5 Tempat di Dunia yang Terkenal karena Banyak Kerangka Manusia Ada Disana


5 Tempat di Dunia yang Terkenal karena Banyak Kerangka Manusia Ada Disana 1

Tak terbayangkan berada di dalam sebuah area yang penuh dengan tulang belulang manusia didalamnya. Pasti penuh dengan rasa ngeri dan penasaran di dalam dada. Entah apa pikiran yang ada di kepala, saat menerka bagaimana tulang belulang itu bisa sampai ada disana. Namun pada kenyataannya, di dunia ini ada beberapa tempat yang menjadi lokasi serakan tulang-belulang tersebut.

1. Catacomb Paris

Yang pertama bernama Catacomb. Berada di kota Paris, Perancis. Tak pernah ada diskusi yang usai bila membicarakan satu situs paling misterius dibawah tanah kota mode terkenal di dunia ini. Sebab ternyata jutaan tengkorak manusia tersusun rapih di sebuah lorong bawah tanah disana. Sementara alasan keberadaan tulang dan tengkorak itu, masih dipertanyakan asal usulnya.

5 Tempat di Dunia yang Terkenal karena Banyak Kerangka Manusia Ada Disana 3

Beberapa mengatakan kalau tulang dan tengkorak tersebut berasal dari kompleks pekuburan tua yang dibongkar paksa tahun 1700-an. Karena kompleks pekuburan tersebut dianggap sudah melebihi kapasitas, maka berbagai tulang yang ada didalam tanahnya, kemudian diangkat dan dipindahkan ke Catacomb ini. Disinyalir proses pemindahan tersebut usai pada tahun 1859.

Ada juga yang mengatakan kalau tulang belulang tersebut merupakan korban kejadian revolusi Prancis, ketika kekuatan rakyat berhasil menggulingkan Raja Louis XIV yang tiran, dan menghapuskan era monarki di Prancis hingga saat ini. Peristiwa tersebut diperkirakan terjadi sekitar tahun 1794

2. Gereja Tengkorak Roma

Lokasi berikutnya merupakan Gereja Tengkorak Roma. Menurut riwayat, tengkorak dan tulang yang menjadi hiasan gereja tersebut merupakan kumpulan kerangka milik pendeta yang pernah ada disana. Tercatat sekitar 3.700 kerangka pendeta menjadi ornamen penghias gereja tersebut.

5 Tempat di Dunia yang Terkenal karena Banyak Kerangka Manusia Ada Disana 4

Informasi yang ada menyebutkan kalau gereja ini sudah mulai dibuat pada sekitar tahun 1600-an. Awalnya hanya satu kerangka yang dijadikan hiasan, yang merupakan tulang belulang milik saudara pembuat gereja tersebut, yang meninggal tahun 1528. Kemudian ritual tersebut menjadi kebiasaan, hingga akhirnya kemudian dihentikan pada tahun 1800-an.

3. Gereja St. Bartholomew Polandia

Tak hanya di Roma, ternyata gereja yang berhiaskan kerangka manusia juga ada di Polandia. Gereja itu dinamakan St. Bartholomew, yang ebrada di kota Czermna. Sampai sekarang orang lebih mengenal tempat itu dengan nama Kapel Tengkorak.

5 Tempat di Dunia yang Terkenal karena Banyak Kerangka Manusia Ada Disana 5

Bangunan ini diperkirakan berdiri pada abad 18 masehi, bila dilihat dari model aksitekturnya. Di dalam bangunan, setidaknya ada 24.000 kerangka manusia yang menjadi penghiasnya. Kebanyakan merupakan kerangka orang-orang yang meninggal pada saat perang. Terutama saat perang tahun 1600-an, yang dikenal dengan sebutan Silesian.

4. Gunung Everest Nepal

Salah satu tempat dengan banyaknya jenazah yang lain adalah Gunung Everest. Gunung yang dikenal sebagai yang tertinggi di dunia ini, ternyata menyimpan banyak jenazah didalamnya. Kebanyakan merupakan jenazah pendaki gunung, yang tidak bisa dibawa turun.

5 Tempat di Dunia yang Terkenal karena Banyak Kerangka Manusia Ada Disana 6

Kondisi medan yang sulit, suhu yang sangat dingin, menjadi beberapa alasan para pendaki yang tewas tersebut tak bisa dibawa turun. Sehingga akhirnya mayat mereka dibiarkan terbujur kaku disana. Sampai kini diperkirakan ada 200 mayat bergelimpangan di jalur pendakian pada ketinggian menjelang 8.448 meter diatas laut.

5. Danau Tulang India

Di utara India ternyata ada danau yang juga dipenuhi dengan tulang belulang manusia. Lokasi ini ditemukan oleh para penjaga hutan, yang kebetulan sedang melakukan patroli di daerah tersebut sekitar tahun 1942.

5 Tempat di Dunia yang Terkenal karena Banyak Kerangka Manusia Ada Disana 7

Lokasi danau berada diketinggian 5.028 meter diatas permukaan laut, berada tak jauh dari pegunungan Himalaya, yang berbatasan dengan Nepal. Keberadaan tulang belulang tersebut kini masih dianggap misterius. Awalnya orang-orang berpikir kalau kerangka-kerangka itu milik orang-orang era modern. Namun kemudian ketika dilakukan penelitian mendalam pada tahun 2004, diketahui tulang belulang itu diperkirakan milik manusia purba yang hidup sekitar tahun 850 sebelum masehi.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

sulung

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap