5 Tempat Wisata yang Cocok Buat Kamu di Masa Pandemi

5 Tempat Wisata yang Cocok Buat Kamu di Masa Pandemi 1

Tempat wisata adalah salah satu tempat yang paling ingin kita kunjungi, sekedar untuk melepas penat atau untuk liburan bersama dengan orang terkasih. Sayangya, sejak 2020 kemarin dunia terutama Indonesia harus dirundung duka karena adanya virus Covid-19.

Beberapa tempat umum pun harus ditutup demi terputusnya mata rantai virus yang mulai memasuki gelombang kedua itu. Nah, buat kalian gak perlu bersedih karena mimin bakalan kasih beberapa tempat wisata yang aman buat kalian yang waspada terhadap virus covid-19.

1. Pantai Pulau Awera

5 Tempat Wisata yang Cocok Buat Kamu di Masa Pandemi 3

Pantai Awera atau yang biasa dikenal juga dengan Awera Island Beach ini terletak di salah satu pulau kecil yang letaknya hampir tidak terjamah oleh khalayak ramai. Yup, letaknya berada di Tuapejat, Sipora Utara, Kabupaten Mentawai, Sumatra Barat.

Pantai yang satu ini terlihat sangat eksotis dengan wilayahnya yang masih dikelilingi tanaman khas pantai yang rimbun. Airnya yang jernih menambah keindahan Pantai Awera dengan terlihatnya beberapa terumbu karang yang masih terjaga. Warna airnya yang biru kehijauan membuat sejauh mata kita memandang terasa nyaman dan damai.

Pantai ini bisa ditempuh melalui perahu lokal dari Kota Tua Pejat di Pulau Sipora selama 10 menit. Untuk kalian yang datang dari Padang nih, kalian harus berangkat dari Pelabuhan Muara atau Bungus ke Sipora.

2. Pantai Sambunyi

Sumber : Instagram @willi_ivakdalam.f4vrSumber 
Sumber : Instagram @willi_ivakdalam.f4vrSumber 

Maluku selalu memiliki pesona yang tak terduga di setiap tempat wisatanya. Salah satunya adalah Pantai Sambunyi. Salah satu pantai di Maluku Tenggara ini terletak di Tanjung Boina, di balik Tebing Karang Pulau Asutubun, Saumlaki, Maluku Tenggara.

Pantai ini sampai sekarang tidak diketahui nama / sebutan aslinya. Oleh karena itu, oleh warga setempat di namakan Pantai Sambunyi agar mereka bisa mempromosikan dengan mudah.

Pantai ini cocok dijadikan sebagai tempat wisata di masa pandemi karena tempatnya yang masih tidak terlalu ramai pengunjung dan suasananya yang masih begitu asri dan segar.

Untuk kalian yang mau mengunjungi pantai satu ini bisa melakukan perjalanan melewati Pantai Kelyar terlebih dahulu menggunakan long boat. Di sepanjang Panti Kelyar kalian akan disuguhi dengan pemandangan hijau dari hutan bakau di sisi kiri dan kanan Pantai dengan air lautan yang biru menyegarkan. Perjalanan tersebut akan ditempuh selama 30 menit.

Karena letak Pantai Sambunyi yang berada di balik tebing karang dengan puncaknya yang terdapat Monumen RI sekaligus puncak tertinggi di Saimlaki. Maka kita harus mendaki selama ±15 menit. Dan sampailah kita di Pantai Sambunyi dengan pemandangannya yang memanjangkan mata. Sebanding dengan penatnya perjalanan, Bukan?

3. Pulau Mios Indi

Sumber  : Twitter @Kotaserui
Sumber  : Twitter @Kotaserui

Bagi kalian yang sekarang sedang stay di Papua nih, nggak perlu khawatir untuk bisa menemukan tempat wisata yang aman dan masih jarang di kunjungi oleh wisatawan baik luar negeri ataupun domestik.

Pulau Mios Indi ini adalah salah satu solusi buat kalian yang suka banget sama suasana pantai yang asri, dilengkapi pula dengan hamparan pasir putih yang memanjakan mata.

Pulau Mios Indi ini terletak di salah satu pulau kecil, tepatnya di Pulau Miosindi, Kepulauan Yapen, Serui.

Buat kalian yang maua berkunjung, bisa dengan melakukan perjalanan laut yang akan ditempuh ± 4 jam dari Ibukota Kepulauan Yapen. Meskipun perjalanannya terasa panjang, tentu rasa penat akan terbayarkan karena keindahan pantainya, ‘Bukan?

4. Pulau Sempu

Peta Pulau Sempu
Peta Pulau Sempu

Buat kalian warga Jawa Timur khususnya Malang, gak perlu khawatir untuk menentukan tempat wisata yang pas selama pandemi ini. Kalian bisa banget mengunjungi pulau yang satu ini.

Pulau Sempu adalah pulau kecil di sebelah selatan Pulau Jawa yang secara administratif berada di Desa Tambarejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Pulau yang banyak ditumbuhi oleh pepohonan tropis ini merupakan cagar alam yang dikelola oleh Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur di bawah KLHK RI. Jadi, buat kalian yang mau berkunjung di Pulau Sempu ini wajib melayangkan surat izin masuk kepada BBKSDA.

Pantai Sendang Biru
Pantai Sendang Biru

Di Pulau Sempu ini juga terdapat Pantai Sendang Biru yang berhadapan langsung dengan Pulau Sempu yang dipisahkan oleh Selat Sempu.

Untuk berkunjung ke Pulau Sempu diperlukan  waktu perjalanan sekitar 3 jam dihitung dari pusat kota Malang.

5. Air Terjun Sianak

Sumber : kaltara.prokal.co
Sumber : kaltara.prokal.co

Air terjun yang terletak di Desa Bambangan, Sebatik, Nunukan, Kalimantan Utara ini menyuguhkan segudang panorama yang memikat hati, tak hanya bagi warga sekitar tapi juga hingga ke negara tetangga, Malaysia.

Air terjun yang memiliki tiga tingkat tebing ini berlokasi ditengah hutan yang akan memberikan sensasi fresh dan tenang.

Untuk kalian yang mau berkunjung ke Air Terjun Sianak ini, kalian harus menempuhnya dengan berjalan kaki menyusuri banyak bebatuan kecil maupun besar.

Nah itu dia 5 tempat wisata yang bisa banget kalian kunjungi di masa pandemi seperti ini. Tentunya, tidak lupa juga terapkan protokol kesehatan dan jaga kebersihannya ya.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.