5 Tanggung Jawab Yang Wajib Kamu Ketahui Untuk Anak Pertama

5 Tanggung Jawab Yang Wajib Kamu Ketahui Untuk Anak Pertama 1

Dalam sebuah keluarga tentunya peranan sebagai orang tua sangat penting di sini terutama untuk mengajarkan dan membimbing anak – anaknya agar kelak ke depannya menjadi orang yang baik dan berguna untuk orang lain. Tapi tahukah kamu jika anak juga mempunyai peranan penting di dalam keluarga ? Yang paling menonjol dan mempunyai peranan penting pada anak adalah anak pertama. Apa saja peranan dan tanggung jawab anak pertama di dalam keluarga ? Yuk, simak berikut ini

5 Tanggung Jawab Yang Wajib Kamu Ketahui Untuk Anak Pertama 3

1. Memberikan Contoh Yang Baik

Sebagai anak pertama tentunya akan menjadi objek utama bagi adik – adiknya terutama dalam hal bertindak. Selain orang tua, tentunya sosok anak pertama atau kakak ini akan menjadi sorotan utama dan di teladani karena memiliki kedekatan sebagai kakak dan adik – adiknya. Peran penting sebagai kakak untuk adik – adiknya adalah memberikan contoh yang baik dalam tindakan, pikiran maupun perkataan. Karena itu akan mempengaruhi ke depannya bagaimana nantinya mental dari seorang adik – adiknya akan bertumbuh. Jadi bagi kamu yang anak pertama sudah seharusnya memberikan contoh – contoh yang baik untuk adik – adikmu.

2. Mempersiapkan Masa Depan Secara Matang dan Baik

Mempunyai masa depan yang baik dan cerah tentunya impian bagi setiap orang. Sebagai anak pertama juga mempunyai peranan penting untuk menyiapkan masa depan yang baik untuk keluaga dan adik – adiknya. Namun hal ini kembali lagi pada dirimu sendiri, dengan kesadaran akan pentingnya masa depan dengan pendidikan yang tepat apakah kamu sebagai anak pertama sudah siap untuk melangkah dan menyusun masa depanmu agar cita – cita dan impianmu bisa tercapai dan tentunya akan menjadi contoh dan jejak bagi adik – adikmu untuk mengikuti langkah kesuksesan yang telah kamu capai.

3. Harus Siap Menjadi Pemimpin Dalam Keluarga

Kamu sebagai anak pertama tentunya tahu setiap perjuangan yang dilalui orang tuamu untuk membimbing dan mengajarkan kamu dan adik – adikmu ke arah yang lebih baik mulai dari dasar hingga mencapai titik tertentu. Hal ini juga kamu harus siapkan dari awal agar kelak kamu akan menjadi seorang pemimpin dalam keluargamu dan memberikan contoh yang baik untuk saudara – saudaramu. Jadi, kamu harus tahu dan bisa memberikan nasehat dan keputusan yang bijak dan tepat di dalam keluarga suatu saat nanti.

4. Berlaku Adil Dan Menengah

Sebagai kepala rumah tangga seorang ayah akan memecahkan semua masalah yang ada di dalam keluarga. Begitu pun dengan kamu sebagai anak pertama juga harus memberikan perhatian penuh kepada adik – adikmu ketika ada masalah maka kamu yang harus mengalah dan mengontrol emosi pada dirimu. Tapi di balik semua itu kamu harus memberikan penjelasan dan pemahaman yang baik dalam menyikapi masalah yang terjadi antara kamu dan adik – adikmu agar menjadi pelajaran dan pengalaman bagi adik – adikmu dalam menetukan sikap dan tindakan yang baik suatu saat nanti.

5. Prioritaskan Keluarga Sebagai Yang Utama

Dalam segala tindakan dan aktifitas yang kamu lakukan, rasa cinta dan sayang terhadap keluarga adalah hal yang kamu prioritaskan dan harus kamu tanamkan dalam diri kamu. Sebagai anak pertama tentunya orang tua dan keluargamu sudah akan mempercayai kamu dan menjadi harapan bagi keluarga suatu hari nanti. Karena itu sudah wajib kamu menjadikan keluargamu sebagai hal utama dalam hidupmu nanti.

Inilah peranan dan tanggung jawab dalam keluarga sebagai anak pertama yang harus kamu ketahui. Semoga ini akan menjadi pedoman dan motivasi bagi kamu anak pertama !

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.