5 Tempat Alternatif WFH Selain di Rumah Sendiri


5 Tempat Alternatif WFH Selain di Rumah Sendiri 1

Sudah bosan WFH di rumah? Sudah mulai frustasi setiap kali zoom meeting tiba-tiba ada mamang sayur yang lewat? Atau ketika sedang teleconference kamu dikagetkan dengan suara knalpot motor yang merdu? 

WFH telah menjadi gaya hidup baru. Gaya hidup ini terpacu karena faktor pandemi yang telah menghinggapi Indonesia selama satu tahun lebih. Bekerja di rumah memang menyenangkan. Namun sesuatu yang berlebihan pasti akan membuat kamu jenuh. 

Apakah ada alternatif tempat bekerja selain di rumah? 

Jawabannya tentu saja ada! Karena di era normal yang baru ini, tempat bekerja juga bisa dilakukan di mana saja! 

Berikut adalah ulasan khusus buat kamu yang sudah jenuh WFH di rumah.

1. Work From Hotel

Di era normal baru ini banyak lini bisnis yang langsung beradaptasi. Sama seperti kamu yang juga berpacu untuk beradaptasi, industri perhotelan juga melakukan hal yang sama. 

Mereka melakukan adaptasi salah satunya dengan menyediakan paket-paket menarik bagi kamu yang ingin bekerja. Bahkan ada yang menyewakan sampai dengan hitungan bulanan. 

Jika kamu memiliki budget yang cukup leluasa tidak ada salahnya mencoba bekerja dari hotel. Kamu bisa survey menggunakan aplikasi penyewaan hotel. Mulai dari harga, paket-paket yang ditawarkan, sampai dengan fasilitas apa saja yang bisa kamu dapatkan.

Kapan lagi bisa bekerja sambil menikmati suasana hotel dengan pelayanan yang ramah? Dijamin kamu tidak akan merasa bosan!

2. Bekerja di Cafe

Saat ini banyak cafe dan coffee shop yang menjadikan tempatnya cukup nyaman untuk bekerja. Biasanya cafe atau coffee shop ini menyiapkan power outlet (colokan) yang banyak. Ditambah dengan jaringan wifi yang mencukupi. 

Jika kamu ingin mencoba bekerja di cafe atau coffee shop pastikan kamu sudah memperhitungkan berapa banyak kamu akan jajan. Kamu bisa survey dahulu berapa harga minuman dan makanan di sana. 

Dengan melakukan survey ini kamu juga akan dapat memperkirakan berapa banyak budget yang kamu perlukan. Jangan sampai kantong kamu jebol gara-gara terlalu banyak jajan di cafe. 

Agar lebih hemat coba selidiki paket-paket yang ditawarkan. Apakah ada happy hour, atau penawaran menarik lainnya. 

Kamu juga bisa mencari cafe yang dekat dengan area kampus atau perkantoran. Biasanya cafe yang berada dekat kawasan ini memiliki harga menu yang lebih ekonomis. 

3. WFH di Coworking Space

Penyewaan coworking space atau ruang kerja bersama semakin diminati. Karena suasananya yang memang ngantor banget, kamu juga bisa bertemu dengan banyak sekali orang kreatif di sini. 

Karena coworking space adalah alternatif terbaik bagi startup atau freelancer untuk menuangkan ide-ide mereka. 

Berbeda dari cafe yang kadang terlalu berisik, coworking space menawarkan suasana yang jauh lebih hening. Cocok sekali untuk bekerja. 

Namun jika kamu adalah orang yang tidak terlalu suka suasana yang terlalu sepi, mungkin coworking tidak terlalu cocok buat kamu. 

Untuk biayanya sendiri biasanya coworking space memiliki harga harian, mingguan sampai bulanan. Semakin besar paket penyewaan yang kamu ambil seringkali harganya akan semakin hemat! Jadi, apakah kamu berniat bekerja di coworking space? 

Oya, coworking space juga biasanya sudah dilengkapi dengan jaringan wifi yang jaauuuhh lebih cepat dibanding cafe atau coffee shop. 

4. Bekerja WFH di Rumah Teman

Bosan bekerja di rumah sendiri? Coba saja bekerja di rumah teman! Karena kamu akan mendapatkan suasana yang berbeda dengan biaya yang minim. 

Contohnya saja kamu seorang pekerja remote. Lalu kamu mencari kawan sekantor yang satu kota dengan kamu. Jika kamu berdua setuju, kalian bisa saling mengunjungi. 

Jika kamu yang ingin mengunjungi rumah teman kamu usahakan untuk membawa snack dan keperluan lainnya. Buat tuan rumah merasa senang. Karena toh hasilnya juga akan kamu rasakan sendiri nantinya. Anggap saja kamu mengeluarkan sedikit modal untuk mendapatkan hasil maksimal. 

Atau kamu juga bisa untuk berpartisipasi membayar biaya wifi yang diperlukan. Tentu teman kamu akan merasa senang. Karena kamu bukan sekedar numpang, kamu juga ikut meringankan pengeluaran tuan rumah. 

Kamu bisa melakukan ini berdua atau dalam kelompok kecil kamu. Namun pastikan sebelum kamu berkunjung untuk memeriksa kesehatan kamu ya! Protokol kesehatan harus tetap dijaga. 

5. WFH di Perpustakaan

Perpustakaan adalah salah satu lokasi paling nyaman untuk bekerja. Terutama jika kamu bergerak di bidang kreatif dan penulisan. Karena jika kamu ingin mencari sumber tulisan, maka kamu tinggal memilih dengan mudah dari ribuan buku yang tersedia. 

Memang fasilitas perpustakaan di Indonesia sendiri masih banyak yang seperti kurang diperhatikan. Padahal potensi perpustakaan sangat besar bagi kemajuan bangsa. 

Alternatif terbaik adalah kamu bisa mencoba bekerja di perpustakaan nasional. Perpustakaan ini adalah gedung perpustakaan paling tinggi di dunia. Wow! Kapan lagi kamu bisa merasakan sensasi bekerja di sebuah lembaga perpustakaan tertinggi? 

Jika kamu penggila buku dan ingin dekat dengan buku, tidak ada salahnya bagi kamu untuk mencicipi gedung perpustakaan tertinggi di dunia ini untuk bekerja. 

WFH sudah menjadi bagian hidup sebagian besar pekerja di Indonesia. Mungkin salah satunya adalah kamu sendiri. Akan tetapi bekerja terus menerus di rumah dapat membosankan. 

Jika kamu memang bosan bekerja di rumah terus menerus, mari mencoba beberapa alternatif tempat bekerja yang dibahas pada artikel ini. Kamu juga sangat boleh memiliki ide tempat bekerja alternatif sendiri. 

Pastikan dimanapun tempat bekerja yang kamu pilih, produktivitas kamu terus meningkat. 

Selamat bekerja!


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Ario Seno

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap