga. Apa itu?

Itu adalah daerah vulkanik di dekatnya. Kamu dapat menemukan area vulkanik dangkal yang masih aktif hingga saat ini. Pada hari-hari biasa, kamu bisa melihat asap putih yang berasal dari vulkanik panas di sana.

Daerah yang disebut Suoh ini meletus kembali pada tahun 1933 ketika ada Kerajaan di sini. Letusan tersebut membuat orang-orang mengungsi ke tempat yang lebih aman, sementara juga membawa para pencari nafkah dengan menyediakan logam, mineral, dan minyak alami untuk mereka.

 

4. Sembilang, Banyu Asin

5 Taman Nasional di Sumatra yang Cocok Buat Liburan

Berikutnya adalah tempat yang dianggap sebagai salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan di Sumatera Selatan, sebuah bernama Sembilang. Area seluas 202.000 hektar ini merupakan kombinasi antara lahan gambut dan hutan rawa. Hasilnya adalah tanah lumpur luas yang menutupi seluruh tempat, yang juga menjadi tempat tinggal bagi banyak vertebrata kecil seperti cacing dan kepiting kecil.

Baca juga  10 Tempat yang Bikin Kita Terasa di Planet Lain

Hewan-hewan kecil di lahan basah ini adalah menu favorit untuk burung yang bermigrasi. Itu sebabnya, selama musim migrasi seperti Oktober, ada sekitar 28 jenis burung yang menikmati makanan mereka di daerah ini.

Biasanya burung-burung bermigrasi dari daerah Alaska yang lebih dingin atau Siberia Utara ke wilayah Australia yang lebih hangat. Ini seperti tempat istirahat bagi mereka. Jika kamu ingin menyaksikan beberapa jenis burung yang tidak biasa seperti Sterna bergii atau Pseudototanus guttifer, pastikan untuk datang tepat di bulan Oktober.

 

5. Batang Gadis, Mandailing Natal

5 Taman Nasional di Sumatra yang Cocok Buat Liburan

Di ketinggian 300 hingga 2.145 mdpl dari daerah pegunungan Bukit Barisan, kamu dapat menyaksikan keindahan dari salah satu hal besar yang dapat dilakukan di Sumatera Utara, Batang Gadis. Kawasan Batang Gadis ini terdiri dari satu sungai besar bernama Batang Gadis yang dikelilingi oleh hutan hujan tropis.

Tempat itu menjadi lokasi evakuasi bagi begitu banyak hewan yang melarikan diri dari habitat alami mereka akibat kebakaran hutan atau pembalakan liar. Kehidupan di sini tenang dan damai, dengan banyak hewan hidup di dalamnya, termasuk Harimau yang langka juga.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rado