5 Tanda Infeksi Saluran Kemih, Sudah Tahukah Kamu ?


5 Tanda Infeksi Saluran Kemih, Sudah Tahukah Kamu ? 1

Saluran kemih merupakan salah satu organ dari tubuh yang berfungsi untuk membuang zat – zat sisa dari apa yang masuk ke dalam tubuh. Namun, ada beberapa orang juga sering mengalami masalah pada organ tersebut yaitu infeksi. Hal ini terjadi karena beberapa faktor seperti sering menahan buang air kecil,  salah dalam membersihkan penis atau vagina, maupun dalam berhubungan seks. Dan jika kondisi seperti ini terus dibiarkan, maka akan menyebabkan kerusakan pada ginjal. Karena itu, berikut ini ada 5 tanda infeksi saluran kemih yang wajib kamu ketahui. Yuk simak di bawah ini.

1. Adanya Rasa Sakit Saat Kencing

5 Tanda Infeksi Saluran Kemih, Sudah Tahukah Kamu ? 3

Ketika sedang membuat urine terasa nyeri atau sakit itu bisa disebut dengan disuria. Hal ini bisa terjadi karena adanya peradangan pada saluran kemih. Saat mengeluarkan air urine, air tersebut akan menyebabkan rongga saluran kemih yang meradang tertekan sehingga menimbulkan rasa sakit atau nyeri. Selain itu menurut jurnal American Family Physician pada tahun 2015, mengatakan bahwa penderita dapat merasakan seperti disengat saat mengeluarkan air urine tersebut.

2. Terlalu Sering ke Toilet

5 Tanda Infeksi Saluran Kemih, Sudah Tahukah Kamu ? 4

Seperti yang dilansir dari laman Healthy Bladder Guide NHS London, mengatakan bahwa jika seseorang terlalu sering bolak – balik ke kamar mandi lebih dari tujuh kali dalam sehari, maka hal itu perlu diwaspadai. Dan perlu diingat bahwa, jika sedang merasa ingin buang air kecil, sebaiknya segera keluarkan dan jangan di tahan. Karena bisa menyebabkan atau memicu infeksi pada saluran kemih.

3. Sering Terbangun Saat Malam Hari Untuk Buang Air Kecil

5 Tanda Infeksi Saluran Kemih, Sudah Tahukah Kamu ? 5

Pastinya kalian pernah terbangun saat malam hari untuk buang air kecil bukan ? Jika hal itu terjadi sebanyak lebih dari dua kali maka itu merupakan gejala dari nokturia. Seperti dilansir dari MedlinePlus mengatakan bahwa, nokturia bisa ditandai dengan terbangunnya seseorang saat malam hari dan membuang air kecil lebih dari dua kali. Untuk orang normal sendiri, biasanya tidur selama 6 sampai 8 jam tanpa terbangun dan membuang air kecil.

4. Air Urin Tidak Keluar

5 Tanda Infeksi Saluran Kemih, Sudah Tahukah Kamu ? 6

Saat ingin buang air kecil dan ternyata air urin tidak bisa keluar merupakan nama lain dari retensi urine. Retensi urine bisa terjadi karena penderita sudah mengalami kondisi dimana peradangan saluran kemih yang cukup parah. Saluran kemih yang telah meradang untuk waktu yang lama bisa memicu terjadinya jaringan parut pada saluran kemih serta menghambat keluarnya air urine.

5. Kencing Bernanah

5 Tanda Infeksi Saluran Kemih, Sudah Tahukah Kamu ? 7

Pyuria merupakan kondisi dimana urin mengandung leukosit atau atau sel darah putih yang telah mati. Kondisi seperti itu bisa diketahui dengan cara memencet atau memijat alat vitalmu saat mengeluarkan air urin. Kencing bernanah lebih sering terjadi karena penyakit menular seksual (PMS) seperti gonorrhea, sifilis, chlamydia, dan trikomoniasis.

Itulah ke – 5 tanda infeksi saluran kemih yang perlu kamu ketahui. Gejala – gejala atau tanda tersebut tidak boleh kamu sepelekan dan jika mengalami kelima tanda diatas, sebaiknya segera konsultasi ke dokter agar terhindar dari hal – hal yang tidak diinginkan. Selain itu, saat mengalami kondisi tersebut sebaiknya jangan melakukan hubungan seksual terlebih dahulu. Semoga bermanfaat ya !


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rendy Ng

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap